Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Tam-Awan Village (Part 2)

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Long Long Benguet Rd, Baguio City, Philippines

Time :

Tam-Awan Village

Bila bagian dinding rumah Igorot dibuat dengan menggunakan bambu, maka bagian atapnya digunakan bahan alami lain yang juga dapat dengan mudah ditemukan di alam. Atap rumah ini dibuat dari daun yang dikeringkan. Daun ini kemudian disatukan dengan potongan bambu panjang yang selanjutnya dipasang pada bagian atap.

Rumah tradisional yang ditemukan oleh pengunjung di Tam-Awan Village berdiri diatas daratan yang berbukit-bukit. Masyarakat Igorot memang dikenal sebagai “orang gunung” yang mendirikan rumah mereka di wilayah pegunungan yang terdapat di region administratif Cordillera.

Ini adalah region yang mencakup sebagian besar area dalam wilayah pegunungan Cordillera Central, yaitu deretan gunung terbesar yang ada di Filipina dan merupakan satu-satunya region di Filipina yang dikelilingi oleh daratan.

Chanum Foundation mendirikan Tam-Awan Village dengan tujuan untuk memberikan pengalaman berkunjung ke desa penduduk asli bagi masyarakat yang tidak mempunyai kesempatan untuk mengekplorasi berbagai bagian berbeda dari region Cordillera yang luas.

Yayasan ini membangun berbagai rumah yang mengisi desa mengikuti gaya rumah tradisional yang biasanya digunakan oleh masyarakat Igorot. Rumah tersebut dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti galeri seni yang menampilkan berbagai macam aktifitas dan budaya dari masyarakat Igorot.

Ada beberapa rumah Igorot yang terdapat di desa, dimana pengunjung bisa melihat kurang-lebih bagaimana komunitas di wilayah pegunungan dibangun. Di tempat ini pengunjung akan mendapatkan kesempatan untuk menaiki tangga kayu dan melihat kedalam setiap rumah. Setidaknya bisa diperoleh gambaran kasar bagaimana masyarakat Igorot pernah tinggal di masa lalu.

Rumah Igorot yang ada di Tam-Awan Village dibangun secara berkelompok. Kelompok rumah ini tersebar di daratan miring. Pengunjung harus melewati jalan setapak yang menanjak untuk berpindah dari satu rumah ke rumah lainnya. Bila seseorang tidak terlalu terbiasa dengan udara dingin kota Baguio , maka mungkin agak kesulitan untuk melewati jalan setapak ini. Bila memang demikian, maka sebaiknya berhenti sebentar untuk beritirahat dan mengatur nafas sebelum beranjak ke rumah Igorot selanjutnya.

Ada 1 unit rumah Igorot yang berada di titik tertinggi yang terdapat di titik tertinggi Tam-Awan Village. Jika pengunjung berhasil sampai di titik tersebut dengan melewati jalan setapak yang menanjak, maka dia akan memperoleh pemandangan yang luas ke lingkungan yang ada disekitarnya.

Bahkan pengunjung bisa melihat provinsi La Union yang bertetangga dengan kota Baguio yang berada di provinsi Benguet dari puncak desa ini. Bila pengunjung memalingkan pandangan matanya ke arah barat, maka mereka bisa menyaksikan Teluk Lingayen.

Puncak Tam-Awan Villa bisa ditutupi oleh kabut bila sore hari tiba. Oleh karena itu bila berencana untuk naik hingga ke puncak, sebaiknya atur waktu jauh sebelum sore hari tiba. Jika tidak maka penglihatan di puncak desa akan menjadi terbatas, karena tertutup dengan lapisan kabut yang tebal.

Tentu saja pengunjung tidak harus sampai ke puncak untuk melihat pemandangan yang ada disekeliling, namun desa ini juga dipenuhi dengan pohon pinus. Jadi puncak desa merupakan titik dengan tingkat visibilitas yang paling baik di tempat ini.

Salah satu rumah tradisional Igorot yang ada di Tam-Awan Village difungsikan sebagai toko suvenir. Ada beberapa produk kerajinan tangan yang bisa diperoleh di toko ini. Bila ingin mengetahui lebih lanjut informasi mengenai masyarakat Igorot, maka pada toko yang sama tersedia beberapa buku yang menceritakan mengenai budaya dan tradisi masyarakat Igorot.

Selain berfungsi sebagai toko, pada rumah yang sama pengunjung juga akan mendapati kantor informasi untuk Tam-Awan Village. Disini pengunjung bisa menemui petugas untuk memperoleh beberapa informasi yang ingin mereka ketahui mengenai Tam-Awan Village maupun mengenai masyarakat Igorot itu sendiri.

Udara yang melingkupi Tam-Awan Village bisa menjadikan tubuh agak menggigil. Terutama setelah berkeliling ke rumah-rumah hingga sampai ke titik puncak desa. Menikmati minuman hangat sepertinya menjadi ide yang sangat baik. Pengunjung bisa memperoleh minuman semacam kopi hangat yang dijual di Tam-Awan Village untuk menghangatkan tubuh.

Tam-Awan merupakan desa dengan corak masyarakat Igorot. Pembangunan desa ini sendiri dimulai oleh Chanum Foundation pada tahun 1998. Pada saat baru selesai dibangun, belum banyak orang yang mengetahui mengenai keberadaan tempat ini, bahkan bagi masyarakat kota Baguio sendiri.

Seiring dengan berjalannya waktu, tempat ini semakin dikenal dan pada akhirnya menjadi salah satu tujuan wisata yang bisa dikunjungi selama berada di kota Baguio. Katanya sih kopi yang disajikan disini merupakan kopi asli yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Igorot.

Tidak jauh dari Tam-Awan Village, tepatnya didepan desa ini pengunjung bisa menemui galeri dari salah satu seniman Filipina bernama Villanueva yang mempunyai keahlian dalam memahat dan melukis.

Dia diketahui menjabat sebagai presiden dari komunitas pemahat Filipina dan sebagai direktur seni untuk Ephpheta Foundation. Dia juga diketahui menjabat sebagai bendahara-presiden untuk asosiasi seni Internasional yang merupakan bagian dari UNESCO.

Lokasinya yang berhadapan dengan Tam-Awan Village menjadikan galeri Villanueva sering disinggahi oleh pengunjung yang baru pulang dari desa wisata Igorot. Villanueva menerima siapa saja yang ingin datang dan menemuinya di galeri miliknya.

Selain galeri, Villanueva juga mendirikan bengkel seni, kafe, dan tempat tinggal pada tempat yang sama. Itu adalah tempat tinggal yang dipilih oleh Villanueva setelah pensiun setelah bekerja sebagai pengajar di Ateneo de Manila University.

Place Tags: baguio and Tam-Awan Village.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image