fbpx
Home Guides 7 Hal Yang Membuat Bogor Begitu Dicintai

7 Hal Yang Membuat Bogor Begitu Dicintai

istana Bogor, Ikon Bogor via kompasiana,con

Beberapa waktu lalu, sebuah situs http://www.welovecities.org/ yang diinsiasi oleh World Wildlife Found (WWF) mengadakan voting untuk mengetahui kota mana yang dianggap paling dicintai tentunya berdasarkan voting versi mereka.

Bangganya, Indonesia masuk bersama 19 negara lain dari berbagai belahan dunia mulai dari Kanada, Amerika, Brazil, Afrika Selatan, China, Malaysia, Thailand, Filipina, dan negara-negara lainnya. Indonesia sendiri menempatkan 3 kota yang masuk nominasi yaitu Jakarta, Bogor, dan Balikpapan.

Ada beberapa klasifikasi yang digunakan untuk memandu pemilih/voter sebelum menentukan kota yang ia cintai seperti transportasi umum,green building, kebersihan, bahkan termasuk makanan, dan beberapa aspek lainnya.

Namun dari semua itu, saya berpandangan bahwa ketersediaan voter untuk memilih sebuah kota lebih kepada kedekatan ia pada kota tersebut dan bagaimana ia bisa merasa nyaman dan mencintainya, sesuai dengan temanya ‘we love city’.

Bangganya, setelah waktu voting ditutup, Kota Bogor berhasil menempatkan diri sebagai The Most Lovable City in The World atau Kota Paling dicintai di Dunia. Hal ini tentu berhasil membuktikan keseriusan dukungan warga Bogor dalam menciptakan kota yang berkelanjutan. Lantas, apa saja yang membuat Bogor begitu dicintai bahkan bukan hanya penduduk aslinya tetapi juga pendatang dan wisatawan? Yuk kita bahas !

 

1. Kota yang Masih Relatif Sejuk Diantara Kota Satelit Lainnya

Bogor berlatar Gunung Salak via wikipedia.com

Bogor ialah kota satelit bagi ibukota Jakarta selain Tangerang, Bekasi, dan Depok. Kelebihan Bogor dibanding kota satelit lain ialah lokasinya yang berada di kaki pegunungan. Satu gunung terkenal dan bahkan menjadi ikon ialah Gunung Salak.

Kota Bogor-nya sendiri berada di ketinggian sekitar 200-300 mdpl, sedangkan kawasan lain di kabupatennya berada lebih tinggi dari itu. Lokasi di dataran yang relatif tinggi ini membuat cuaca Bogor masih relatif sejuk, bahkan yang paling sejuk jika dibanding kota satelit lain.

Kesejukan dari Kota Bogor ditunjang juga dengan keberadaan Kebun Raya Bogor yang persis berada di tengah kota. Kebun Raya seluas 87 hektar inilah yang menjadi paru-paru kota dan sangat vital peranannya untuk menjaga kualitas udara kota.

Selain Kebun Raya, pepohonan di sepanjang jalanan kota juga masih relatif banyak. Apalagi banyak pula diantara pepohonan tersebut merupakan pohon-pohon tua dengan batang besar dan tajuk yang luas. Hal ini membuat jalanan kota juga akhirnya relatif masih cukup nyaman meskipun kepadatan lalu lintas semakin menjadi saja.

salah satu Jalan utama di Bogor via koran-jakarta.com

Kesejukan yang ditawarkan inilah yang akhirnya membuat Bogor tak pudar pesonanya sebagai tujuan wisata warga ibukota. Setiap akhir pekan dan liburan, Bogor senantiasa padat oleh kendaraan dari berbagai daerah terutama plat B yang sengaja datang untuk berlibur di Bogor baik di kotanya maupun kawasan lain seperi Puncak Bogor yang sudah sangat terkenal. Meskipun macet sudah menjadi harga mati, tetap saja wisatawan berbondong datang untuk merasakan udara segar yang tidak bisa mereka nikmati di ibukota.

 

2. Kota Hujan, Kota Kenangan

hujan di Istana Bogor via bogorisme.wordpress.com

Bogor sudah sangat terkenal sebagai Kota Hujan. Hal ini karena memang curah hujan di Bogor sangat tinggi yaitu sekitar 3.500-4000 mm. Hampir setiap hari Bogor dilanda hujan, bukan hujan intensitas ringan tapi hujan Bogor terkenal dahsyat dengan angin dan petir yang juga besar.

Intensitas besar hujannya Bogor dipengaruhi lokasi geografisnya yang berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Salak dimana uap air dari laut jawa masuk dan naik ke wilayah Bogor dan terkondensasi menjadi hujan.

Seringnya hujan di Bogor tentunya membuat aktivitas warga sudah tidak lagi terhalang karenanya. Jika di kota lain ketika hujan seringkali kita lihat jalanan menjadi sepi dan seolah aktivitas berhenti, namun berbeda dengan Bogor dimana hujan sudah menjadi makanan rutin yang tak perlu dihindari. Payung dan jas hujan juga ibarat barang lumrah yang dibawa warganya.

Pada akhirnya, hujannya Bogor ini justru membuat Bogor menjadi spesial. Warga lokal mungkin menjadi biasa saja, tetapi bagi pendatang, suasana hujan khas Bogor justru akan selalu menjadi memori tersendiri ketika mereka tidak berada di Bogor. Suasana hujan yang menggelegar hampir setiap hari, menjadikan orang-orang yang akrab dengan Bogor akan selalu menjadikan Bogor dan hujannya sebagai kenangan, sebagai rasa cinta yang unik.

 

3. Banyak Wisata, Banyak Bahagia

Salah satu sudut Kebun Raya Bogor via goodnewsfromindonesia.org

Bogor semakin menarik saja karena kota ini tidak hanya soal tempat hidup warganya tetapi juga menghadirkan kekayaan alam yang terhampar luas di setiap sisinya untuk dinikmati kapan saja. Dari dalam kotanya saja, kita bisa melihat Gunung Salak yang begitu gagahnya dengan puncak berbentuk khas seperti empat gelombang yang berjajar.

Seperti yang sudah diulas sebelumnya juga, ditengah kota terdapat Kebun Raya Bogor yang menjadi andalan wisata dalam kota. Saat ini juga, pengembangan Kebun Raya semakin baik saja sehingga membuatnya tidak hanya seperti hutan koleksi tanaman tetapi juga sangat menarik untuk kegiatan wisata.

Masih di bagian kebun raya, terdapat juga Istana Bogor, Istana Presiden yang bahkan kini menjadi markas utama Presiden RI, Joko Widodo. Di halamannya terdapat ratusan rusa yang bebas berkeliaran dan bisa dilihat langsung dari jalanan utama kota. Istana dan rusanya ini menjadi salah satu daya tarik wisata Bogor yang selalu saja menarik perhatian.

Kampung budaya Sindangbarang, Wisata Danau Situ Gede, Kawasan Sentul, The Jungle, dan masih banyak lainnya juga tak kalah menarik perhatian wisatawan untuk datang ke Kota Bogor.

Kawasan Puncak Bogor via lefeusp.net

Lebih banyak lagi cerita ketika sudah membahas wilayah kabupatennya. Kabupaten Bogor itu amat sangat luas dan terkenal dengan keindahan alam khas dataran tingginya. Selain kawasan Puncak, kabupaten Bogor juga punya kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, TN Halimun Salak, Gunung Pancar, Gunung Batu Jonggol, Taman Buah Mekarsari, Pura Parahyangan, dan masih berpuluh-puluh wisata lainnya yang menjadikan Bogor seolah tak habis cerita akan tempat wisata.

 

4. Masyarakat yang Beragam nan Harmonis

Keramaian di Stasiun Bogor via student.cnnindonesia.com

Penentuan pemenang dalam ajang ini ialah vote melalui situs resminya dan tagar di media sosial, dan Bogor berhasil memperolah vote terbanyak. Hal ini berarti keloyalan warga sangat tinggi disini, padahal banyak kota lain seperti Penang di Malaysia, Rio di Brazil, dan Paris di Prancis yang bisa dikatakan lebih terkenal di kancah dunia.

Jumlah penduduk Bogor sendiri sekitar 1 juta jiwa. Angka yang cukup tinggi namun sejatinya belum sebanding dengan Jakarta, Paris, dan Kota besar lain di dunia. Namun Bogor tidak hanya ditinggali warga ber-ktp lokal, tetapi juga ada banyak warga pendatang, salah satunya dari sektor pendidikan yaitu perguruan tinggi karena di kota ini punya kampus negeri besar, Institut Pertanian Bogor.

Kampus kenamaan tersebut memiliki mahasiswa dari seluruh penjuru negeri, setidaknya belasan ribu masyarakat beraktivitas setiap harinya di sana. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi Bogor karena orang-orang berusia muda ini biasanya lebih loyal dan memang akrab dengan gadget.

Keragaman masyarakat yang beraktivitas di Bogor dari berbagai daerah di Indonesia tidak membuat Bogor menjadi kacau balau. Justru keragaman ini tetap terjaga harmonis. Warga asli Bogor sendiri menerima banyaknya pendatang dengan tangan terbuka bahkan mereka diuntungkan karena kesempatan lapangan kerja menjadi lebih luas. Keharmonisan dalam keragaman inilah yang juga membuat Bogor semakin nyaman saja untuk ditinggali.

 

5. Makanan Enak Dimana-mana

Jajajaran gerai makanan di kawasan pool damri Bogor via dewirieka.com

Bogor juga terkenal sebagai surganya kuliner. Di sepanjangan jalanan kota dari jalan utama hingga gang-gangnya, sangat mudah untuk kita menemukan penjaja makanan dengan berbagai jenisnya. Makanan gerobak, toko kecil, cafe, hingga restoran besar menjamur begitu suburnya di Bogor.

Makanan dan jajanan khas sunda sudah dapat dipastikan sangat mudah dijumpai, tetapi Bogor tidak cuma soal makanan sunda, sebagai kota dengan masyarakat yang beragam menjadikan Bogor juga memiliki makanan atau jajanan khas dari berbagai daerah di luar Jawa Barat.

Inovasi juga menjadikan bisnis kuliner di Bogor tidak mengenal kata mati. Pengusaha kuliner semakin terbuka dan kreatif menciptakan inovasi baru baik dari olahan makanannya maupun konsep tempatnya. Hal ini menjadikan warga Bogor sendiri tidak perlu pergi jauh untuk hangout berwisata kuliner, karena di Kota Hujan ini semua sudah tersedia.

 

6. Semangat Pembangunan Kota yang Terasa Nyata

pedestrian di lingkar luar KRB yang ditata rapih via bogohkabogor.kotabogor.go.id

Bagi kalian yang pernah datang ke Bogor beberapa tahun lalu dan belum pernah lagi datang, maka kalian bisa coba untuk menyempatkan diri untuk kembali ke sana. Meskipun suasana kota mungkin tidak berubah, tetapi pembangunan dan penataan kota sangat jelas terasa.

Stasiun yang dahulunya begitu semerawut kini sudah ditata menjadi lebih modern dan rapih. Angkot yang juga dahulu memenuhi bagian depan stasiun kini sudah di atur menjadi lebih tertib. Jalanan di lingkar kebun raya juga diperbaiki dan dikelola menjadi lebih rapih dan bersih.

Jalur pedestrian juga secara bertahap akan diperpanjang, diperlebar, dan dikelola dengan lebih baik sehingga pejalan kaki kini merasa jauh lebih nyaman. Kedepannya juga jalur khusus sepeda dikabarkan akan segera direalisasikan untuk menciptakan Bogor kota hijau yang berkelanjutan.

penataan pedestrian di stasiun bogor via beritabogor.com

Masalah yang mungkin masih menjadi pekerjaan rumah ialah soal kemacetan. Meskipun begitu, penguraian macet sudah sangat diupayakan pemerintah. Selain mengatur lokasi ngetem dengan perbaikan jalan, sekarang sistem satu arah di lingkar kebun raya juga diterapkan. Hal ini cukup berpengaruh dimana kemacetan parah bisa sedikit terurai.

Pembangunan ruang terbuka hijau juga terus dilakukan sehingga Bogor semakin cantik nan nyaman saja. Tidak hanya taman kota, penghijauan juga dilakukan di jalur hijau jalan dan lokasi-lokasi lain. Hal ini tentu sangat jelas dirasakan warga dan membuktikan komitmen pemerintahan kota untuk membuat Bogor lebih baik kedepannya.

 

7. Pemimpin yang Dekat Dengan Rakyat

Bimaarya, walikota Bogor yang turun langsung ke jalan via beritasatu.com

Hadirnya pemimpin di tengah-tengah rakyat juga menjadi faktor penunjang bagaimana sebuah kota bisa dicintai. Itupun yang terjadi dengan Bogor, siapa tak kenal Bima Arya, walikota Bogor yang masih terbilang muda ini terkenal aktif di media sosial dan aktif bertatap muka langsung dengan rakyat. Diberbagai kesempatan sering kita lihat walikota kelahiran tahun 1972 ini turun ke jalan dan meninjau langsung pembangunan.

Bima arya dalam kampanye we love cities via bar,pojoksatu.id

Dalam ajang We Love Cities ini pula sang walikota turut aktif mengkampanyekan Bogor, sedikit banyak hal ini membuat voter merasa terpanggil dan tak segan turun memberikan vote dan dukungannya.

 

baca juga :

7 Rekomendasi Tempat Seru untuk Mencicipi Kopi di Bogor

Sebelum Traveling ke Bandung, Simak Dulu Beberapa Fakta dan Tips Ini Yuk!

Belum Ada Budget Untuk Liburan ke Maladewa? Main Saja Dulu ke Tempat-Tempat Ini Yuk!

Comments

comments