Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Saung Angklung Mang Udjo

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Jalan Padasuka no118, Bandung Timur

Time :

Sekarang saatnya kita berlibur dengan cara yang unik, yaitu dengan bermain angklung! Bandung yang penuh dengan kreatifitas dan kesenian ini menyimpan sebuah tempat yang menjadi pusat budaya warisan nasional kita di bidang alat musik rakyat yaitu angklung. Nama tempat ini adalah Saung Angklung Udjo atau sering disingkat SAU. Beberpa orang juga menyebutnya dengan Saung Angklung Mang Udjo.

Sesuai dengan nama tempatnya, memang tempat ini didirikan oleh Udjo Ngalagena didampingi oleh istri nya Uum Sumiati. Tempat ini satu-satunya tempat yang menjadi pusat dari kesenian angklung dan juga memproduksi angklung. Hal inilah yang menjadikan Saung Angklung Udjo sebagai pusat pendidikan dan penelitian angklung, kesenian dan kebudayaan Sunda. Dengan berlatar belakang menyatukan budaya dan alam, Saung Angklung Udjo berhasil menyita perhatian wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Dilihat dari setiap pementasannya selalu penuh dengan turis-turis mancanegara. Dengan lokasinya yang terletak di bandung Timur, SAU adalah tempat yang tepat untuk menikmati indahnya alat musik tradisional yang berasal dari bambu tersebut.

Alamat Saung Angklung Udjo tepatnya berada di Jalan Padasuka no 118, Bandung Timur. Akses menuju tempat ini sangatlah mudah karena melewati jalan utama. Jika Anda mengendarai mobil pribadi keluarlah di tol Pasteur lalu lewati flyover Pasupati sampai ke jalan Surapati lalu mengarah ke kiri Anda sudah mencapai jalan Padasuka. Dengan papan penunjuk yang besar menuju SAU, Anda tidak akan tersasar menuju tempat ini. Namun jika Anda memilih untuk naik angkutan umum, silahkan pilih angkot dengan jurusan Cicaheum, cukup katakan pada supir angkot bahwa Anda ingin turun di Saung Mang Udjo, karena tempat tersebut kurang lebih hanya 500 meter sebelum angkot mencapai terminal Cicaheum.

Dari sana Anda tinggal melanjutkan ke tempat tujuan dengan ojek (tarif:5000-7000 rupiah)
Begitu Anda sampai ke areal Saung Mang Udjo, Anda akan melihat pelataran parkir yang luas dikelilingi oleh pohon-pohon bambu. Langkahkan kaki Anda menuju lobi untuk membeli tiket masuk seharga 60.000 rupiah pada hari biasa dan 75.000 pada hari Sabtu dan Minggu. Harga tersebut sudah termasuk welcome drink, dan menonton pertunjukkan selama 2 jam. Pertunjukkan diadakan setiap harinya pada pukul 9.00 dan pukul 15.30. Sebelum masuk ke aula pertunjukkan, Anda bisa berjalan-jalan di sekeliling Saung Mang Udjo untuk melihat kerajinan dan cinderamata yang ada disitu. Disitu Anda bisa melihat kekayaan budaya Sunda yang eksotis, juga ada pemandu yang siap memuaskan rasa ingin tahu Anda tentang budaya Aunda, alat musik angklung ataupun tentang pertunjukkan yang akan dilihat.

Sebelum pertunjukkan dimulai sebaiknya Anda mempersiapkan diri untuk mengambil tempat duduk. Jika Anda datang terlambat bisa-bisa Anda mendapat tempat duduk di belakang sehingga untuk menikmati acara menjadi kurang maksimal. Jangan lupa juga untuk membawa cemilan, karena pertunjukkan selama 2 jam tentunya Anda tidak ingin menonton sambil perut keroncongan bukan? Dan untuk Anda yang berencana datang saat sore hari, sebaiknya membawa juga obat nyamuk oles, suasana pepohonan di sekitar area ini memungkinkan nyamuk berdatangan. Jadwal pertunjukkan di Saung Mang Udjo sangat bervariasi, sebaiknya Anda membaca jadwal acara tersebut agar mengetahui tentang kesenian apa yang akan Anda nikmati.

Beberapa pertunjukkan yang sering dipentaskan di Saung Mang Udjo adalah demonstrasi Wayang Golek. Lama pertunjukkan ini sekitar 10- 15 menit, biasanya pertunjukkan ini bercerita tentang kisah rakyat yang dibumbui dengan humor khas urang Bandung. Pertunjukkan yang sederhana namun dapat membuat Anda tertawa terpingkal-pingkal oleh dialog kocak sang dalang. Pertunjukkan lainnya adalah Helaran, Helaran ini adalah ritual dalam melangsungkan syukuran misalnya untuk anak yang baru di khitan/sunat.

Di show ini terdapat macam-macam tarian Sunda, menyanyi dan alat musik angklung tentunya. Disini dipentaskan oleh anak-anak didik dari Saung Angklung Mang Udjo sendiri, umur mereka rata-rata masih dibawah 10 tahun. Pertunjukkan lainnya yang dipentaskan di tempat wisata ini adalah Arumba dan Angklung Mini, disini kita bisa melihat bagaimana indahnya alat-alat musik khas Sunda dipadukan dengan tarian Jawa Barat yang menghasilkan kesenian yang sangat merdu didengar dan dilihat.

Setelah semua pertunjukkan dipentaskan, tiba saat yang mengasyikkan dimana para penonton diajak untuk bermain angklung bersama dengan para performer. Tiap penonton dipinjamkan 1 buah angklung yang tujuannya nanti akan dimainkan secara serentak. Tiap penonton memiliki tugasnya masing-masing untuk memainkan sebuah nada, dan pelaksanaan lagunya dipimpin oleh dirigen musik yang berada di tengah aula. Penonton diberi instruksi untuk mengikuti aba-aba dari sang dirigen, jika dirigen memberi kode dengan tangannya barulah penonton boleh membunyikan angklung di tangan masing-masing. Untuk membunyikan angklung pun harus mengetahui tekniknya, jika kita salah memegang maka bisa-bisa angklung nya tidak mengeluarkan bunyi sama sekali. Tapi tenang saja, sebelum pertunjukkan dimulai, kita akan diajari bagaimana cara membunyikan angklung dengan tepat. Setelah musik berjalan Anda akan mulai merasakan menjadi pemain orkestra di tengah-tengah kesenian Sunda yang menawan, benar-benar pengalaman yang tak akan terlupakan.

Jika Anda masih ingin berada di tengah suasana yang eksotis di Saung Angklung Mang Udjo, Anda bisa memutuskan untuk bermalam disini. Saung Angklung mang Udjo dilengkapi dengan fasilitas penginapan atau guest house dengan harga sewa kamar berkisar dari 300 ribu hingga 850 ribu. Namun jika Anda tidak ingin bermalam jangan lupa membeli cinderamata dari tempat bersejarah ini, Saung Mang Udjo menjual berbagai macam kerajinan tangan mulai dari gantungan kunci, , tas, sandal, boneka wayang golek, sampai Anda pun juga bisa memiliki set angklung untuk Anda berlatih di rumah.

Place Tags: Angklung, Bandung, and MangUdjo.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image