Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Pura Kebo Edan

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Dusun Intaran, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Pulau Bali

Time :

Banyak orang yang sangat “bergairah” ketika harus mengunjungi Pulau Dewata Bali karena memang pulau ini terkenal dengan keindahan dan kelengkapan spot-spot wisata yang dimilikinya.

Berbeda dengan tempat-tempat wisata lainnya, Bali memiliki segalanya mulai dari wisata alam, wisata buatan, sampai wisata sejarah. Karenanya menjadikan pulau yang sangat indah bak surgawi ini begitu favorit untuk dikunjungi oleh banyak sekali wisatawan.

Bali mampu menarik siapapun untuk mengunjunginya karena didalamnya memiliki sejumlah kawasan wisata yang hampir mampu memenuhi segala ekspektasi kewisataan pengunjungnya yang beraneka ragam.

Berwisata sejarah-reliji, kini makin diminati di Bali. Anda bisa lihat sendiri bahwa beberapa tempat-tempat peribadatan seperti pura atau candi mulai banyak dikunjungi oleh kalangan wisatawan yang mana menunjukkan bahwa pariwisata di Bali sudah mulai terpolarsiasi (tak hanya bertumpuk di tempat-tempat wisata bertemakan alam dan sejenisnya).

Wisata reliji ke pura atau candi misalnya, bisa dikatakan sudah menjadi bagian yang sulit untuk terpisahkan dari list objek-objek wisata di Bali yang mesti didatangi. Mungkin Anda juga perlu berkunjung ke beberapa pura-pura utama yang ada di Bali untuk menguak berbagai rupa sejarah yang mengiringinya—selain juga menikmati keindahan bangunan pura.

Dan salah satu pura yang mesti Anda kunjungi ketika mendatangi Bali ialah Pura Kebo Edan yang berada di kawasan Gianyar, Pulau Bali. Untuk menjangkaunya sangatlah mudah karena berada di daerah yang sangat strategis, di jalan utama Denpasar-Gianyar.

Lingkungan puranya sendiri dikelilingi oleh areal persawahan dan juga pemukiman penduduk. Adapun yang menjadi batas pura ini antara lain dibagian utaranya berbatasan dengan subak pegending, di bagian selatan dan baratnya berbatasan dengan selokan dan pesawahan subak Bedulu.

Makanya pura ini sangat lekat dengan aktifitas penduduk karena memang lokasinya sangat berdekatan dengan permukiman dan ladang pertanian warga sekitar.

Pura Kebo Edan ini sebenarnya tidak berada sendirian karena di sekelilingnya terdapat pura-pura lainnya semisal Pura Penataran Sasih, Pura Pusering Jagat, dan juga Pura Arjuna. Makanya tak sedikit orang yang kemudian mengaitkan keberadaan pura ini dengan pura-pura lainnya yang terdapat disekelilingnya.

Bahkan dalam beberapa sumber banyak yang menyebut bahwa Pura Kebo Edan ini memiliki keterkaitan sejarah dengan pura-pura yang tersebut diatas. Anda semakin penasaran dengan kisahnya? Jangan sampai beranjak dulu!

Sejarah

Sama halnya dengan pura-pura lainnya, Pura Kebo Edan ini memiliki kesejarahannya tersendiri. Penamaan pura ini sendiri kemungkinan besar berasal dari sepasang arca kerbau (sebagaimana namanya Kebo = kerbau) yang terdapat di halaman pura.

Dua arca kerbau yang berada di halaman pura itu terlihat dengan melihat ke arah arcanya Siwa Bhairawa yang tengah mempraktikan ajaran Bhairawanya. Mengenai sumber pastinya yang tertulis dan valid mengenai asal-mula dan sejarah berarti dari pura ini, belumlah ditemukan secara pasti.

Meski begitu, tetap saja penemuan pura kuno ini menjadi bahan yang sangat penting untuk mendukung kepentingan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para arkeolog.

Keberadaan Pura Kebo Edan ini ialah sebagai bukti bahwa ajaran Hindu Tantrayana telah berkembang pesat di Pulau Dewata. Menurut kisahnya, ajaran Hindu Tantrayana ini berkembang ketika Raja Kertanegara melakukan ekspedisi untuk memperluas wilayah kekuasaannya sampai ke Sumatera.

Raja ini merupakan orang yang mengklaim dirinya faham mengenai Tantrayana dan menasbihkan dirinya sebagai Bhairawa. Iapun kemudian bisa menaklukan Bali dan mengangkat seseorang bernama Kebo Parud yang diberikannya jabatan patih untuk mewakili kekuasaannya.

Didalam puranya sendiri terdapat beberapa arca yang merupakan peninggalan sejarah penting sebagai berikut:

- Arca Kerbau Berjongkok yang memiliki gambaran seekor kerbau yang tengah berjongkok.

- Arca Bhairawa Siwa yang mana melukiskan sosok Bhairawa yang memiliki tubuh tinggi besar, kekar dan berambut ikal lengkap dengan memakai topeng. Bhairawa ini sedang menari diatas mayat manusia.

- Arca Bhairawa Raksasa yakni arca unik yang memiliki deskripsi mata yang melotot dengan hiasan yang dipakai berupa tengkorak.

- Arca Nandi

- Arca Gajah

- Arca Ghanesa atau Batara Gana

- Arca Gana dan lainnya.

Diantara beberapa arca yang ada di pura ini yang menarik ialah keberadaan sebuah arca raksasa yang memiliki tinggi 3,5 meter yang disebut dengan Siwa Bhairawa sedang dalam keadaan marah.

Arca ini biasanya menjadi pusat perhatian pengunjung dan menjadi objek berfoto karena memang bentuknya menyeramkan dan mirip dengan buta paling sisi dalam pewayangan. Disamping itu dijamin Anda akan menemukan keunikan-keunikan lainnya ketika berkunjung ke Pura Kebo Edan ini.

Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani—meskipun ada sebagian kecil lainnya yang menyandarkan hidupnya dari profesi sebagai pedagang maupun pegawai. Beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan disini antara lain toilet, areal parkiran yang cukup luas, penyewaan kain dan selendang yang merupakan pakaian wajib yang harus dikenakan ketika akan masuk ke dalam pura ini.

Lokasi

Dimanakah letaknya Pura Kebon Edan? Bagi Anda yang penasaran untuk mengunjunginya maka bisa menuju ke Dusun Intaran, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Pulau Bali – Indonesia.

Puranya sendiri posisinya berbatasan dengan Desa Bedulu dan Desa Pejeng. Jarak tempuhnya dari Ibukota Denpasar sekitar 18 km atau bisa ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Selamat Berkunjung!

Place Tags: Bali, KeboEdan, and Pura.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image