Tulisan ini lanjutan dari Tips Menghemat Biaya Transportasi Wisata di Jepang. Jika sebelumnya saya menulis tentang tips-tips umum untuk menekan biaya transportasi, kali ini saya ingin berbagi informasi aneka tiket terusan yang berguna bagi wisatawan asing.

Beberapa tiket ini hanya bisa dibeli diluar Jepang dan khusus untuk warga non-Jepang yang pergi menggunakan visa wisata (maupun visa kunjungan sementara), sebagian lainnya bisa dibeli di Jepang dengan menunjukkan passport.

Karena aneka tiket terusan ini sangat banyak jumlahnya, tulisan ini akan saya bagi dalam 2-3 bagian supaya nggak pusing bacanya. Ulasannya juga saya tulis secara singkat, sekedar untuk memberi gambaran umum saja. Siapa tahu ada beberapa tiket terusan berikut yang sesuai dengan kebutuhan wisata Jalan2ers..

Secara garis besar, tiket transportasi terusan di Jepang dapat dibagi dalam 2 jenis: National Passes dan Regional Passes. National Passes adalah tiket terusan yang berlaku secara nasional. Beberapa tiket terusan tersebut adalah:

JR Pass, merupakan tiket terusan untuk mengakses kereta JR di seluruh Jepang. Sebagian informasinya sudah ditulis di artikel sebelumnya. Untuk harga, berbeda-beda tergantung paket yang dipilih. Untuk tiket terusan 7 hari, harganya ¥28300 (kereta biasa) dan ¥37800 (green car); 14 hari ¥45100 (kereta biasa) dan ¥61200 (green car); dan 21 hari ¥57700* (kereta biasa) dan ¥79600 (green car). Green car merupakan sebutan untuk gerbong kelas 1.

Seishun 18 Kippu, yaitu sebuah tiket terusan untuk naik seluruh kereta JR local di seluruh Jepang. Kelebihannya, harga tiket lumayan murah yaitu ¥11500 untuk 5 hari (boleh tidak berurutan dan bisa digunakan oleh siapa saja). Kelemahannya, tiket ini hanya dijual 3x dalam setahun (yaitu tanggal 20 Februari-31 Maret, 1 Juli-31 Agustus, 1 Desember-31 Desember) dan jangka waktu penggunaannya terbatas (berlaku antara tanggal 1 Maret-10 April, 20 Juli-10 September, atau 10 Desember-10 Januari).

Sedangkan Regional Passes merupakan tiket terusan yang berlaku di wilayah tertentu saja. Ada yang sifatnya unlimited, ada juga yang sifatnya sangat terbatas. Beberapa regional passes menawarkan paket harga yang menarik, sementara sebagian lainnya sebetulnya over price dibanding membeli tiket satuan. Jadi sekali lagi, selalu cek itinerary sebelum membeli aneka tiket terusan ini. Oya, regional passes ini jenisnya sangat beragam. Berikut sebagian diantaranya:

HOKKAIDO AREA

Hokkaido Area [foto: wikimedia commons, via Creative commons]
Hokkaido Area [foto: wikimedia commons, via Creative commons]
  • JR Hokkaido Rail Pass, yaitu tiket terusan untuk naik kereta dan bus yang dioperasikan oleh JR di daerah Hokkaido. Harganya bervariasi, mulai dari ¥15000 (3 hari), ¥19500 (5 hari), ¥22000 (7 hari), dan ¥19500 (4 hari fleksibel). Itu untuk jenis kereta biasa. Untuk tipe green car, harganya mulai dari ¥21500-¥30000 (disc 50% untuk anak usia 6-11 tahun). JR Hokkaido Rail Pass dapat dibeli via internet maupun melalui stasiun JR utama yang terdapat di Hokkaido, Bandara Narita, Bandara Haneda, dan stasiun Tokyo.
  • JR Hokkaido Free Pass, merupakan tiket terusan unlimited untuk mengakses kereta maupun bus yang dioperasikan oleh JR di daerah Hokkaido (kecuali untuk bus dari Sapporo menuju Asahikawa, Monbetsu, Obihiro, Kiroro, dan Erimo). Lalu apa bedanya dengan JR Hokkaido Rail Pass? JR Hokkaido Free Pass ini hanya tersedia dalam 1 harga, yaitu ¥25500 untuk 7 hari (tanpa diskon untuk anak-anak). Tiket ini juga hanya bisa dibeli oleh wisatawan asing yang tidak tinggal di Jepang. JR Hokkaido Free Pass dapat dibeli di berbagai stasiun JR utama di daerah Hokkaido, Tohoku, Kanto, Shikoku, dan Kyushu.
  • Hokkaido Round Tour Pass, yaitu tiket terusan unlimited untuk mengakses aneka kereta Limited Express dan Express serta JR Hokkaido bus (tidak dapat digunakan untuk mengakses Express Hamanasu sleeping cars, dan kereta malam lainnya yang datang dari pulau Honshu). Tiket ini harganya adalah ¥25500, berlaku untuk 7 hari, dan dapat dibeli di berbagai stasiun JR di Hokkaido; cabang JR Hokkaido di Tokyo, Osaka, dan Sendai; serta berbagai agen wisata di Hokkaido. Perlu diketahui, Hokkaido Round Tour Pass ini tidak berlaku pada peak season (cek website resmi JR Hokkaido Railway Company untuk tanggal pastinya).
  • Sapporo-Otaru Welcome Pass, merupakan tiket khusus untuk wisatawan asing yang ingin menjelajah Sapporo dan Hotaru. Tiket ini menawarkan akses unlimited ke seluruh kereta JR Hokkaido dan subway di Sapporo selama 1 hari. Harga tiketnya ¥1500, dan dapat dibeli di berbagai stasiun JR di Sapporo dan Stasiun New Chitose Airport.

KANTO AREA (Tokyo Metropolis, Kanagawa, Chiba, Saitama, Gunma, Tochigi, Ibaraki), KOSHINETSU, & TOHOKU AREA (Aomori, Akita, Iwate, Yamagata, Miyagi, Fukushima)

Kanto Area [foto: wikimedia commons, via creative commons]
Kanto Area [foto: wikimedia commons, via creative commons]
Tohoku Area [foto: wikimedia commons, via creative commons]
Tohoku Area [foto: wikimedia commons, via creative commons]
  • JR East Pass, yaitu tiket terusan untuk naik kereta JR (termasuk shinkansen) di daerah Kanto, Koshinetsu, dan Tohoku. Harganya kira-kira ¥22000 (diskon 50% untuk anak usia 6-11 tahun) untuk 5 hari (boleh tidak berurutan selama digunakan dalam jangka 14 hari), membuat JR East Pass lebih ekonomis dan fleksibel dibanding JR Pass. JR East Pass ini dapat dibeli di luar Jepang (melalui agen wisata maupun via internet) maupun di dalam Jepang (di beberapa stasiun utama JR East di Tokyo, Sensai, Nagano, Niigata, Akita, Morioka, dan Aomori; serta di Narita Airport dan stasiun Monorail di Haneda Airport). Perhatian, JR East Pass ini hanya bisa dibeli oleh wisatawan asing yang pergi ke Jepang untuk tujuan wisata maupun melakukan kunjungan sementara.

Itu baru sebagian tiket terusan yang berlaku di daerah Hokkaido, dan Kanto & Tohoku. Untuk wilayah Kanto dan Jepang bagian barat, menyusul ya.. *tarik nafas dulu*

 

Note:
– Harga-harga diatas berdasarkan harga resmi per-Januari 2014. Bisa berubah sewaktu-waktu ya.. 🙂

 

baca juga :

Aneka Rail Pass Di Seluruh Jepang (2): Kanto, Hakone / Izu / Gunung Fuji, Chubu, Kansai

Aneka Rail Pass Di Seluruh Jepang (3-END): Western Japan, Chugoku, Shikoku, Kyushu, And Finally Tokyo Pass

Comments

comments