fbpx
Home Guides 17 Aktifitas Semi-Mainstream yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menikmati Jakarta

17 Aktifitas Semi-Mainstream yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menikmati Jakarta

Jakarta, oh Jakarta. Ibu kota negeri kita tercinta ini kerap diidentikkan dengan kemacetan, banjir, penduduknya yang padat, dan udaranya yang telah tercemar oleh polusi. Walau begitu, Jakarta juga punya banyak pesona, salah satunya adalah aneka pusat perbelanjaannya yang menjadi surga bagi para shopaholic, serta beberapa obyek wisata mainstream-nya yang sudah tersohor kemana-mana seperti Dunia Fantasi, Monumen Nasional, Kebun Binatang Ragunan, dan banyak lagi.

Dan sebetulnya, ada lho beberapa aktifitas semimainstream –bahkan antimainstream– yang bisa kalian lakukan untuk menikmati kota yang dulunya bernama Batavia ini. Mau tahu apa saja? Simak beberapa yang sudah Jalan2 kumpulkan untuk kalian!

 

1. Mari mulai dari yang gratisan, yaitu mengikuti tour keliling Jakarta secara gratis!

Monas dan sekitarnya. Foto: myhalalchannel
Monas dan sekitarnya. Foto: myhalalchannel

Kalian mungkin sudah cukup sering mengelilingi Jakarta, apalagi jika kalian tinggal disana. Namun berapa banyak dari kalian yang sungguh-sungguh mengenal kota Jakarta diluar aneka pusat perbelanjaannya? Untuk itulah, coba deh ikutan beberapa tour yang diadakan untuk mengelilingi Jakarta.

Beberapa tour bahkan menawarkan tour gratisan (atau bayar seikhlasnya) untuk mengelilingi beberapa spot wisata populer, seperti aneka museum dan Monumen Nasional, namun disertai dengan penjelasan yang berkaitan dengan sejarah yang pastinya akan membuat kalian lebih kenal lagi dengan tempat-tempat tersebut. Ngomong-ngomong, walau tour tersebut gratis, jika kalian puas, jangan lupa untuk merelakan beberapa rupiah untuk uang lelah pemandu wisatanya ya!

 

2. Mencari harta karun di berbagai pasar di Jakarta

Main ke mall? Itu sudah biasa. Mainstream! Jika kalian ingin menyalurkan hasrat belanja maupun memanjakan mata dengan melakukan window shopping, coba deh main ke berbagai pasar yang ada di Jakarta.

Jangan salah, pasar di Jakarta juga punya banyak produk keren yang tak kalah dengan mall, malah harganya bisa lebih miring dan bisa ditawar. Apalagi karena saat ini beberapa pasar sudah mulai dibenahi sehingga semakin terasa nyaman untuk dijelajahi. Berikut beberapa pasar yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Jakarta. Siapa tahu kalian akan menemukan harta karun disana!

  • Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang. Foto: Fiuzu
Pasar Tanah Abang. Foto: Fiuzu

Sudah jadi rahasia umum jika Pasar Tanah Abang merupakan pusatnya grosir fashion. Di pasar ini, yang terus menerus mempercantik diri, kalian dapat menemukan berbagai jenis pakaian dengan harga grosir. Untuk dipakai sendiri atau dijual lagi pun bisa.

  • Pasar Glodok

Pasar Glodok. Foto: si-g.blogspot
Pasar Glodok. Foto: si-g.blogspot

Di era internet seperti saat ini, siapa sih yang nggak perlu gadget maupun barang-barang elektronik? Dan, kabar baik untuk kita semua, karena di Jakarta ada sebuah pasar yang dikenal sebagai sentra-nya produk-produk elektronik, yaitu Pasar Glodok.

  • Pasar Gembrong

Seorang anak menunjuk mainan di salah satu kios Pasar Gembrong. Foto: hatiyangbertelinga.wordpress
Seorang anak menunjuk mainan di salah satu kios Pasar Gembrong. Foto: hatiyangbertelinga.wordpress

Cari kado untuk adik atau keponakan tapi keuangan di dompet sudah masuk ke level menyedihkan? Atau mungkin ingin buka usaha mainan dengan modal yang terbatas? Pergi saja ke pasar Gembrong! Pasar ini merupakan sentra-nya berbagai mainan anak. Kalian dapat dengan mudah menemukan aneka mainan yang biasa dijual di mall maupun ITC, namun dengan harga yang lumayan miring. Selisihnya bisa sampai 50% lebih lho!

 

3. Jika sudah bosan melihat ‘Indonesia’ dari kereta gantung, saatnya menambah wawasan dengan mengunjungi berbagai museum di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Salah satu museum di TMII. Foto: travelalltogether
Salah satu museum di TMII. Foto: travelalltogether

TMII identik dengan kereta gantung yang melintasi pulau-pulau buatan yang dibuat menyerupai kepulauan Indonesia, dan naik kereta gantung termasuk salah satu ritual yang wajib untuk dilakukan di TMII –selain mengunjungi berbagai rumah tradisional dan bersenang-senang di Snow Bay.

Namun, TMII juga punya banyak museum tematik, yang asyiknya, harga tiketnya sangat bersahabat dengan dompet di tanggal tua sekalipun. Ada museum bertema minyak bumi, transportasi, olah raga, alat komunikasi, dan banyak lagi. Jika kalian ingin mencoba aktifitas yang terbilang semi-mainstream di TMII, wisata museum bisa jadi opsi yang cantik.

 

4. Menghabiskan waktu menanti senja di Waduk Pluit. Kalian akan takjub melihat tempat ini sekarang!

Waduk Pluit. Foto: megapolitan.kompas
Waduk Pluit. Foto: megapolitan.kompas

Dulu, Waduk Pluit identik dengan sampah yang menggunung dan pemukiman kumuh yang luar biasa padat. Namun itu dulu. Saat ini Waduk Pluit sudah mendapat makeover total. Waduk Pluit kini menjelma bak gadis remaja yang baru didandani: cantik, dan membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini untuk sekedar berjalan-jalan maupun nongkrong.

 

5. Lepaskan penatmu dengan menghirup udara segar di berbagai taman kota yang semakin cantik saja

Jika selama ini kalian terbiasa dengan udara Jakarta yang sudah dipenuhi oleh polusi, coba deh sesekali manjakan paru-paru kalian dengan menghirup udara yang lebih segar. Jika tak punya waktu untuk wisata ke daerah pegunungan, tak perlu khawatir. Jakarta kini memiliki banyak oasis berwujud taman yang tersebar di berbagai sudut kota. Beberapa diantaranya terlalu keren untuk tidak dikunjungi. Lihat rekomendasinya dibawah ini!

  • Taman Menteng

Rumah kaca di Taman Menteng. Foto: tindaktandukarsitek.wordpress
Rumah kaca di Taman Menteng. Foto: tindaktandukarsitek.wordpress

Salah satu taman terkeren dan teraktif di Jakarta saat ini. Taman yang berlokasi di kawasan Menteng ini memang populer sebagai tempat hangout-nya anak muda. Banyak komunitas yang kerap melakukan kumpul-kumpul di taman ini, mulai dari komunitas sepeda, skateboard, dan banyak lagi.

Di taman yang dulunya merupakan stadion Persija ini juga terdapat rumah kaca dengan bentuk yang khas dan kerap dijadikan latar belakang untuk berbagai pemotretan dan video klip lho.

  • Taman Suropati

Taman Suropati. Foto: tempatwisataid
Taman Suropati. Foto: tempatwisataid

Taman yang terletak di Jalan Suropati ini konon sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Saat ini Taman Surapati ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang dan juga terdapat air mancur. Dan sebagai bonus, di taman ini ada banyak komunitas musik yang kerap berlatih disini, sehingga akan membuat kalian betah berlama-lama di taman Suropati.

  • Taman Tebet

Jembatan di Taman Tebet. Foto: blog.mataruma
Jembatan di Taman Tebet. Foto: blog.mataruma

Sesuai namanya, taman ini terletak di daerah Tebet. Semula taman ini bisa dibilang sepi pengunjung dan hanya terdiri dari pepohonan saja. Tapi sekarang, taman ini termasuk taman yang aktif. Banyak pengunjung sengaja datang untuk bersantai menikmati udara taman yang sejuk, jogging, maupun sekedar jalan-jalan sore saja.

  • Taman Ayodia

Taman Ayodya. Foto: infojakarta
Taman Ayodya. Foto: infojakarta

Terletak di kawasan Barito, Jakarta Selatan, taman yang asri dan sejuk ini termasuk salah satu tempat nongkrong favorit bagi para anak muda. Apalagi karena di sekitar taman cukup banyak pedagang kaki lima, jadi kalian bisa nongkrong sambil menikmati beragam jenis jajanan kaki lima.

  • Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang. Foto: saifulmuhajir
Taman Situ Lembang. Foto: saifulmuhajir

Berlokasi di lokasi yang tak begitu jauh dari Taman Suropati, Taman Situ Lembang ini disebut-sebut sebagai salah satu taman tertua di Jakarta. Jika kalian merasa jenuh dengan kehidupan perkotaan, datang saja ke taman ini.

Di Taman Situ Lembang ini terdapat sebuah danau kecil yang airnya berasal dari sumber alami lho. Dan di sore hari, di sekitar taman ini banyak terdapat pedagang makanan yang siap menyuplai kebutuhan ngemil sore saat nongkrong di taman, tentunya selama kalian membeli dari para pedagang itu ya.

 

6. Lihat Sisi Lain Kota Jakarta dengan Menyusuri Berbagai Kampung Deret-nya yang Keren

Salah satu kampung deret di Jakarta. Foto: sinarharapan
Salah satu kampung deret di Jakarta. Foto: sinarharapan

Jika selama ini kalian menganggap Jakarta identik dengan area slum yang cukup besar, coba deh ubah cara pandang kalian dengan menyusuri berbagai Kampung Deret yang terdapat di Jakarta. Proyek Kampung Deret merupakan sebuah proyek revitalisasi kawasan padat penduduk yang biasanya cenderung kumuh, dan ditata dengan rapi dengan model hunian yang jauh lebih layak.

Beberapa daerah kumuh di Jakarta telah berhasil disulap menjadi kampung deret nan apik, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas tambahan seperti taman bermain untuk anak-anak. Mungkin jika Kampung Deret ini jumlahnya sudah semakin banyak, daerah kumuh di Jakarta bisa semakin berkurang dan wajah kota Jakarta pun akan semakin cantik saja.

 

7. Atau Kalian Bisa Melihat Sisi Lain Kota Jakarta Melalui Kampung Percontohan Banjarsari

Suasana asri di Kampung Banjarsari. Foto: hartonocen.blogspot
Suasana asri di Kampung Banjarsari. Foto: hartonocen.blogspot

Apakah kalian pernah mendengar tentang Kampung Banjarsari? Sayang sekali jika kalian belum pernah dengar tentang kampung ini, karena Kampung Banjarsari merupakan sebuah kampung hijau yang punya reputasi internasional! Kampung Banjarsari ini memanglah sebuah kampung percontohan dalam hal penglolaan sampah serta penghijauan, jadi nggak heran jika suasana di kampung ini sangat asri dan cukup sejuk.

Kontras dengan daerah Cilandak, tempat kampung ini terletak, yang identik dengan kepadatan, kemacetan, dan juga polusi udara. Yang paling keren, kampung Banjarsari ini dijadikan kampung percontohan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) lho. Jika kalian ingin melihat sisi lain kota Jakarta, mampirlah ke Kampung Banjarsari untuk menikmati hijaunya suasana disana maupun untuk belajar cara untuk mengolah sampah.

 

8. Mengelilingi Jakarta dengan menggunakan Trans Jakarta a.k.a busway

TransJakarta. Foto: mobilkomersial
TransJakarta. Foto: mobilkomersial

Bagi mereka yang tinggal di Jakarta, naik Trans Jakarta (atau lebih familiar dengan sebutan busway) mungkin bukan hal baru. Namun, belum tentu kalian pernah naik busway diluar jalur rutin yang biasa kalian tempuh, seperti dari rumah ke sekolah, kantor, tempat les, maupun tempat gaul.

Jika kalian ingin mencoba menikmati Jakarta dengan cara yang berbeda, daripada keliling-keliling menggunakan mobil pribadi, coba deh bangkitkan hasrat berpetualang kalian dengan menaiki busway diluar rute yang biasa kalian tempuh dan turunlah dimanapun kalian inginkan untuk menjelajah daerah tersebut. Atau, sekedar keliling-keliling Jakarta dengan naik busway oke juga. Siapa tahu kalian akan tiba di daerah lain yang belum pernah kalian kunjungi karena, hei, Jakarta itu luas, bung!

 

9. Atau, Cobalah Melihat Jalanan Jakarta dari Sudut Pandang yang Berbeda. Misalnya Saja Dari Tingkat 2 Bus Tingkat Jakarta City Tour Bus

Jakarta City Tour Bus. Foto: klikgaya
Jakarta City Tour Bus. Foto: klikgaya

Jika kalian bosan dengan busway, mungkin kalian perlu mencoba naik Jakarta City Tour Bus. Bus wisata kebanggaan kota Jakarta ini merupakan sebuah bus double decker. Asyiknya sih karena bus ini full AC dan bukan bertipe open-top double decker, sehingga kalian tak perlu takut kehujanan maupun kepanasan jika naik di tingkat 2. Sesekali menikmati suasana jalanan Jakarta dari ketinggian tampaknya seru juga ya!

 

10. Kalian Mungkin Tahu Jika Kepulauan Seribu Termasuk dalam Wilayah Jakarta. Tapi, Sudah Pernah Kesana Belum?

Jembatan cinta Pulau Tidung. Foto: peataholidays
Jembatan cinta Pulau Tidung. Foto: peataholidays

Sebagian orang mungkin sudah tahu jika Kepulauan Seribu masuk dalam wilayah Jakarta. Sebagian lainnya mungkin baru tahu jika kota Jakarta memiliki sekumpulan pulau kecil yang termasuk dalam wilayah kotanya.

Pertanyaannya adalah, apa kalian sudah pernah ke Kepulauan Seribu? Jika belum, coba deh kalian menikmati wajah lain dari Jakarta dengan bertualang di berbagai pulau yang ada dalam gugusan Kepulauan Seribu. Mencari bidadari di Pulau Bidadari atau sekedar melompat dari Jembatan Cinta di Pulau Tidung akan menambah wawasan kalian mengenai wajah kota Jakarta yang selama ini kalian kenal.

 

11. Bersenang-senang di car free day: bersepeda, main sepatu roda, atau sekedar ngecengin mereka yang tengah beraktifitas di car free day

Car free day di bunderan HI. Foto: panoramio
Car free day di bunderan HI. Foto: panoramio

Di Jakarta, car free day alias hari bebas kendaraan diadakan setiap hari Minggu, rata-rata mulai pukul 06.00-11.00 (untuk beberapa ruas jalan hanya sampai pukul 09.00-10.00). Dan, car free day itu bukan sekedar jalan yang ditutup dan tak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor lho.

Ada banyak aktifitas seru yang dilakukan di car free day, mulai dari senam bersama, bersepeda, main sepatu roda, melihat-lihat berbagai event yang digelar selama car free day, dan banyak lagi. Bagi yang tengah mencari aktifitas seru untuk dilakukan di Jakarta, kenapa nggak datang saja ke car free day dan bersenang-senang disana!

 

12. Saat Monas Dirasa Sudah Terlalu Imut Untuk Menikmati Jakarta di Ketinggian, Saatnya Untuk Main ke SKYE. Kalian Dapat Melihat Seperti Apa Jakarta dari Ketinggian ±230 Meter!

SKYE Jakarta. Foto: ismaya
SKYE Jakarta. Foto: ismaya

Monas sudah sangat populer sebagai salah satu tempat untuk menikmati Jakarta dari ketinggian. Namun jika Monas yang puncaknya berada di ketinggian 132 meter dirasa sudah tenggelam oleh berbagai gedung tinggi lain di Jakarta, saatnya kalian mencoba SKYE Bar & Restaurant.

SKYE terletak di lantai 56 gedung Menara BCA (yang memiliki 57 lantai dengan tinggi total mencapai 230 meter) merupakan sebuah rooftop bar dan restauran yang menawarkan kesempatan untuk menikmati makanan dan minuman sekaligus dengan menikmati view kota Jakarta. Jika kalian tertarik untuk datang ke tempat ini, pastikan kalian mengenakan pakaian yang sesuai dengan dresscode dan ketahui range harga di tempat tersebut untuk memperoleh bayangan berapa budget yang harus disiapkan.

 

13. Jika Udara Jakarta Terlalu Panas Untuk Kalian, Dinginkan Tubuh dengan Menggila di Berbagai Waterboom yang Ada di Berbagai Pelosok Jakarta

Waterbom Jakarta. Foto: myhotelmyresort
Waterbom Jakarta. Foto: myhotelmyresort

Sudah bukan rahasia lagi jika Jakarta memiliki beberapa waterboom dan waterpark yang keren dan memiliki tema beragam. Snow Bay, Waterbom Jakarta (Pantai Indah Kapuk), Gelanggang Samudra Ancol; hanyalah sebagian waterboom yang dapat kalian jajal keseruannya di Jakarta.

 

14. Melihat Serunya Air Mancur Menari di Baywalk, Sambil Menikmati Pemandangan Jakarta’s Waterfront

Ruang outdor Baywalk Mall. Foto: klikhotel
Ruang outdor Baywalk Mall. Foto: klikhotel

Main ke pusat perbelanjaan di Jakarta, itu hal yang mainstream. Namun tunggu dulu sampai kalian mengunjungi Baywalk Mall di Green Bay Pluit. Mall yang satu ini menawarkan pemandangan ke Jakarta’s Waterfront yang bisa dinikmati dari semua lantainya, dan memiliki area outdoor waterfront; tempat dimana kalian bisa hangout sambil menikmati pemandangan ke arah laut. Dan, tunggu hingga pukul 19.00. Biasanya, jika tak ada aral melintang, pada jam tersebut diadakan pertunjukan air mancur menari diiringi dengan alunan musik tertentu dan juga lampu yang berwarna-warni.

 

15. Buktikan Kalimat “Nenek Moyangku Seorang Pelaut” dengan Melihat Langsung Kesibukan di Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa. Foto: hadirkanlah.blogspot
Pelabuhan Sunda Kelapa. Foto: hadirkanlah.blogspot

Kalian mungkin sudah hapal dengan lirik lagu “Nenek moyangku seorang pelaut”. Tapi berapa banyak dari kalian yang pernah melihat langsung bentuk kapal yang sebenarnya? Jika kalian tengah mencari aktifitas seru untuk dilakukan di Jakarta, coba deh jangan hanya melihat bentuk kapal yang ada di museum saja.

Jakarta punya pelabuhan yang masih aktif, yaitu Pelabuhan Sunda Kelapa, yang dulunya menjadi nama paten untuk kota Jakarta. Berminat untuk main-main ke Pelabuhan Sunda Kelapa? Paling seru jika kalian datang di pagi hari maupun sore hari, apalagi jika sambil naik sepeda dari Kawasan Kota Tua.

 

16. Berburu Jejak Rumah Artis di Kawasan Pondok Indah

Salah satu rumah artis di Pondok Indah. Bisa tebak ini rumah siapa? Foto: suryopod.blogspot
Salah satu rumah artis di Pondok Indah. Bisa tebak ini rumah siapa? Foto: suryopod.blogspot

Ini sudah jadi informasi umum jika banyak artis memiliki rumah di salah satu kawasan ter-elit di Ibu Kota, yaitu Pondok Indah. Ahmad Dhani, Mulan Jameela, dan Inul Daratista, hanya sebagian artis yang diketahui memiliki rumah yang jaraknya hanya beberapa menit dari Pondok Indah Mall, sebuah pusat perbelanjaan di Pondok Indah.

Mungkin kalian nggak nge-fans dengan artis-artis tersebut, dan mungkin juga kalian menganggap aktifitas mencari rumah artis itu norak. Tapi, jika kalian ingin terlihat keren dan seolah sangat tahu tentang dunia selebriti Jakarta, khususnya di mata teman atau saudara yang berasal dari luar kota, mungkin kalian bisa mencoba aktifitas ini disela-sela waktu luang.

 

17. Akhiri Hari Dengan Mencicipi Es Krim Tertua di Jakarta

Es krim Ragusa. Foto: cheesevelvet
Es krim Ragusa. Foto: cheesevelvet

Untuk menutup hari, paling sip dan paling mantap dengan mencicipi Es Krim Ragusa yang konon merupakan es krim tertua di Jakarta. Es krim yang kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1932 ini menggunakan bahan dasar susu sapi segar dan tanpa pengawet, sehingga rasanya fresh banget. Berminat mencoba es krim ini? Datang saja ke tokonya yang terletak tak jauh dari Stasiun Gambir.

 

baca juga :

25 Tempat di Indonesia yang Akan Memuaskan Hasrat Menapaki Luar Negeri

Hal-hal Senilai 20 Ribu-an (Bahkan Kurang) yang Bisa Kalian Dapatkan di Bandung

14 Pesona Wisata Sumedang yang Akan Membuat Kalian Jatuh Cinta Pada Kota Tersebut

Comments

comments