Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Museum Manusia Purba Gilimanuk Jembrana

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Pulau Bali

Time :

Kewisataan di Pulau Bali tak hanya terkonsentrasi pada wisata berbasis keindahan alam semata seperti pantai, sungai, gunung, lembah, persawahan dan lainnya namun juga memperhatikan aspek-aspek kewisataan yang lainnya semisal kesenian, budaya, reliji dan lainnya.

Meskipun tidak terlalu populer namun wisata-wisata alternatif tersebut tetap saja mendapatkan tempat di hati sejumlah pelancong khususnya mereka yang memiliki minat pada bidang seni, budaya ataupun sejarah. Beberapa tempat semisal panggung pertunjukan seni dan budaya, museum, pura, dan lainnya yang terdapat di Bali menunjukan bahwa pulau dewata ini begitu serius untuk semakin melengkapi objek wisatanya tersebut.

Dan yang kali ini dibahas ialah mengenai keberadaan museum yang juga kerap dikunjungi oleh sejumlah wisatawan yang memiliki minat yang tinggi pada sejarah, benda-benda purbakala, dan lainnya. Dengan mengunjungi sebuah museum maka dipastikan bukan hanya bisa refreshing meninggalkan sementara tingkat stres dan kemumetan fikiran yang melanda namun juga sekalian untuk memperdalam pengetahuan terkait dengan teman museum tersebut, semisal museum purbakal, museum seni, museum lukisan dan lainnya. Dan Museum Manusia Purba Gilimanuk Bali ialah salah satu museum yang mesti dikunjungi ketika mengadakan wisata ke daerah Jembrana.

Museum Manusia Purba Gilimanuk ini bisa dikatakan unik dan berbeda dengan museum-museum lainnya yang ada di Bali dalam konteks benda-benda yang tersimpan didalamnya. Museum ini—sebagaimana namanya—menyimpan sejumlah benda-benda kepurbakalaan masa lampau berupa yang memiliki nilai historis sangat tinggi.

Keberadaan museum ini sendiri berawal dari penemuan ratusan kerangka manusia purba dan juga bekal kuburnya yang menyertai penemuan tersebut yang diperkirakan berasal dari zaman pra-sejarah (akhir). Berbagai kerangka manusia yang ditemukan tersebut bercirikan ras Mongoloid.

Berdasarkan hal tersebut kemudian pemerintahan Kabupaten Jembrana berinisiatif untuk menyelamatkan dan mengabadikan berbagai benda-benda penemuan tersebut supaya tidak lekas hilang atau bahkan malah jatuh ke tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab.

Untuk mewujudkan tujuan mulia tersebut kemudian dibangunlah sebuah museum bernama Museum Manusia Purba yang pertama kali didirika pada tahun 1993 dan diresmikan oleh Gubernur Bali kala itu yakni Prof. Ida Bagus Oka. Dan dengan adanya museum tersebut harapannya ialah benda-benda purbaka yang sarat dengan nilai kesejarahan tersebut bisa terus terjaga dan terpelihara sampai kapanpun.

Didalam Museum Manusia Purba sendiri terdapat ratusan koleksi yang diantaranya berupa 137 buah kerangka manusia dan juga 73 buah koleksi-koleksi yang lainnya berupa manik-manik, periuk kecil, gelang yang terbuat dari kayu dan kerang, kendi, tempayan, mangkuk yang terbuat dari tanah, mata kail, tajak dan juga sarkofagus. Berbagai macam koleksi benda-benda purbakala tersebut bisa dilihat atau bahkan didokumentasikan sebagai kenang-kenangan yang bisa dilihat di kemudian hari.

Museum Manusia Purba sendiri terdiri dari tiga lantai yang memiliki fungsinya masing-masing. Lantai pertama di museum ini digunakan untuk menyimpan kerangka-kerangka manusia dan juga sarkofagus yang usianya sudah ratusan tahun. Setiap manusia purba yang ada disini biasanya dalam bentuk posisi tubuh yang menyerupai bayi didalam kandungan. Hal tersebut rupanya dikaitkan dengan adanya keyakinan bahwa kehidupan manusia itu terbagi menjadi tiga siklus yakni lahir, hidup dan juga kematian.

Sedangkan pada lantai keduanya, digunakan untuk menyimpan tajak perunggu yang biasanya digunakan untuk mengolah lahan pertanian, berburu dan dijadikan bekal kubur. Tajak perunggu ini juga dilengkapi dengan perlengkapan lainnya seperti gerabah, manik-manik, kapak dan lainnya yang biasanya diguanakan untuk berburu.

Sedangkan di lantai ketiga digunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan dapur semisal piring, kerang, gerabah dan berbagai macam aksesoris semisal anting dan manik-manik yang menjadi kegemaran manusia purba di masa lampau.

Makanya dengan mengunjungi Museum Manusia Purba ini Anda akan banyak mendapatkan pengetahuan yang mendalam khususnya mengenai manusia purba beserta dengan derivasinya (berupa kelengkapan hidupnya yang digunakan untuk menunjang kehidupan ketika itu).

Dengan hadirnya Museum Manusia Purba ini maka semakin lengkaplah objek kewisataan yang ada di Kabupaten Jembrana, Bali, ini sehingga bisa memperkaya pilihan pengunjung. Lantas soal kunjungannya sendiri, memang pada hari-hari biasanya bisa dikatakan bahwa museum ini termasuk jarang dikunjungi oleh kalangan wisatawan.

Namun keadaan sepi tersebut akan berbalik ketika musim liburan sekolah tiba yang mana museum ini akan mendadak ramai dikunjungi oleh siswa-siswa sekolah dari SD sampai SMA yang memang biasanya berwisata sambil belajar. Tak hanya itu, Museum Manusia Purba ini juga banyak dikunjungi oleh kalangan peneliti baik dari dalam maupun luar negeri untuk melakukan penelitian secara mendalam terkait dengan berbagai kerangka manusia yang tersimpan didalamnya.

Museum ini biasa beroperasi dari jam 08.00 – 16.00 WITA dan tutup pada week end Sabtu dan Minggu. Bagi Anda yang hendak memasuki ke dalam Museum Manusia Purba ini tidak dipungut biaya apapun, kecuali Anda memiliki kepedulian untuk menyumbang.

Beberapa tempat wisata lainnya yang dekat dari lokasi museum ini antara lain Taman Nasional Bali Barat, Monumen Lintas Laut dan lainnya. Sedangkan untuk masalah akomodasinya, ada banyak penginapan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan pilihan masing-masing individu pengunjung sendiri.

Lokasi
Museum Manusia Purba Gilimanuk berada di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Pulau Dewata Bali – Indonesia.

Selamat Berkunjung!

Place Tags: GilimanukJembrana, ManusiaPurba, and Museum.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image