fbpx
Home Guides Autumn In Korea: Kalender Festival Oktober

Autumn In Korea: Kalender Festival Oktober

Kemarin kalender festival untuk bulan September sudah saya tulis disini, jadi kali ini giliran kalender festival di bulan Oktober. Hanya saja, ternyata festival di bulan Oktober ini jumlahnya lumayan bikin mata melotot.

Buanyak benerrrrr! Nggak seimbang jika dibandingkan dengan bulan November yang irit festival. Jadi kemungkinan festival Oktober ini akan saya bagi dalam 2 sesi (sesi 2 digabungkan dengan bulan November). Seperti biasa, tanggal pelaksanaan dapat berubah sewaktu-waktu. Selalu usahakan untuk double atau malah triple check sebelum dimasukkan dalam itinerary wisata.

1 – 5 Oktober 2014
  • Gimje Horizon Festival

Lokasi: Gimje-si
Alamat: Sinnyong-ri, Buryang-myeon, Gimje-si, Jeollabuk-do
Akses: Naik kereta ekspress ke Stasiun Gimje. Dari sana, naik shuttle bus menuju lokasi festival.

Festival ini termasuk salah satu festival musim gugur utama di Korea Selatan yang diadakan di Gimje. Bagi yang belum tahu, Gimje merupakan nama tempat yang dikenal sebagai “tempat pertemuan antara langit dan bumi” alias horison. Adapun festival ini akan menampilkan berbagai program menarik seperti parade, pertunjukan budaya tradisional, aneka permainan, pengenalan kehidupan pertanian, dan banyak lagi.

1 – 13 Oktober
  • Jinju Namgang Yudeung (Lantern) Festival

Lokasi: area sungai Namgang
Alamat: 626, Namgang-ro, Jinju-si, Gyeongsangnam-do
Akses: naik intercity bus ke Jinju Intercity Bus Terminal. Keluar dari pintu yang menghadap sungai, selanjutnya tinggal jalan kaki 5 menit ke lokasi festival.

Festival ini bertujuan untuk mengenang strategi militer yang digunakan saat invasi bangsa Jepang ke Korea (tahun 1592), yaitu menggunakan nyala lentera untuk mencegah tentara Jepang menyeberangi sungai Namgang.

Highlight utama festival ini adalah menyalakan lentera di sepanjang sungai yang menyimbolkan pengharapan dari penduduk di sekitar sungai Namgang. Tentu saja ada berbagai event lainnya seperti pameran lentera, pertunjukan kembang api, dan sebagainya.

Jinju Namgang Yudeung Festival [foto: Eimoberg/flickr]
Jinju Namgang Yudeung Festival [foto: Eimoberg/flickr]
Jinju Namgang Yudeung Festival [foto: Eimoberg/flickr]
Jinju Namgang Yudeung Festival [foto: Eimoberg/flickr]
2 – 5 Oktober 2014
  • Hanseong Baekje Cultural Festival

Lokasi: area di Olympic Park
Alamat: 424, Olympic-ro, Songpa-gu, Seoul
Akses: via Exit 1 di Stasiun Mongchontoseong (Seoul Subway Line 8)

Festival ini mengangkat tema budaya tradisional Seoul, khususnya pada periode Hanseong Baekje (tahun 18 sebelum masehi hingga 275 masehi). Seperti halnya festival sejarah lainnya, ada banyak acara menarik di festival ini. Pertunjukan tradisional? Ada. Parade? Ada. Pertunjukan kembang api? Aneka kuis? Panggung hiburan? Seminar? Semua yang bisa dibayangkan dalam sebuah festival bisa ditemukan disini, sehingga Hanseong Baekje Cultural Festival ini menarik dikunjungi bagi wisatawan yang akan berwisata ke Seoul.

2 – 9 Oktober 2014
  • Sancheong Medicine Herb Festival

Lokasi: Sancheong-eup Gyeonghogang River area
Alamat: 555, Donguilbogam-ro, Geumseo-myeon, Sangcheong-gun, Gyengsangnam-do
Akses: dari Seoul Nambu Terminal, naik intercity bus ke Sancheong Bus Terminal, dilanjutkan dengan jalan kaki 10 menit ke lokasi festival.

Satu lagi festival bertema herbal di Korea Selatan. Bedanya, festival ini mengkhususkan pada aneka herbl yang berasal dari pegunungan Jirisan. Bagi yang tertarik dengan pengobatan tradisional, berkunjung ke festival ini membuka kesempatan untuk dapat sample obat herbal secara cuma-cuma, maupun membeli aneka obat herbal dengan harga yang sangat miring ke bawah.

3 – 5 Oktober 2014
  • Jarasum International Jazz Festival

Lokasi: pulau Jaraseom, Stasiun Gapyeong, dan area downtown Gapyeong
Alamat: Jaraseom Island, Gapyeong-eup, Gapyeong-gun, Gyeonggi-do
Akses: 15 menit jalan kaki dari Stasiun Gapyeong, atau 10 menit jalan kaki dari Gapyeong Intercity Bus Terminal
Harga tiket: KRW35000* (advanced ticket), KRW40000* (onsite ticket)

Festival jazz tahunan ini selalu berhasil menarik lebih dari 100000 pengunjung per-tahunnya. Selain faktor banyaknya musisi jazz yang berpartisipasi dalam event ini, point menarik dari Jarasum International Jazz Festival ini terletak pada faktor lokasinya yang diselenggarakan di pulau Jaraseom yang indah.

3 – 12 Oktober 2014
  • Paju Booksori Festival

Lokasi: Paju Book City
Alamat: 145, Hoedong-gil, Paju-si, Gyeonggi-do

Festival ini sebetulnya terbilang baru karena baru dimulai pada tahun 2011. Namun Paju Booksori Festival segera menjadi festival buku terbesar di Asia. Setiap pelaksanaannya melibatkan lebih dari 100 penerbit dan berbagai organisasi yang berkaitan dengan dunia penerbitan. Pada periode festival ini akan ada banyak eksibisi, bazar, even internasional, pasar buku, seminar, dan tentu saja pertunjukan hiburan.

5 – 9 Oktober 2014
  • Gwangju World Kimchi Culture Festival

Lokasi: Jungeo Park
Alamat: 50, Haseo-ro, Buk-gu, Gwangju
Akses: Dari stasiun Yongsan atau stasiun Seoul, naik kereta ke Stasiun Gwangju. Dari stasiun Gwangju, naik bus Yongbong 83 atau taksi ke Jungoe Park.

Tahu kimchi kan? “Kim” yang paling terkenal di Korea tersebut merupakan acar khas Korea yang sudah dianggap sebagai makanan nasional. Nah, di festival ini pengunjung bisa melihat beragam varian kimchi, mencoba membuat kimchi, maupun sekedar melihat-lihat berbagai pertunjukan seru lainnya.

Gwangju World Kimchi Culture Festival [foto: Kimchigwangju/flickr]
Gwangju World Kimchi Culture Festival [foto: Kimchigwangju/flickr]
Gwangju World Kimchi Culture Festival [foto: Kimchigwangju/flickr]
Gwangju World Kimchi Culture Festival [foto: Kimchigwangju/flickr]
Gwangju World Kimchi Culture Festival [foto: Kimchigwangju/flickr]
Gwangju World Kimchi Culture Festival [foto: Kimchigwangju/flickr]
Gwangju World Kimchi Culture Festival [foto: Kimchigwangju/flickr]
Gwangju World Kimchi Culture Festival [foto: Kimchigwangju/flickr]
8 – 12 Oktober 2014

  • Suwon Hwaseong Cultural Festival

Lokasi: Suwon Hwaseong, Hwaseong Haenggung Palace
Alamat: 15, Sinpung-ro 23beon-gil, Paldal-gu, Suwon-si, Gyeonggi-do
Akses: Dari Exit 6 di Stasiun Suwon (via Seoul Subway Line), pergilah menuju Yeokjeon Market bus stop. Dari sana, naik bus no 7, 7-2, atau 32-1 dan turun di Hwaseong Fortress. Selanjutnya susuri jalan hingga mencapai pertigaan, belok kanan dan cari lokasi festival.

Festival ini bertujuan untuk memperingati Suwon Citizen’s Day di wilayah Suwon. Terdapat berbagai program seru seperti parade, aneka pertunjukan budaya, festival lentera, dan banyak lagi. Point menarik dari acara ini adalah karena diadakan di Hwaseong Fortress, sebuah benteng yang sudah diakui sebagai UNESCO World Cultural Heritage dan menjadi salah satu atraksi wisata menarik di Korea Selatan.

[bersambung]

***

* Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
** Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

 

baca juga :

Autumn In Korea, Main Kemana Ya?

Autumn In Korea: Kalender Festival Oktober + November

Autumn In Korea, Saatnya Kulineran!

Comments

comments