Punya rencana untuk wisata ke Jepang dan mengunjungi beberapa kota sekaligus? Pertimbangkan untuk membeli aneka tiket diskon dan aneka tiket terusan untuk mengakses berbagai moda transportasi di Jepang.

Aneka tiket tersebut tidak hanya akan memudahkan kalian yang ingin bepergian dari satu tempat ke tempat lain, namun dengan perencanaan yang tepat, kalian bisa mendapatkan banyak manfaat dari tiket tersebut. Salah satunya adalah harga diskon yang cukup signifikan. Artikel Lain Aneka Free Pass (Part1, Part 2 & Part 3)

Ada banyak tiket terusan (atau freepass) yang berlaku di Jepang. Sebagian besar pernah saya bagikan dalam seri tulisan berikut ini: Namun jujur saja, tidak semua rail pass yang ada dalam daftar tersebut bermanfaat untuk wisatawan karena sifatnya yang regional, dan untuk beberapa kasus, harganya terlalu mahal jika dibandingkan. Berikut ini beberapa tiket terusan yang wajib dipertimbangkan oleh wisatawan yang ingin berwisata ke Jepang dan memiliki rencana untuk mengunjungi beberapa kota sekaligus.

1. JR Passjapan_rail_passes

Dari seluruh tiket terusan yang berlaku di Jepang, JR Pass ini mungkin yang paling populer di kalangan turis asing. JR Pass, atau Japan Rail Pass, merupakan sebuah tiket terusan untuk naik kereta JR di seluruh Jepang, termasuk shinkansen (kecuali untuk shinkansen tercepat seperti Nozomi dan Mizuho); sehingga JR Pass ini sangat efektif bagi mereka yang ingin berwisata ke beberapa kota.

Hanya saja JR Pass ini harganya memang relatif mahal jika dibandingkan dengan tiket terusan lainnya. Berikut tabel harga untuk JR Pass dengan masa berlaku 7 hari berturut-turut, 14 hari, dan 21 hari:

7 hari: 29,110 yen* (kelas biasa), 38,880 yen* (green car/first class)
14 hari: 46,390 yen* (kelas biasa), 62,950 yen* (green car)
21 hari: 59,350 yen* (kelas biasa), 81,870 yen* (green car)
Diskon 50% untuk anak usia 6-11 tahun.

Mengingat harganya yang lumayan mahal, JR Pass ini sebaiknya hanya dibeli jika wisatawan berencana berwisata lebih dari 1 kota, dan akan menggunakan shinkansen selama beberapa kali. Jika hanya berwisata dalam kota, JR Pass ini kurang efektif dan bahkan akan memboroskan anggaran wisata.

2. Seishun 18 Kippu

Seishun 18 Kippu, via japon.dokokade
Seishun 18 Kippu, via japon.dokokade

Seishun 18 Kippu, secara harfiah dapat diterjemahkan menjadi “Youthful 18 Ticket†, merupakan salah satu tiket yang sangat layak dipertimbangkan oleh wisatawan yang akan berwisata ke Jepang.

Tiket ini merupakan tiket terusan untuk naik kereta JR (khusus kereta lokal dan rapid) di seluruh Jepang secara unlimited. Harganya terbilang murah, yaitu 11,850 yen* untuk masa berlaku 5 hari. Itu artinya kalian dapat mengelilingi Jepang dengan biaya 2,370 yen* saja per-harinya! TokyoKyoto maupun Tokyo-Hokkaido hanya dengan 2 ribuan yen saja? Cukup menggoda, bukan?

Keuntungan lain dari Seishun 18 Kippu, adalah tiket ini dapat digunakan oleh lebih dari 1 orang, baik secara bergantian maupun secara bersama-sama. Setiap harinya, tiket ini akan diberi cap (atau dapat di cap sesuai dengan jumlah pengguna yang menggunakan tiket ini secara bersama-sama).

Dalam satu tiket, maksimal ada 5 cap yang bisa dikumpulkan sehingga ada banyak skenario untuk menggunakan tiket ini. Sayangnya, tiket Seishun 18 Kippu ini hanya dijual dalam periode tertentu saja, yaitu pada musim semi (penjualan: 20 Februari – 31 Maret, masa berlaku: 1 Maret – 10 April), musim panas (penjualan: 1 Juli – 31 Agustus, masa berlaku: 20 Juli – 10 September), musim dingin (penjualan: 1-31 Desember, masa berlaku: 10 Desember – 10 Januari).

3. Japan Bus Pass

Bus Willer Express, via wikipedia
Bus Willer Express, via wikipedia

Tiket lain yang wajib dipertimbangkan saat akan berwisata ke Jepang adalah Japan Bus Pass. Tiket ini merupakan tiket terusan yang dikeluarkan oleh Willer Express dan dapat digunakan untuk naik bus yang dioperasikan oleh Willer Express, termasuk bus siang, bus malam, dan highway bus.

Tiket ini tergolong ekonomis, yaitu mulai dari harga 10,000 yen* (untuk 3 hari) dan 15,000 yen* (untuk 5 hari), dan dapat digunakan dalam waktu 2 bulan sejak tanggal pembelian. Detail tentang Japan Bus Pass dapat dibaca disini:

4. JR East Pass

 

JR East Pass, via discuss
JR East Pass, via discuss

Jika kalian berencana untuk bepergian ke beberapa kota namun JR Pass dirasa terlalu mahal, cobalah untuk mengecek daftar kota yang akan kalian kunjungi. Jika kota-kota tersebut masih termasuk dalam wilayah Kanto, Koshinetsu, dan Tohoku, cobalah untuk melirik JR East Pass.

Tiket ini dapat digunakan untuk naik seluruh kereta JR, termasuk shinkansen, di ketiga wilayah tersebut. Harganya relatif lebih terjangkau dibanding JR Pass, yaitu 22,000 yen* untuk 5 hari (fleksibel, asalkan digunakan dalam range waktu 14 hari).

5. Tokaido-Sanyo Shinkansen Tourist Pass

Tokaido-Sanyo Shinkansen Tourist Pass, via tiewyeepoon
Tokaido-Sanyo Shinkansen Tourist Pass, via tiewyeepoon

Tiket ini termasuk salah satu tiket terusan terbaru karena baru dijual pada bulan Oktober 2014 dan hanya tersedia hingga bulan Juni 2015. Tiket khusus untuk wisatawan asing ini dijual dengan harga 35,000 yen* dan dapat digunakan selama 5 hari berturut-turut.

Harganya memang terbilang tinggi jika dibandingkan JR Pass, namun tiket ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain wisatawan dapat mengakses shinkansen Nozomi dan Mizuho (yang tidak dapat diakses menggunakan JR Pass), bebas menggunakan kereta JR lokal dan rapid di Osaka, mengakses beberapa moda transportasi non-kereta di beberapa kota, dan sekaligus termasuk tiket masuk untuk masuk ke beberapa obyek wisata di jalur Tokaido-Sanyo Shinkansen. Detailnya akan saya rinci lebih lanjut dalam tulisan terpisah.

Semoga bermanfaat!

 

*Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

Comments

comments