Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Goa Maria Palasari

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Banjar Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Pulau Bali

Time :

Berbagai macam objek wisata bisa dijumpai di Pulau Dewata Bali mulai dari pantai-pantainya yang indah dan mengesankan, gunungnya yang menjulang dan hijau, hutannya yang asri dan alami, sungainya yang eksotis dan bersih, museum, goa, air terjun dan lainnya.

Kesemunya itu semakin dilengkapi dengan fasilitas penunjang kewisataan yang akan semakin membuat setiap wisatawan merasa betah dan terhibur, semisal hotel, tempat hiburan malam, taman satwa, dan lainnya. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk menginjakkan kaki di Pulau Dewata tinggal pilih akan mengunjungi objek wisata yang mana, yang sesuai dengan keinginan Anda dan keluarga.

Tak semua kalangan wisatawan menghendaki melakukan kunjungan wisatawan ke pantai-pantai, sungai dan tempat lainnya yang selama ini dianggap mainstream. Banyak juga diantara mereka yang malah memilih tempat-tempat wisata alternatif dan bisa dianggap kurang populer dikalangan wisatawan semisal goa, museum, candi dan lainnya.

Namun demikian mengunjungi tempat-tempat wisata alternatif tak kalah seru dan menghiburnya, bahkan bisa sekalian menambah pengetahuan. Berwisata ke museum misalnya, selain Anda bisa mengobati fikiran yang stres juga bisa mengetahui berbagai cerita kesejarahan yang terkandung dibalik benda-benda yang disimpan di museum tersebut sehingga keuntungannya menjadi dobel.

Dan bicara soal kewisataan alternatif, ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi sebagaimana yang dijelaskan diatas. Salah satunya ialah Goa Maria Palasari yang semakin kesini makin banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Kunjungan kalangan pelancong yang terus menaik dimulai dari tahun 2000-an itu membuat Pastor Paroki ketika itu yakni Romo Laurensius Maryono Pr. kemudian memutuskan untuk merenovasi keadaan goa sehingga menjadi lebih layak untuk dikunjungi dan membuat betah siapapun yang bertandang kesini. Goa ini dibangun pertama kali pada tahun 1962 yang ketika itu lokasinya tepat bersebelahan dengan Kepala Susteran OSF Palasari.

Dalam renovasi tersebut ditambahkan juga areal khusus stasi Jalan Salib yang biasanya digunakan oleh para peziarah yang memiliki keinginan untuk berdoa. Dan pada September 2008 silam, Duta Besar Vatikan bernama Mgr. Leopoldo Girelli mengadakan upacara pemberkatan area goa ini yang secara langsung diikuti oleh umat Katolik lokal yang ingin menyaksikan secara langsung acara pemberkatan tersebut.

Makanya goa ini selain sebagai tempat wisata rohani yang memiliki peranan cukup penting di Bali juga menjadi areal untuk menggelar doa-doa suci kepada Bunda Maria.

Berkunjung ke tempat suci seperti ini tentu saja berbeda dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata yang lainnya yang tak ada kaitannya dengan unsur keagamaan dan keyakinan. Ada beberapa peraturan rigid yang menjadi pantangan dan tak boleh dilanggar oleh tiap-tiap pendatang yang mengunjungi Goa Maria Pelinggih Ida Kaniaka Palasar ini.

Anda yang berkunjung kesini sebaiknya bisa menjadi sikap dan perkataan supaya berperilaku sopan dan penuh tatakrama, tidak merusak benda-benda yang ada disini, tidak bersifat memprovokasi atau mengganggu ketenangan pengunjung yang lain, dan sebaliknya Anda harus memiliki rasa saling menghormati dan menjaga tempat suci ini.

Apabila Anda ingin mengadakan kunjungan ke Goa Maria Palasari ini maka bisa terlebih dahulu menghubungi Pator Paroki Palasari Romo Bartholoeus Bere. Begitu juga kalau Anda datang secara rombongan dan berniat menginap di kawasan tersebut maka bisa terlebih dahulu menghubungi beliau untuk melancarkan segala sesuatunya.

Pator Paroki tersebut bertindak sebagai penjaga yang akan membantu setiap kunjungan wisatawan yang datang baik untuk berziarah, berwisata maupun berdoa. Ketika Anda (dan rombongan) memutuskan untuk menginap disini maka biasanya akan ditempatkan di rumah-rumah penduduk yang lokasinya tak berjauhan dengan Goa Maria Palasari ini.

Perjalanan Ke Goa Maria
Meskipun berjarak cukup jauh dari Ibukota Denpasar namun jangan khawatir dan merasa tak nyaman karena dijamin disepanjang jalanan menuju kesini akan dihibur dengan deretan pemandangan alam Desa Ekasari yang asri, nyaman, indah dan sejuk. Hampir keseluruhan wilayah desa ini ditumbuhi oleh berbagai macam pepohonan sisa-sisa hutan yang masih bisa ditemukan disini.

Tetumbuhan tersebut dapat menjadikan suasana dan nuansa perjalanan menjadi hijau tak terlupakan dengan keindahan alam yang memukau dan udaranya yang sejuk. Keadaan alam tersebut tak jarang membuat para wisatawan sibuk untuk memotret atau sekadar mengabarkan kepada teman/ keluarga ihwal keindahan alam desa tersebut.

Ketika sudah merasa puas berada di kawasan wisata rohani Goa Maria ini, mengeksplorasi berbagai keunikan yang ada didalamnya, Andapun bisa melanjutkan petualangan kewisataan ke daerah-daerah lainnya. Hal itu bisa dilakukan karena memang ada sejumlah objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi yang lokasinya berdekatan dengan Goa Maria semisal Gereja Palasari, Pantai Candikusuma, Bendungan Palasari, dan masih banyak yang lainnya.

Dan ketika Anda malas untuk menginap di kawasan sekitar Goa Maria—karena mesti menginap di rumah-rumah penduduk sehingga privasi menjadi kurang terjaha—maka bisa memutuskan untuk menginap di hotel-hotel yang sudah mudah diinapi di kawasan Pantai Candikusuma.

Lokasi
Goa Maria Palasari berada di Banjar Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Pulau Bali – Indonesia. Untuk mengadakan wisata rohani di goa yang dianggap suci ini Anda mesti menempuh perjalanan sejauh 113 km dari Ibukota Denpasar atau memerlukan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Selamat Berkunjung!

Place Tags: Bali, Goa, Maria, and Palasari.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image