Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Jalan Dago

4.5 out of 5 stars based on 5 Reviews

Address : Bandung

Time :

Anda berencana liburan ke kota Bandung? Jadikan Dago sebagai salah satu tujuannya. Ya, Dago memang kawasan yang menjadi pusat keramaian di kota Bandung, hampir setiap malamnya, kawasan ini selalu ramai dan padat baik oleh masyarakat asli maupun oleh para pendatang dari luar kota. Apa yang menjadi daya tarik dari Dago ini? Sebenarnya Dago adalah salah satu nama kawasan di kota Bandung, yang menjadi nama jalan dari daerah Dago ini sebenarnya adalah Jalan Ir. Juanda, namun orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan Dago. Dago dalam bahasa Sunda berate menanti atau menunggu, banyak masyarakat asli menyebutkan karena daerah ini sering menjadi tempat bagi orang-orang untuk bertemu alias rendezvous. Daerah ini memanjang menghubungkan dua wilayah yang kebanyakan orang membedakannya dengan sebutan “ Dago Atas” dan “ Dago Bawah “. Masing-masing wilayah memiliki kekhasannya masing-masing.

Untuk Dago Atas seperti namanya memang daerah ini memiliki hawa yang lebih dingin dibanding Dago Bawah. Wilayah ini dimulai dari perempatan besar yang dikenal dengan nama Simpang Dago, sampai ke daerah Dago Pakar. Di wilayah Dago Atas para wisatawan biasanya mencari suasana yang lebih tenang dan sejuk, kebanyakan tempat makan atau restoran di area ini mengandalkan suasana sebagai daya tarik nya. Sebut saja restoran The View dan The Valley, dua restoran ini contoh dari banyaknya restoran yang berusaha menjual tempat dengan pemandangan kota Bandung dari ketinggian. Sambil menikmati hidangan kita bisa melihat gemerlap lampu kota Bandung yang indah, jika Anda datang kesini pastikan kendaraan Anda bisa melewati jalan-jalan yang menanjak. Kebanyakan tempat di Dago Atas ramai saat malam hari dibanding siang hari.

Sedangkan untuk wilayah Dago Bawah adalah untuk para wisatawan yang ingin mencari keramaian khas Bandung dan berbelanja. Wilayah ini dimulai dari perbatasan Simpang Dago lurus menuju salah satu mal terkenal Bandung Indah Plaza (BIP) . Sepanjang kawasan Dago Bawah ini berderet factory outlet ternama yang menjadi sasaran para shopper dari Jakarta. Restoran-restoran ternama khas Jawa Barat juga tersedia di sepanjang kawasan ini. Tidak hanya itu, pusat perbelanjaan dan tempat nongkrong anak muda juga berjajar di area ini. Sebut saja Planet Dago yang terletak di dekat BIP, meskipun tempatnya tidak sebesar BIP namun tempat ini sering dijadikan tempat untuk mengadakan pertunjukkan band ataupun produk launching. Di dalamnya terdapat berbagai macam tempat makan dan hiburan. Kemudian berjalan ke atas kita bisa menemukan hotel Holiday Inn yang bergengsi, kebanyakan wisatawan dari luar negeri bermalam di hotel ini. Agak ke atas lagi kita bertemu dengan Plaza Dago dengan kafe Ohlala yang digemari kawula muda Kota Kembang, kafe ini buka untuk 24 jam serta memiliki sarana olahraga billiard yang juga menjadi ajang gaul anak muda di Bandung.

Bandung Indah Plaza juga menjadi ikon dari kota Bandung, mal ini semakin megah dari tahun ke tahun seakan tak mau kalah dari menjamurnya mal di daerah-daerah lainnya. Semua dapat kita temukan di dalam mal ini, mulai dari toko buku, perbelanjaan fashion, sampai restoran yang buka 24 jam. Selain itu mal ini berdekatan dengan jalan Riau yang juga menjadi “markas” factory outlet dan tempat perbelanjaan khas Bandung. Jalanan ini selalu macet oleh pengunjung dari Jakarta terutama di akhir pekan. Di seberang mal BIP juga terdapat tempat penjualan oleh-oleh khas Bandung yaitu Soes Merdeka. Kue sus ini menjadi ikon oleh-oleh kota Bandung sebelum banyak jenis makanan lain masuk ke kota ini.

Namanya Bandung sudah pasti terkenal dengan wisata kulinernya, begitupun juga dengan jalan Dago ini menyimpan rentetan tempat makan yang rasanya tak akan selesai dikunjungi meski Anda seminggu di Bandung. Di sepanjang jalan bercampur antara makanan khas Bandung dan makanan dari franchise besar seperti KFC, Pizza Hut atau McDonalds. Sehingga apapun keinginan dan selera Anda pada saat itu, semua sudah pasti ada di Dago. Apalagi jika Anda datang pada malam hari toko-toko yang tadinya buka pada siang hari, jalanan depannya berubah menjadi tenda-tenda tempat menjual makanan dan tempat nongkrong yang asyik. Malah kebanyakan wisatawan mengincar tempat-tempat seperti ini karena suasananya yang lebih santai dan stylish. Berbagai macam menu unik seperti colenak, bandrek, ketan bakar, dan lain-lain tersedia disini. Meskipun di pinggir jalan, jangan sembarangan dalam berpakaian, pengunjung tempat makan di sepanjang Dago pada malam hari sangat memperhatikan dalam hal mode pakaian, seperti sebutan untuk kota Bandung yaitu Paris Van Java.

Lebih uniknya lagi di sepanjang jalan Dago Bawah menuju Dago Atas pada akhir pekan selalu dipenuhi oleh kalangan mahasiswa yang mengamen untuk menggalang dana acara kampus mereka. Usaha mereka selin mengamen juga menjual bunga dan souvenir kerajinan tangan. Memanfaatkan kemacetan jalan, mereka menjajakan secara beramai-ramai sehingga tidak jarang memancing tawa para pengguna jalan karena tingkah mereka yang spontan. Tidak hanya itu, di sepanjang jalan Dago juga menjadi basecamp bagi para komunitas mobil dan motor, rata-rata mereka memiliki titik nongkrongnya masing-masing, dan uniknya disini mereka sangat damai dan tidak bersaing antar komunitas yang lain.
Jika Anda datang ke bandung, cobalah datang pada siang hari dan pada malam hari, selain itu juga cobalah untuk mengunjungi wilayah Dago Atas dan Dago Bawah, serta rasakan perbedaannya. Masing-masing tempat dan waktu akan memberikan nuansa yang berbeda namun sama-sama mengasyikkan.

Place Tags: Bandung, Dago, and Jalan.

5 User Reviews on Jalan Dago
Alex lives in

Kalo di jalan dago enaknya mulai dari Simpang Dago. Di situ kalo sore banyak makanan di pinggir jalan. Tipe makanannya beda2 jadi banyak banget pilihannya. Nanti baru deh ke arah bawah ke factory outlet yang di jalan dago. FO di jalan Dago lebih murah sebenarnya harganya dibanding yang di daerah Riau atau Rumah Mode.

Assessment on 11-19-2012
5 User Reviews on Jalan Dago
Amel lives in

enaknya kalo kesini malem2 pas hari sabtu, dijamin rame dan banyak banget aktifitas yang bisa dinikmatin. Ada kafe2 di pinggir jalan, seru ngeliat banyak pengamen dadakan alias mahasiswa yg cari dana buat acara kampus :D pokoke seru deh!

Assessment on 12-20-2012
5 User Reviews on Jalan Dago
christin lives in

malem minggu di sini rameeee banget dan sering macet. mending markir kendaraan di FO gitu trus jalan2 menjelajah dago

Assessment on 12-22-2012
5 User Reviews on Jalan Dago
ulie lives in

saya sih belum pernah datang malem, biasanya siang, acara hunting baju2, tapi emang rame banget, padahal bukan akhir pekan ato hari libur lho, bisa dibayangin kalo hr libur ato akhir pekan, pasti macet bgt….tapi emang tempatnya seru abizz..

Assessment on 12-26-2012
5 User Reviews on Jalan Dago
desmaster lives in

Ini emang uda tempat yg paling ramenya nih di Bandung. Buat yang mau cari-cari baju dll bisa ke tempat ini. Tp saya sendiri kurang tertarik karena harganya itu ga tergolong murah.

Assessment on 04-16-2013

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image