fbpx
Home Guides Autumn In Korea: Kalender Festival Oktober + November

Autumn In Korea: Kalender Festival Oktober + November

Tulisan ini lanjutan dari tulisan berjudul Autumn in Korea: Kalender Festival Oktober. Seperti yang saya tulis disana, karena festival di bulan Oktober sangatlah banyak, maka dibagi dalam 2 bagian (bagian kedua digabung dengan festival bulan November). Dan inilah bagian 2 festival bulan Oktober.

8 – 12 Oktober 2014
  • 7080 Chungjang Recollection Festival

Lokasi: Chungjang-ro, Geumnam-ro, jalan Hwanggeum-ro, dan daerah “Art Street” di Gwangju
Alamat: 1, Seonam-ro, Dong-gu, Gwangju

Salah satu festival ternama di daerah Gwangju. Tema utama festival ini adalah mengangkat aneka hal yang berbau tahun 70-an dan 80-an yang ditampilkan dalam berbagai eksibisi, pertunjukan, dan kontes interaktif. Yang hobi bernostalgia, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi festival ini yah!

9 – 12 Oktober 2014
  • Jeongseon Arirang Festival

Lokasi: Jeongseon Public Stadium, Arari Park, Arari Village Area
Alamat: Bonggyang-ri, Jeongseon-eup, Jeongseon-gun, GAngwon-do
Akses: dari Dong Seoul Bus Terminal, naik intercity bus ke Jeongseon. Dari Jeongseon Terminal, naik taksi ke lokasi festival.

Festival ini mengangkat tema aneka variasi Arirang (lagu tradisional Korea) yang ada di provinsi Jeongseon, dengan tujuan untuk memperkenalkannya pada generasi masa kini. Selain menampilkan aneka pertunjukan nyanyian, festival ini juga diisi dengan berbagai program lainnya seperti gelaran pasar tradisional.

9 – 12 Oktober 2014
  • Haemieupseong Fortress Festival

Lokasi: Haemieupseong Fortress Area
Alamat: Eumnae-ri, Haemi-myeon, Seosan-si, Chungcheongnam-do
Akses: dari Seoul Nambu Terminal, naik express bus menuju Seosan Bus Terminal. Dari sana, naik bus 510, 511, atau 150 yang menuju Air Force dan turun di Haemi Terminal Bus Stop. Selanjutnya tinggal jalan kaki ±300 meter menuju lokasi acara.

Festival ini digelar di salah satu benteng yang paling utuh di Korea Selatan. Usianya sudah mencapai 600 tahun lho, karena sudah dibangun sejak periode Joseon. Jadi bisa dibayangkan jika festival ini pastilah kental dengan atmosfir sejarah, sehingga menarik dikunjungi oleh wisatawan yang suka dengan wisata masa lalu.

Ada banyak program menarik di festival ini, mulai dari program bertema budaya (seperti pertunjukan aneka budaya lokal), program aktifitas (pengenalan alam, pengenalan tentang Haemieupseong dan sebagainya), hingga program lainnya seperti perburuan harta karun, festival kembang api, dan banyak lagi.

10 – 12 Oktober 2014
  • Dongnaeeupseong History Festival

Lokasi: Dongnae Culture Center, pintu utara Dongnaeepseong, Oncheonjang
Alamat: 80, Munhwa-ro, Dongnae-gu, Busan
Akses: dari Exit 2 di Stasiun Myeongnyun (via Busan Subway Line 1), paling mudah menggunakan taksi menuju venue acara.

Salah satu festival terbaik di Busan ini mengangkat tema berbagai tradisi yang ada di Dongnae County. Fokus utamanya adalah semangat kepahlawanan, sehingga acara ini kental dengan unsur edukasi dan hiburan bertema tersebut.

15 – 19 Oktober 2014
  • Ganggyeong Fermented Seafood Festival

Lokasi: Ganggyeong port, Jeotgal Market, Jeotgal Exhibition Hall, dsb
Alamat: 7-49, Geumbaek-ro, Ganggyeong-eup, Nonsan-si, Chungcheongnam-do
Akses: dari Stasiun Ganggyeong, jalan kaki 550 meter menuju laut, lalu belok kiri dan lanjutkan jalan 100 meter.

Sudah sejak lama Ganggyeong terkenal akan pasar asinan seafood-nya yang konon adalah yang terbesar di Korea Selatan. Adapun festival ini sejatinya bertujuan mempromosikan aneka produk lokal, dan tentu saja ada diskon khusus (30-40%) untuk pembelian selama periode festival.

22 – 26 Oktober 2014
  • Icheon Rice Cultural Festival

Lokasi: Seolbong Park area
Alamat: 167-29, Gyeongchung-daero 2697beon-gil, Icheon-si, Gyeonggi-do
Akses: dari Icheon Bus Terminal, naik shuttle bus ke lokasi acara.

Icheon Rice Culture Festival ini bertujuan untuk merayakan dan mempromosikal produk pertanian di daerah Icheon, yang memang dikenal sebagai salah satu penghasil beras terbaik di Korea Selatan. Festival ini akan dimeriahkan dengan parade yang merekonstruksi kisah perjalanan beras menuju Hanseong (nama lama kota Seoul) untuk dipersembahkan pada raja, dan juga berbagai pertunjukan lainnya.

24 Oktober – 2 November 2014
  • Changwon Gagopa Chrysanthemum Festival

Lokasi: Masanhang Port, Wharf 1
Alamat: 46-3, Wollam-dong 1-ga, Masanhappo-gu, Changwon-si, Gyeongsangnam-do
Akses: naik express bus ke Masan Express Bus Terminal, dilanjutkan dengan naik taksi ke lokasi festival.

Tak heran jika festival Chrysanthemum ini diadakan di Changwon (Masan), karena daerah ini memang diakui sebagai salah satu perkebunan krisan terbesar di Korea Selatan. Festival ini sendiri akan menampilkan berbagai program yang berkaitan dengan krisan, dan dimeriahkan juga dengan aneka pertunjukan hiburan.

NOVEMBER

(tanggal tentatif)

  • Sunchang Fermented Soybean Festival

Lokasi: Sunchang Traditional Red Pepper Paste Folk Village
Alamat: 56-1, Jangnyu-gil, Sunchang-eup, Sunchang-gun, Jeollabuk-do
Akses: dari Seoul Central City Bus Terminal, naik intercity bus ke Sunchang. Dari Sunchang Bus Terminal, naik local bus atau taksi ke Gochujang Village.

Festival tahunan ini digelar di Sunchang, kota yang dikenal sebagai kota panjang umur dan kesehatan. Bintang utama festival ini adalah hot pepper sauce khas Sunchang yang dipercaya memiliki banyak khasiat kesehatan dan dulunya biasa disantap oleh keluarga kerajaan pada Dinasti Joseon. Di festival ini, selain dapat melihat-lihat berbagai eksibisi hot pepper sauce, pengunjung juga dapat ikut dalam berbagai kompetisi maupun melihat-lihat berbagai pertunjukan yang melibatkan selebriti.

7 – 10 November
  • Bangeo Festival

Lokasi: Moseulpohang Port
Akses: dari Jeju International Airport, naik bus 100 ke Jeju Intercity Bus Terminal, dilanjutkan dengan naik bus “Pyeonghwa-ro” route dan turun di Moseulpo

Salah satu festival musim gugur populer di pulau Jeju. Di festival ini pengunjung diajak untuk menangkap Bangeo Fish, atau ikan ekor kuning, yang banyak terdapat di area sekitar lokasi festival. Pengunjung juga dapat menikmati sajian aneka ikan segar, mencicipi berbagai kuliner, dan tentu saja menikmati keindahan pulau Jeju.

Jeju’s Bangeo Festival via Cheeney Roa/flickr
Jeju’s Bangeo Festival via Cheeney Roa/flickr

***

Demikian aneka info kalender wisata di musim gugur. Tunggu rekomendasi tempat terbaik untuk menikmati musim gugur di Korea Selatan dalam tulisan selanjutnya ya.

 

baca juga :

Autumn In Korea, Saatnya Kulineran!

Autumn In Korea, Main Kemana Ya?

Winter In Korea, Saatnya Main Salju!

Comments

comments