Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Mawlamyine (Part 2)

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Mawlamyine, Myanmar

Time :

Mawlamyin (How to Get There) II

Selain menggunakan bis antar kota, rute Yangon – Mawlamyin juga bisa di tempuh dengan menaiki kereta api dan pesawat udara. Ada banyak destinasi menarik di Mawlamyin yang kerap dijadikan tujuan utama para turis mancanegara yang menjelajahi Myanmar dengan menggunakan Yangon sebagai lokasi awal perjalanan.

Hingga saat ini, dibandingkan kota-kota lain seperti Mandalay atau Mawlamyin, maskapai-maskapai penerbangan dari luar negeri memang masih banyak yang menjadikan Yangon bagian dari rute Internasional mereka. Untuk mencapai kota-kota dan kawasan lain, bis antar kota dan kereta api masih jadi moda transportasi andalan warganya. Meski sangat jarang, namun ada juga beberapa kota yang dihubungkan oleh sebuah rute pesawat udara.

Kereta Api

Stasiun kereta api di Mawlamyini sendiri selesai pembangunannya pada tahun 2006. Ini menjadikan kota tersebut bisa diakses dengan kereta dari Yangon dengan lebih mudah.

Kereta yang akan memasuki Mawlamyin akan berjalan diatas sebuah lintasan yang parallel dengan Thanwlin Bridge sebelum nantinya memasuki pemberhentiannya di kawasan Myay Ni Gone. Ada dua jadwal keberangkatan kereta dari kota Yangon menuju Mawlamyin yang bisa di pilih. Kereta pertama berangkat pada pukul 06.00 pagi dan tiba di Mawlamyin pada pukul 03.30 keesokan harinya. Jadwal kereta kedua berangkat pada pukul 07.15 pagi dan tiba di Mawlamyin pada pukul 06.30 keesokan harinya.

Ada 2 pilihan kelas yang bisa dipilih yaitu Upper Class (kelas eksekutif) dan Ordinary Class (kelas standard). Wisatawan mancanegara biasanya lebih sering menggunakan kelas eksekutif. Namun kelas eksekutif kereta Myanmar berbeda dengan kelas eksekutif kereta-kereta di Indonesia yang tempat duduknya lebih lapang, nyaman dan gerbongnya ber-AC. Bisa dibilang kelas standard kereta di Indonesia adalah kelas eksekutif kereta di Myanmar.

Meski di dalam gerbong-gerbongnya terdapat AC, biasanya pendingin ruangan tersebut tidak berfungsi. Jika berfungsi biasanya udara yang dihasilkan tidak dingin. Malahan banyak penumpang yang akhirnya membuka jendelanya dan menjadikan kondisi gerbong menjadi lebih panas.

Tiket akan di beri tanda nomor gerbang (1,2,3,4 dst), dan juga abjad tempat duduk (A1, B1, C1, D1) . Nomor menentukan baris tempat duduk penumpang dan abjad menentukan posisi duduk. A dan D adalah tempat duduk yang berada di dekat jendela, sedangakan B dan C adalah tempat duduk yang berada di pinggir jalan (aisle).

Jika ingin kembali menggunakan kereta di perjalanan pulang menuju Yangon, juga terdapat 2 jadwal pemberangkatan yang bisa di pilih. Kereta pertama menuju Yangon berangkat pada pukul 06.00 pagi dan tiba di Yangon pada pukul 03.45 keesokan harinya. Selain itu ada juga kereta yang berangkat pada pukul 10.00 pagi dan tiba di stasiun kereta Yangon pada pukul 08.00 kesokan harinya.

Kereta yang berangkat pada pukul 06.00 dari Mawlamyin hanya melakukan dua kali pemberhentian, yaitu di Thaton dan di Kyaiktiyo. Karenanya kereta ini tiba lebih cepat. Untuk membeli tiket kereta, wisatawan akan diminta untuk menujukkan passport. Harga tiket Mawlamyine – Yangon dijual seharga US $16* untuk kelas eksekutif. Tiket ini bisa di dapatkan di loket 7 stasiun Mawlamyin, persisnya di sebealah barat staisun. Tiket biasanya bisa di beli sehari sebelum pemberangkatan, namun untuk aman nya sebaiknya di beli 3 hari sebelum keberangkatan.

Pesawat Udara

Di Myanmar, Mawlamyine adalah salah satu destinasi wisata yang jaraknya terlalu dekat untuk di tempuh lewat perjalanan udara namun terlalu jauh jika di tempuh dengan berkendara di darat. Hal ini terjadi karena kota tersebut berada di sepanjang Teluk Mottama. Jika di tarik garis lurus dari Yangon ke Mawlamyin, jaraknya sebenarnya hanya 160-an KM, namun jika berkendara jarak tersebut menjadi 280 KM jauhnya.

Lewat udara, perjalanan ke Mawlamyin dari Yangon memakan waktu tempuh sekitar 40 menit. Hanya ada satu maskapai penerbangan udara yang melayani rute penerbangan ini. Maskapai penerbangan bernama Myanma Airways tersebut di miliki oleh pemerintah Myanmar dengan armada pesawat AVIC MA60.

Pesawat modern ber kapasitas 56 orang penumpang ini mampu terbang dengan kecepatan 450 KM/jam diatas ketinggian 25,000 kaki diatas permukaan laut. Pesawat MA60 juga memiliki instrument canggih berupa Universal Flight Management System serta mesin Whitney PW 127 yang masing-masingnya bisa menghasilkan 2750 tenaga kuda.

Dari Yangon, ada dua jadwal keberangkatan pesawat menuju Mawlamyin, yaitu pada hari Kamis dan Sabtu. Di kedua hari tersebut pesawat berangkat pada sekitar pukul 10.30 pagi. Harga tiketnya berkisar US $50 per-penumpang*. Bagi wisatawan yang ingin kembali menuju Yangon dari Mawlamyin, di sarankan untuk menggunakan kereta atau bis antar kota karena bila menaiki pesawat rutenya harus menyinggahi Kawthaung.

Mau tidak mau, penumpang harus membeli tiket dengan harga yang lebih mahal, yaitu US $133 per-penumpang*. Waktu tempuh dari Mawlamyin ke Kawthaung sendiri adalah kurang dari 2 jam perjalanan.

Namun jika terpaksa harus menggunakan pesawat untuk kembali ke Yangon, tiket nya bisa di dapatkan di: Mayanma Airway yang kantornya berada di 5 Thit Taw Yone Street (dekat dengan Myoma Tadar Street). Kantor maskapai penerbangan tersebut juga berada tak jauh dari Aurora Guest Hotel.

*harga bisa berubah sewaktu-waktu

Place Tags: Mawlamyine and myanmar.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image