fbpx
Home Guides 20 Destinasi Wisata Favorit Di Hokkaido (Part 2 END)

20 Destinasi Wisata Favorit Di Hokkaido (Part 2 END)

Tulisan ini melanjutkan tulisan tentang 20 Destinasi Wisata Favorit di Hokkaido (1). Jika pada tulisan sebelumnya sudah membahas 7 destinasi wisata populer di Hokkaido, maka pada tulisan kali ini akan melanjutkan dari destinasi ke-8 dan seterusnya. Ngomong-ngomong, jangan lupa baca juga Hokkaido untuk Pemula ya.

8. Niseko

Ski resort ini digadang-gadang sebagai ski resort terbaik di Jepang. Alasannya karena ski resort ini memiliki salju lembut dalam jumlah yang berlimpah, memiliki pemandangan yang luar biasa, dan sangat mudah diakses serta paling ramah bagi wisatawan asing.

Niseko juga populer karena tak melulu menjual jalur ski sebagai daya tarik utamanya. Terkadang ada atraksi lain bernuansa petualangan yang ditawarkan, seperti melihat-lihat area resort menggunakan tour helikopter.

Niseko [foto: Wakimasa/wikimedia]
Niseko [foto: Wakimasa/wikimedia]

9. Hakodate

Hakodate ini merupakan kota terbesar ketiga di Hokkaido. Terletak di sisi selatan Hokkaido, kota ini dikenal karena memiliki pemandangan yang indah yang bisa dinikmati dari arah Gunung Hakodate dan populer akan kuliner serba seafood-nya.

Sehingga, salah satu aktifitas utama yang bisa dilakukan di kota ini adalah naik ke Gunung Hakodate untuk melihat-lihat pemandangan kota pelabuhan ini jika dilihat dari atas, maupun menjelajah berbagai area yang memiliki nuansa khas Western yang cukup kental seperti area Motomachi.

Jangan lupa juga untuk mampir ke Fort Goryokaku, sebuah benteng perlindungan berbentuk bintang yang juga populer sebagai salah satu tempat untuk menikmati bunga Sakura di musim semi (baca disini: Best of the Best Hanami Spot di Seluruh Jepang)

Goryokaku Fort [foto: 京浜にけ/wikimedia]
Goryokaku Fort [foto: 京浜にけ/wikimedia]

10. Abashiri

Kota yang berada di sisi timur Hokkaido ini letaknya tak begitu jauh dari Akan National Park dan Shiretoko. Walau populasinya tak begitu banyak, kota ini populer karena memiliki Abashiri Prison Museum, sebuah museum yang mengilustrasikan kehidupan sehari-hari para tahanan di Abashiri Prison; serta karena di kota ini terdapat atraksi drift ice (ryuhyo) yang populer dilakukan saat musim dingin tiba.

Lapisan es di laut Abashiri [foto: Muramasa/wikimedia]
Lapisan es di laut Abashiri [foto: Muramasa/wikimedia]

11. Asahikawa

Kota ini merupakan kota terbesar kedua di Hokkaido. Kota ini khususnya populer karena memiliki kebun binatang Asahiyama Zoo, yang konon merupakan kebun binatang terbaik di Jepang.

Kota ini juga populer dengan wisata musim dinginnya, dan satu hal yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung kemari, adalah mencicipi ramen khas Asahikawa. Sebagai tambahan informasi, Asahikawa ini dijuluki sebagai kota terdingin di Jepang karena pada tahun 1902 suhu udaranya pernah mencapai -41°C. Wow!

Salah satu atraksi di Asahiyama Zoo [foto: As6022014/wikimedia]
Salah satu atraksi di Asahiyama Zoo [foto: As6022014/wikimedia]

12. Biei

Biei merupakan kota kecil yang terletak di antara Asahikawa dan Furano. Kota ini khususnya populer karena memiliki lanskap yang luar biasa cantik sehingga kota ini populer dikunjungi oleh mereka yang hobi fotografi.

Di Biei ini terdapat Patchwork Road, sebuah area di Biei yang jika dilihat dari ketinggian terlihat seperti memiliki motif yang unik dan indah. Lalu ada Panorama Road, sebuah area yang menarik untuk dijelajah dengan mobil maupun sepeda karena memiliki area berbukit yang dipenuhi hamparan ladang bunga.

Lanskap di Biei saat musim panas [foto: Chi King/wikimedia]
Lanskap di Biei saat musim panas [foto: Chi King/wikimedia]

13. Matsumae

Bekas kota kastil ini hanya berjarak 20 kilometer saja di seberang Selat Tsugaru, yang berarti tak begitu jauh dari pulau Honshu. Matsumae Castle, yang juga dikenal sebagai Fukushima Castle, merupakan satu-satunya kastil bergaya Jepang yang dibangun di Hokkaido.

Sayangnya karena bangunan kastil ini tidak asli lagi, karena sebelumnya telah berkali-kali hancur dan terakhir direnovasi tahun 1960. Saat ini di Matsumae terdapat beraneka kuil, theme park yang mengusung tema sejarah, dan beberapa museum yang menarik.

Matsumae Castle [foto: Kazu777 hokkaido/wikimedia]
Matsumae Castle [foto: Kazu777 hokkaido/wikimedia]

14. Tomamu

Tempat ini merupakan sebuah ski resort besar yang berada di pusat Hokkaido. Tomamu dikenal sebagai ski resort kelas atas yang populer dengan atraksi Ice Village, yaitu koleksi bermacam dome dari salju dan es yang sengaja dibeirkan iluminasi khusus saat malam hari.

Tomamu Ski Resort [Foto: Masahiro TAKAGI/wikimedia]
Tomamu Ski Resort [Foto: Masahiro TAKAGI/wikimedia]

15. Danau Shikotsu

Danau ini menjadi bagian dari Shikotsu-Toya National Park. Di sekitar danau ini terdapat beberapa penginapan dan sebuah kota kecil yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan. Di sisi sebelah utara terdapat Marukoma Onsen, sebuah ryokan dengan onsen unik yang terhubung dengan danau melalui sebuah kanal kecil.

Adapun aktifitas yang bisa dilakukan di danau ini antara lain menyewa perahu dan menjelajah danau, maupun mengeksplorasi Koke no Domon, sebuah lembah lumut di Danau Shikotsu.

Danau Shikotsu [foto: 663highland/wikimedia]
Danau Shikotsu [foto: 663highland/wikimedia]

16. Rishiri dan Rebun

Pulau Rishiri dan Pulau Rebun merupakan nama dua pulau kecil yang letakknya bersebelahan dan berada di sisi utara Hokkaido yang menjadi bagian dari Rishiri-Rebun-Sarobetsu National Park.

Walau terbilang kecil, kedua pulau ini populer sebagai tempat hiking karena memiliki jalur hiking yang indah dan pemandangan ke arah tepi laut. Pulau Rishiri tak hanya memiliki jalur hiking saja, namun juga memiliki beberapa onsen; sedangkan pulau Rebun dikenal akan kekayaan flora-nya.

Cape Peshi di pulau Rishiri [foto: 663highland/wikimedia]
Cape Peshi di pulau Rishiri [foto: 663highland/wikimedia]
Cape Gorota di pulau Rebun [foto: Furiko7e/wikimedia]
Cape Gorota di pulau Rebun [foto: Furiko7e/wikimedia]

17. Onuma Quasi National Park

Taman nasional ini jaraknya hanya kira-kira 20 kilometer di sisi utara Hakodate. Taman ini khususnya populer bagi mereka yang suka menikmati suasana alam dengan berjalan kaki, maupun naik sepeda. Terdapat beberapa danau yang dihubungkan dengan jembatan kecil yang cukup indah.

Salah satu danau di Onuma Quasi National Park [foto: 663highland/wikimedia]
Salah satu danau di Onuma Quasi National Park [foto: 663highland/wikimedia]

18. Chitose

Chitose sebetulnya bukanlah sebuah kota yang populer sebagai kota tujuan wisata. Namun, kota yang letaknya dekat dengan Sapporo ini memiliki sebuah bandara terbesar di Hokkaido, yaitu Bandara New Chitose, yang menjadi bandara tersibuk di Hokkaido.

Memang, di Sapporo sendiri ada sebuah bandara yang letaknya lebih ke kota, namun tetap saja penerbangan terbanyak dilayani di Bandara New Chitose ini. Nah, yang membuat bandara New Chitose ini menarik, itu karena bandara yang baru-baru ini direnovasi dan diperluas kini memiliki berbagai fasilitas menarik, mulai dari fasilitas perbelanjaan, makan, dan hiburan.

Di tempat ini juga terdapat onsen yang berada di dalam bangunan terminal; Doraemon Wakuwaku Skypark, sebuah spot permainan untuk anak-anak, dan lain-lain. Jadi, jika kalian mendarat di Hokkaido melalui bandara ini, setidaknya sempatkan untuk melihat-lihat suasana dulu ya.

Suasana di New Chitose Airport [foto: 663highland/wikimedia]
Suasana di New Chitose Airport [foto: 663highland/wikimedia]

19. Jozankei Onsen

Sebuah resor onsen yang hanya berjarak 1 jam dari Sapporo. Onsen ini cukup berkembang dan memiliki bermacam fasilitas pendukung sehingga populer di kalangan wisatawan.

Jozankei Onsen [foto: Kinori/wikimedia]
Jozankei Onsen [foto: Kinori/wikimedia]

20. Mengunjungi museum bertema Ainu

Seperti yang sudah saya singgung pada tulisan Ini Dia Hal-hal Menarik untuk Dilakukan di Hokkaido, salah satu aktifitas yang bisa dilakukan di Hokkaido adalah mengunjungi bermacam tempat yang berkaitan dengan nenek moyang orang Hokkaido, yaitu bangsa Ainu.

Beberapa museum bertema Ainu yang bisa dikunjungi di Hokkaido antara lain: Shiraoi Ainu Museum (Porotokotan) di dekat Noboribetsu, Kawamura Kaneto Ainu Museum di Asahikawa, Ainu Kotan di Danau Akan, Ainu Folklore Museum di Danau Kussharo, dan Hokkaido Museum of Northern People di Abashiri.

Ainu Kotan di Danau Akan [foto: 663highland/wikimedia]
Ainu Kotan di Danau Akan [foto: 663highland/wikimedia]

***

*Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

Comments

comments