Dan inilah bagian terakhir dari Aneka Rail Pass di Seluruh Jepang..
Untuk bagian ini, saya ingin berbagi aneka rail pass yang berlaku di Western Japan, Chugoku, pulau Shikoku, dan pulau Kyushu. Sebagai penutup, ada juga aneka tiket terusan yang berlaku khusus di Tokyo. Jangan lupa baca bagian 1 dan bagian 2 juga ya..

WESTERN JAPAN (termasuk sebagian Chugoku, Shikoku dan Kyushu)

  • JR Sanyo-Shikoku-Kyushu Pass, adalah tiket unlimited untuk mengakses kereta JR (termasuk shinkansen dan limited express) yang berada di wilayah Jepang Barat. Tiket ini terbagi dalam 2 tipe, All Kyushu Version (¥25000) dan Northern Kyushu Version (¥22000) dengan masa berlaku 5 hari berturut-turut. Oya, tiket ini hanya dapat dibeli oleh wisatawan asing saja dan bisa ditemukan di berbagai stasiun utama yang ada di wilayah Jepang Barat, serta di berbagai agen wisata di luar Jepang.

 

CHUGOKU (prefektur Okayama, Hiroshima, Yamaguchi, Tottori, Shimane)

Chugoku Area [foto: Wikimedia common, via creative search]
Chugoku Area [foto: Wikimedia common, via creative search]
  • JR West Rail Pass Sanyo Area, adalah tiket unlimited untuk mengakses seluruh kereta JR (termasuk shinkansen Nozomi dan Mizuho) di sepanjang Sanyo Coast (termasuk Osaka dan Kyushu). Tiket ini hanya dapat dibeli oleh wisatawan asing, dan terdiri dari 2 tipe: 4 hari (¥20000) dan 6 hari (¥30000), disc 50% untuk anak usia 6-11 tahun. Tiket ini dapat dibeli via internet, atau melalui agen wisata di luar Jepang. Bisa juga dengan membeli langsung di stasiun kereta JR utama di daerah Kansai.
pulau Miyajima [foto: Xiquinhosilva] via creative commons
pulau Miyajima [foto: Xiquinhosilva] via creative commons
Kurashiki [foto: T-mizo] via creative commons
Kurashiki [foto: T-mizo] via creative commons
Hiroshima [foto: Xiquinhosilva] via creative commons
Hiroshima [foto: Xiquinhosilva] via creative commons

SHIKOKU (prefektur Kagawa, Ehime, Kochi, Tokushima)

Pulau Shikoku [foto: Wikimedia commons, via creative commons]
Pulau Shikoku [foto: Wikimedia commons, via creative commons]
  • All Shikoku Rail Pass, merupakan tiket unlimited untuk menjelajahi pulau Shikoku menggunakan kereta JR maupun non-JR dan juga tram. Tiket khusus untuk wisatawan asing ini terbagi dalam 4 tipe: 2 hari (¥6300), 3 hari (¥7200), 4 hari (¥7900), 5 hari (¥9700), dengan diskon 50% untuk anak usia 6-11 tahun. All Shikoku Rail Pass dapat dibeli di berbagai stasiun kereta seperti stasiun Takamatsu, Matsuyama, Tokushima, Kochi, dan Umeda (di Osaka); atau melalui internet.
  • JR Shikoku Free Kippu, merupakan tiket terusan untuk menggunakan seluruh kereta JR di pulau Shikoku. Tiket ini berlaku untuk 3 hari, dan harganya adalah ¥7850 (untuk usia 6-11 tahun) serta ¥15700 (untuk usia 12 tahun ke atas). Oya, jika kebetulan berwisata pada bulan kelahiran, sebaiknya Anda membeli Birthday Kippu saja. Birthday Kippu memiliki penawaran yang sama dengan JR Shikoku Free Kippu, namun harganya hanya ¥10000. 1 orang pendamping juga berhak membeli tiket yang sama sehingga jauh lebih hemat.
Iya Valley [foto: Maarten1979] via creative commons.
Iya Valley [foto: Maarten1979] via creative commons.
Marugame Castle [foto: Yoshikazu Takada] via creative commons.
Marugame Castle [foto: Yoshikazu Takada] via creative commons.
Chichu Art Museum di Naoshima [foto: Forgemind ArchiMedia] via creative commons.
Chichu Art Museum di Naoshima [foto: Forgemind ArchiMedia] via creative commons.

KYUSHU (prefektur Fukuoka, Saga, Nagasaki, Kumamoto, Oita, Miyazaki, Kagoshima, Okinawa)

Pulau Kyushu [foto: Wikimedia commons, via creative commons]
Pulau Kyushu [foto: Wikimedia commons, via creative commons]
  • Kyushu Rail Pass, adalah tiket unlimited untuk mengakses kereta JR (kecuali Sanyo Shinkansen) di pulau Kyushu. Tiket yang hanya dapat dibeli oleh wisatawan asing ini terbagi dalam 2 tipe: All Kyushu (¥14000 untuk 3 hari atau ¥17000 untuk 5 hari) dan Northern Kyushu (¥7000 untuk 3 hari dan ¥9000 untuk 5 hari). Perbedaan kedua tipe tersebut terletak pada coverage area-nya (All Kyushu meliputi seluruh Kyushu, sementara Northern Kyushu hanya di area tertentu saja). Kyushu Rail Pass ini dapat dibeli di luar Jepang (melalui internet maupun agen wisata) serta di beberapa stasiun JR di pulau Kyushu.

Itu hanya sebagian tiket rail pass yang terdapat di seluruh Jepang. Masih ada beberapa rail pass lainnya, namun tak semuanya memberikan penawaran yang betul-betul bagus untuk wisatawan asing (beberapa bahkan over price jika tidak digunakan secara maksimal). Tiket terusan yang sudah ditulis baru sebatas tiket kereta saja ya, belum termasuk tiket terusan untuk bus di berbagai kota di Jepang. Nah, sebagai penutup, berhubung sepertinya banyak Jalan2ers yang berminat untuk melakukan wisata ke Tokyo, berikut beberapa tiket terusan yang berlaku khusus di Tokyo:

  • Tokyo Free Kippu (dewasa ¥1580, anak-anak ¥790), adalah tiket terusan untuk naik seluruh kereta JR (kecuali kereta express) dan juga seluruh subway line yang dikelola oleh Toei dan Tokyo Metro. Tiket ini berlaku untuk 1 hari, dan juga dapat digunakan untuk naik bus dan streetcars (toden) yang dikelola oleh Toei. Hanya saja mengingat harganya yang agak tinggi, tiket ini baru jadi solusi hemat jika Anda betul-betul harus berpindah ke banyak tempat dalam sehari penuh. Jika ingin membeli tiket ini, bisa didapat di berbagai stasiun JR, stasiun subway/bus/streetcars milik Toei, serta di berbagai stasiun Tokyo Metro.
  • Suica & NEX, merupakan kombinasi antara kartu Suica (ket: prepaid card yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti beli tiket kereta, belanja, membeli di vending machine, dan sebagainya) dan kereta Narita Express. Tiket ini hanya dapat dibeli oleh wisatawan asing di Bandara Narita, dan terbagi dalam 2 tipe: one way version (¥3500 untuk kereta biasa, ¥5000 untukgreen car) dan round trip version (¥5500 untuk kereta biasa, ¥8000 untuk green car). One way version menawarkan perjalanan searah dari Narita ke Tokyo/Yokohama+kartu Suica senilai ¥2000 (¥500 untuk deposit yang bisa di refund), sedangkan round trip version menawarkan perjalanan bolak balik Narita-Tokyo/Yokohama+kartu Suica ¥2000 dalam jangka waktu 2 minggu.
  • Suica & Monorail, merupakan kombinasi antara tiket Tokyo Monorail dan Suica yang dapat dibeli di Bandara Haneda mulai pukul 11.00-18.00 (khusus untuk wisatawan asing). Terbagi dalam 2 tipe: one way version (¥2400) dan round trip version (¥2700). One way version menawarkan perjalanan searah dari Bandara Haneda ke Stasiun Hamamatsucho+kartu Suica senilai ¥2000 (¥500 untuk deposit, bisa di refund), sedangkan round trip version menawarkan perjalanan bolak balik dari Bandara Haneda ke Stasiun Hamamatsucho+kartu Suica ¥2000 dalam jangka waktu 10 hari.
  • Toei and Tokyo Metro One-Day Economy Pass (dewasa ¥1000, anak-anak ¥500), adalah tiket terusan untuk mengakses seluruh jalur subway (Toei dan Tokyo Metro) dalam 1 hari kalender (tidak berlaku untuk kereta JR maupun non-subway). Tiket ini menarik dipertimbangkan jika dalam sehari Anda pergi ke beberapa tempat hanya dengan menggunakan subway.
  • Tokyo Metro Open Ticket, yaitu tiket untuk menggunakan seluruh jalur subway yang dikelola oleh Tokyo Metro (tidak untuk jalur milik Toei dan kereta JR). Untuk tiket terusan 1 hari, harganya ¥710 (khusus untuk wisatawan asing ¥600, dapat dibeli di Bandara Narita dan Bandara Haneda); sedangkan tiket terusan 2 hari harganya ¥980. Untuk non-wisatawan asing (atau jika tidak sempat membeli di Bandara Narita maupun Haneda), tiket dapat dibeli di berbagai stasiun Tokyo Metro.
  • Tokunai Pass (dewasa ¥730, anak-anak ¥360), merupakan akses unlimited kereta JR (kecuali kereta express) di seluruh wilayah Tokyo (tidak berlaku untuk non-JR maupun subway). Tiket ini berlaku untuk 1 hari kalender dan dapat di beli di berbagai stasiun JR.
  • Toei One-Day Economy Pass (dewasa ¥700, anak-anak ¥360), merupakan tiket unlimited untuk mengakses seluruh jalur subway milik Toei (ada 4 jalur, tidak termasuk jalur yang dikelola oleh Tokyo Metro), Toei streetcars, dan bus yang dikelola oleh Toei. Tiket ini berlaku selama 1 hari, dan dapat dibeli di berbagai stasiun subway Toei maupun kantor bus/streetcar milik Toei.
  • Yurikamome One-Day Open Ticket (dewasa ¥800, anak-anak ¥400), merupakan tiket terusan untuk mengakses Odaiba. Tiket ini dapat dibeli di seluruh stasiun Yurikamome.

Fiuhhhh, akhirnya selesai juga.. haha..
Yak, kira-kira demikianlah aneka rail pass yang ada di seluruh Jepang. Mudah-mudahan cukup membantu Jalan2ers yang ingin menjelajah Jepang.

Feel free to comment, atau kalau mau menambahkan/mengkoreksi, monggo.. Untuk harga, sesuai dengan informasi yang didapat per-Januari 2014 dan dapat berubah sewaktu-waktu ya..

Comments

comments