fbpx
Home Guides 14 Taman Tematik yang Akan Membuat Kalian Berpikir Jika Bandung Itu Sangat...

14 Taman Tematik yang Akan Membuat Kalian Berpikir Jika Bandung Itu Sangat Keren

Bandung juga dikenal sebagai kota kembang. Ada yang berpendapat julukan tersebut mengacu pada nama alias kota Bandung, yaitu Paris Van Java, yang konon disematkan pada kota Bandung karena memiliki keindahan layaknya kota Paris di Prancis.

Namun, ada juga yang mengatakan julukan kota kembang tersebut merujuk pada geulis-nya (=cantik) para mojang Bandung, yang kepopulerannya kerap digambarkan dalam berbagai literatur mengenai sejarah kota Bandung.

Apapun itu, jika kalian berkunjung ke Bandung akhir-akhir ini, kalian pasti akan mengerti mengapa Bandung sangat layak disebut sebagai Kota Kembang. Itu karena sejak terpilihnya Bapak Ridwan Kamil, seorang arsitek kebanggaan Indonesia yang telah memiliki reputasi internasional, menjabat sebagai Walikota Bandung periode 2013-2018, beliau serius membenahi berbagai taman di Bandung yang semula hanya menjadi pelengkap elemen kota saja.

Tak hanya sekedar memperbaiki pagar dan melakukan upacara seremonial, pak Ridwan Kamil mengubah berbagai taman pasif alias hanya dijadikan lahan penghijauan saja, menjadi berbagai taman aktif yang bisa dimanfaatkan oleh semua orang! Kerennya, aneka taman tersebut dibuat dengan tema-tema tertentu, yang akhirnya membuat warga Bandung betah lama-lama nongkrong di taman, dan menarik minat warga diluar Bandung yang penasaran dengan ragam taman tematik di Bandung.

Bagi kalian yang bosan dengan wisata Bandung yang itu-itu, kalian harus mempertimbangkan untuk main ke berbagai taman tematik nan keren di kota Bandung. Jalan2 sudah merangkum beberapa taman tematik yang saat ini sudah selesai dibangun, dan percayalah, masih banyak taman tematik lainnya yang sedang dalam tahap perencanaan!

 

1. Mari Mulai dari Taman Khusus bagi Kalian yang Masih Single, yaitu Taman Jomblo.

Foto: bandung.jacktour.com
Foto: bandung.jacktour.com

Dari berbagai taman baru di Bandung, mungkin taman inilah salah satu yang paling fenomenal. Bukan karena desainnya yang wah, tapi karena namanya yang menyebut kata “jomblo”; sebuah kata yang terasa sensitif bagi beberapa orang.

Namun penamaan tersebut bukan sekedar olok-olok lho. Taman yang aslinya bernama Taman Pasupati/Taman Cikapayang ini (karena lokasinya memang berada di bawah jalan layang Pasteur-Surapati -biasa disingkat Pasupati- tepatnya di jalan Cikapayang) ini dipenuhi dengan bangku-bangku berbentuk kubus yang dicat berwarna-warni.

Uniknya, bangku-bangku tersebut dibuat dengan ukuran yang cukup untuk diduduki oleh satu orang saja, cocok bagi yang masih single alias belum punya pasangan alias, jomblo.

Tambahan lainnya, taman ini terbilang unik karena mendobrak image jika taman harus melulu berisi pohon dan bunga. Taman Jomblo ini hanya berisi bangku saja, namun tetap fungsional karena bisa dijadikan sebagai tempat aktifitas warga.

Berita baiknya, taman ini sering dikunjungi oleh para muda-mudi yang tertarik untuk nongkrong maupun sekedar foto-foto. Siapa tahu setelah berkunjung ke taman ini kalian yang masih single malah menemukan jomblo lainnya yang juga tengah mencari pasangan, betul nggak?

 

2. Tak Seperti Namanya, Taman Lansia ini Tak Hanya Keren Bagi para Senior, Tapi Untuk Siapa Saja

Foto: wisatabdg.com
Foto: wisatabdg.com

Taman ini sebetulnya sudah lama sekali ada di Bandung, hanya saja dulunya lebih dikenal dengan nama Taman Cilaki maupun Taman Cisangkuy (karena lokasi taman ini memang diapit oleh kedua jalan tersebut).

Namun karena taman ini populer sebagai tempat olahraga para lansia, akhirnya taman ini populer juga dengan nama Taman Lansia, yang akhirnya menjadi nama resmi taman ini. Taman Lansia ini pun kemudian dibangun ulang dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas tambahan yang menarik, seperti jalan dengan batu-batu yang menonjol yang bisa dimanfaatkan untuk refleksi.

Walau disebut Taman Lansia, bukan berarti anak muda nggak boleh gaul di tempat ini lho. Apalagi karena di sekitar Taman Lansia ini terdapat banyak sekali tempat makan yang siap untuk menggoyang lidah namun nggak sampai mengguncang dompet terlalu dalam, seperti Yoghurt Cisangkuy dan Pasar Cisangkuy. Jadi, jika kalian berencana untuk mengagumi keindahan Gedung Sate, coba deh sekaligus melangkahkan kaki ke taman yang jaraknya hanya selemparan batu dari Gedung Sate.

 

3. Suka Dengan Fotografi dan Segala Pernak-perniknya? Taman Fotografi Ini Jadi Taman yang Tepat untuk Kalian Semua!

Foto: airfotonetwork.wordpress.com
Foto: airfotonetwork.wordpress.com

Satu lagi taman lama yang dipermak dengan nuansa baru. Awalnya taman ini bernama Taman Cempaka. Namun kemudian dirombak dan diubah menjadi sebuah taman tematik bertema fotografi, dan lalu diberi nama Taman Fotografi. Taman ini memang ditujukan bagi mereka yang menyukai fotografi, karena di taman ini terdapat beberapa spot yang menarik untuk berfoto, baik untuk memotret model maupun sekedar narsis menggunakan tongsis.

Taman yang punya ciri khas huruf “C” berukuran besar ini juga dilengkapi dengan berbagai kelengkapan yang menunjang fotografi, seperti display aneka foto, cermin, dan lain-lain. Dan, karena taman ini populer dikalangan berbagai komunitas fotografi, siapa tahu terbuka peluang bagi kalian untuk berkenalan dengan para master fotografi.

Namun, jika kalian nggak terlalu doyan dengan fotografi, taman ini tetap menarik untuk dikunjungi kok. Selain terdapat berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak (salah satu yang paling ikonik adalah panjatan berbentuk kamera), juga karena di taman yang cukup asri ini terdapat area yang luas untuk jalan-jalan maupun olah raga, serta WiFi Bandung Juara.

 

4. Bagi yang Ingin Menikmati Suasana Taman Sambil Ngeceng, Taman Musik Centrum inilah Tempatnya

Foto: mananingal.blogspot.com
Foto: mananingal.blogspot.com

Taman yang berlokasi di Jalan Belitung ini termasuk salah satu taman yang paling sering dikunjungi oleh muda-mudi. Itu wajar saja, karena lokasi Taman Musik Centrum ini dekat dengan SMAN 5 Bandung dan SMAN 3 Bandung.

Sesuai namanya, Taman Musik Centrum ini dilengkapi dengan berbagai patung dan pernak-pernik yang berkaitan dengan musik. Bagian yang paling menarik, taman ini membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mengadakan pertunjukan musik disini. Hanya saja, agar tidak terjadi bentrok jadwal, kalian harus mengurus ijin dulu ke pihak Diskamtam (atau pihak kepolisian jika acara yang diadakan berskala besar).

 

5. Suka Sepakbola? Kunjungi Taman Persib yang Ada di Jalan Supratman, Bandung

Foto: buahatiku.com
Foto: buahatiku.com

Persib dan Bandung adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jadi jangan heran jika di Bandung ada sebuah taman yang mengambil nama tim yang berjuluk ‘Maung Bandung’ tersebut. Taman yang dulunya hanya berupa lapangan sepakbola saja ini direncanakan akan menjadi taman sekaligus museum terbuka yang akan menampilkan berbagai figur pemain Persib dari masa-ke-masa.

 

6. Mencari Romantisme Sambil Nonton Film? Jelas Bisa, Karena di Bandung Kini Ada Taman Film

Foto: ngasih.com
Foto: ngasih.com

Sama seperti Taman Jomblo yang terletak di bawah Jembatan Pasupati, Taman Film ini juga terletak di bawah jembatan yang sama. Sesuai dengan namanya, Taman Film ini diperuntukkan bagi para pecinta film, baik komunitas sineas kota Bandung, pengamat film, maupun bagi mereka yang menjadi penggemar film dan ingin berkenalan dengan berbagai komunitas pecinta film di Bandung atau ingin menikmati berbagai film yang kerap diputar di taman ini.

Ya, sesuai dengan namanya, Taman Film ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk menonton film. Malah fasilitasnya tergolong keren dan yahud! Taman ini dilengkapi dengan teknologi videotron raksasa berukuran 4×8 meter, dan didukung dengan sound system berkualitas baik dengan daya listrik 33000 watt.

Bagian yang paling kerennya, taman berkapasitas 500 penonton ini menawarkan 2 opsi tempat duduk bagi mereka yang ingin menikmati aneka film yang diputar di taman ini, yaitu apakah duduk di tempat duduk yang dibuat dengan desain bertumpuk seperti terasering sawah, maupun duduk selonjoran di rumput sintetis yang ada di depan layar. Desain taman yang cukup unik dan keren ini pun menjadi daya tarik bagi mereka yang sekedar ingin berfoto-foto

 

7. Taman Identik Dengan Bunga, dan Taman Pustaka Bunga Ini Salah Satu yang Paling Keren di Bandung

Foto: infobdg.com
Foto: infobdg.com

Mau tahu kenapa Bandung layak disebut sebagai Kota Kembang? Mungkin salah satu jawabannya bisa dilihat di Taman Pustaka Bunga alias Taman Kandaga Puspa, yang lokasinya tak begitu jauh dari Gedung Sate ini.

Sesuai namanya, Taman Pustaka Bunga ini memang dipenuhi dengan banyak bunga. Konon sih di taman ini terdapat lebih dari 100 ribu bunga yang terdiri dari beragam jenis, mulai dari Amaryllis, Kalanchoe, Rhododenron, Poinsettia, dan berbagai anggrek langka yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Selain terdiri dari berbagai macam bunga, taman ini juga dilengkapi dengan aneka papan nama yang memperkenalkan ragam jenis bunga tersebut. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kursi taman, WiFi gratis, dan juga tersedia jalur untuk pejalan kaki yang ingin menikmati sejuknya udara di taman ini. Jika kalian berminat datang ke taman ini, ketahui rules utama yang berlaku di taman tersebut, antara lain dilarang berjalan di atas rumput, dilarang makan dan minum, serta nggak boleh bawa binatang peliharaan.

 

8. Merasa Jago Main Skateboard, Atau Sekedar Ingin Belajar dari Ahlinya? Mainlah ke Taman Skateboard

Foto: infobdg.com
Foto: infobdg.com

Jembatan Pasupati memang memiliki jalur yang cukup panjang karena membentang dari Pasteur hingga jalan Surapati. Jadi nggak heran jika di kolong jembatannya dapat diolah menjadi beberapa tempat hangout dengan tema yang berbeda. Setelah ada Taman Jomblo dan Taman Film, di kolong Pasupati ini juga terdapat Taman Skateboard yang letaknya tak begitu jauh dari Taman Jomblo.

Nggak sulit untuk menebak jika Taman Skateboard ini dirancang untuk para pecinta skateboard, dan memang demikian adanya. Di taman ini terdapat lapangan yang cukup luas dan secara bertahap akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas keren untuk para pecinta skateboard. Tertarik untuk menyalurkan hobi skateboard kalian, maupun sekedar nongkrong dan menikmati suasana di taman ini? Datang langsung saja ke Taman Skateboard!

 

9. Mungkin Inilah Taman Paling Aman di Bandung, karena Banyak Superhero Nongkrong di Taman Superhero

Foto: businesslounge.com
Foto: businesslounge.com

Dulu ada lelucon klasik bagi warga Bandung (yang mungkin juga diketahui oleh warga non-Bandung). Katanya, jika kalian ingin melihat Batman, Spiderman, Superman, dan superhero lainnya berada dalam satu frame, datang saja ke Jalan Cihampelas yang populer sebagai sentra celana jins. Itu karena di jalan tersebut terdapat banyak patung superhero yang menghiasi berbagai toko di Cihampelas.

Namun sekarang, para superhero tersebut juga menghiasi Taman Superhero yang berlokasi di antara Jalan Bengawan dan Jalan Anggrek. Taman seluas 600 meter persegi ini memang layak disebut sebagai Taman Superhero, karena di taman tersebut aneka superhero luar seperti Spiderman dan Batman terlihat ‘akrab’ bercengkrama dengan superhero lokal seperti Gatot Kaca dan Gundala Putra Petir.

 

10. Taman Balaikota Memang Nggak Pernah Mati Gaya, Apalagi Karena Sekarang Disana Ada Gembok Cinta

Foto: anggakdinata.wordpress.com
Foto: anggakdinata.wordpress.com

Sudah sejak lama Taman Balai Kota ini menjadi tempat favorit untuk hangout, terutama bagi mereka yang hobi bersepeda maupun main sepatu roda. Dan, taman ini pun kini semakin keren karena adanya berbagai fasilitas tambahan yang semakin memanjakan pengunjung.

Mari mulai dengan fasilitas WiFi gratis yang akan disukai oleh para generasi muda yang nggak bisa hidup tanpa koneksi internet. Dan kini ada patung LOVE yang ikonik dan populer sebagai spot foto narsis, serta gembok cinta. Nama terakhir ini mengacu pada fasilitas yang khusus disediakan bagi mereka yang berharap dapat ‘mengunci’ cintanya dengan mengunci sebuah gembok di tempat khusus yang letaknya tepat dibawah patung LOVE.

Satu lagi ‘fasilitas’ yang akan menunjang aktifitas hangout kalian di Taman Balaikota, adalah karena pada waktu-waktu tertentu, di taman ini terdapat beberapa pedagang makanan yang menjajakan beragam cemilan, mulai dari ketan bakar hingga sosis bakar. Jadi, dengan berkunjung ke taman ini, kebutuhan akan internet gratis hingga urusan perut bisa terpenuhi.

 

11. Beberapa Bangunan Kuno di Kota Bandung Bisa Kalian Nikmati di Sekitar Taman Vanda

Foto: jdih.net
Foto: jdih.net

Habis jalan-jalan dari Balaikota, coba deh jangan dulu langsung naik mobil dan melenggang begitu saja, karena nggak jauh dari Taman Balaikota ada sebuah taman keren bernama Taman Vanda. Taman ini lokasinya berada di jalan Merdeka, dan nggak begitu jauh dari beberapa bangunan kuno di Bandung seperti Gereja Kathedral Santo Petrus dan gedung Kepolisian Wilayah Kota Besar (Polwiltabes).

Dengan sedikit berjalan kaki, kalian juga bisa melihat gedung Bank Indonesia yang lama, dan Gereja Bethel Indonesia yang juga sudah berusia cukup tua. Atau jika kalian malas berjalan kaki namun ingin berpose di depan bangunan keren, gedung baru Bank Indonesia yang lokasinya tepat di sebelah taman ini juga punya desain yang super oke untuk dijadikan obyek kamera kalian.

 

12. Nggak Hanya Manusia yang Doyan Hangout, Tapi Hewan Juga. Karena Itulah di Bandung Ada Pet Park.

Foto: blog.hi-indonesia.com
Foto: blog.hi-indonesia.com

Jika kalian memiliki hewan peliharaan, maupun sekedar mengaku sebagai pecinta hewan, mungkin kalian akan tertarik untuk hangout di tamannya para hewan di Bandung. Pet Park, nama taman tersebut, memang dibangun dengan tema khusus, yaitu menjadi sebuah taman yang ramah terhadap hewan peliharaan.

Di taman yang terletak di Jalan Cilaki ini (tak jauh dari Taman Lansia dan Taman Pustaka Bunga) ini memang tak hanya dipenuhi dengan rimbunnya pepohonan yang akan membuat para pemilik hewan merasa senang, namun juga dilengkapi dengan aneka fasilitas khusus untuk hewan, seperti fasilitas ketangkasan dan juga toilet khusus untuk hewan.

Jadi, walau taman ini khusus bagi hewan dan pemiliknya, diharapkan para hewan tidak buang kotoran sembarangan. Hmm, konsepnya menarik dan keren ya!

 

13. Bikin badanmu berotot sambil hangout di Taman Fitness

Foto: beritadaerah.co.id
Foto: beritadaerah.co.id

Ingin fitness tapi nggak pede untuk latihan di fitness center? Atau kantong tak bersahabat untuk hangout gaul di sport center? Atau kalian malas latihan di fitness center karena nggak betah lama-lama berada di dalam ruangan? Kalian bisa melatih badan, sambil hangout, di salah satu taman tematik di Bandung, yaitu Taman Fitness.

Asyiknya, taman yang berlokasi di Jalan Teuku Umar-Jalan Imam Bonjol ini bisa dinikmati secara cuma-cuma alias gratis! Jadi, jika kalian bermimpi punya badan berotot seperti Ade Rai dengan harga minimalis sambil tetap hangout di ruang outdoor, mampirlah ke Taman Fitness kebanggaan kota Bandung ini.

 

14. Lapangan Rumput Sintetis Bukan Hanya Monopoli Lapangan Sepakbola, karena Taman Alun-Alun Bandung Juga Punya. Bahkan Lebih Luas dan Lebih Keren!

Foto: lifestyle.sindonews.com
Foto: lifestyle.sindonews.com

Inilah salah satu taman tematik yang paling happening di Bandung. Taman yang diresmikan di penghujung tahun 2014 ini berlokasi di Alun-Alun Kota Bandung, tepatnya di depan Masjid Raya Bandung (dulunya bernama Masjid Agung Bandung).

Taman dengan luas kira-kira 12.000 meter persegi ini memang dilengkapi dengan rumput sintetis dengan motif kotak-kotak, dan warga boleh menginjakkan kaki dan melakukan berbagai aktifitas yang disukainya asalkan terlebih dahulu melepaskan alas kakinya.

Biasanya, aktifitas favorit yang dilakukan para warga bervariasi, antara duduk santai, tidur-tiduran, maupun sekedar ngobrol. Dan, bagi warga yang datang membawa anak-anak, di taman ini juga tersedia berbagai fasilitas permainan anak yang pastinya akan menambah keceriaan bagi para pengunjung.

 

What’s Next?

Jangan dulu terkagum-kagum dengan banyaknya variasi taman tematik yang sudah disebut di atas. Kabarnya, kota Bandung merencanakan setidaknya terdapat 30 taman tematik yang tersebar di berbagai penjuru kota, yang rencananya akan dilakukan secara bertahap.

Jadi jangan heran jika beberapa bulan atau tahun lagi kalian dapat menemukan berbagai taman dengan tema yang unik di Kota Kembang ini, seperti Taman Lampion, Taman Dinosaurus, Taman Zikir, dan banyak lagi. Hmm, menarik juga untuk kita nantikan seperti apa kecantikan kota Bandung yang pastinya akan semakin molek dengan banyaknya aneka taman tematik tersebut.

 

baca juga :

Baru Putus Cinta? 7 tempat di Bandung Ini (Mungkin) Manjur Untuk Mengatasi Kegalauan Hati

Panduan Wisata Lembang Untuk Pemula: Mengenal Primadona Wisata Bandung Raya

Jangan Tertipu dengan Penampilannya! 6 Hotel di Dago Ini TERNYATA Nggak Semahal Kelihatannya Kok!

Comments

comments