Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Candi Arjuna

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Time :

Candi Arjuna – Kompleks Candi Agama Hindu Di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara – Jawa Tengah

Saat anda datang ke tempat ini, anda dapat menikmati tempat bersejarah yang memadukan pemandangan alam perbukitan di dataran tinggi Dieng dengan bangunan-bangunan kuno yang masih kokoh berdiri. Adalah Candi Arjuna yang berada di Kabupaten Banjarnegara. Candi ini termasuk candi agama Hindu yang ditandai dengan Lingga dan Yoni yang ada di dalam candi utama.

Selain itu, terdapat juga arca Ganesha, Dewi Durga dan Agastya yang terlihat jelas pada relung-relung bangunan candi. Menurut ahli arkeologi, Candi Arjuna adalah candi Hindu tertua yang pernah di bangun di tanah Jawa. Usianya lebih tua dibandingkan dengan Candi Borobudur dan Candi Mendut karena dibangun sekitar tahun 809 Masehi.

Dulunya, Candi Arjuna dibangun untuk memuja Dewa Siwa. Sedangkan arca-arcanya kini disimpan di Museum Kaliasa yang letaknya tidak begitu jauh dari kawasan candi. Kalau dilihat secara struktur bangunan, Candi Arjuna ini mengadopsi arsitektur India. Hal ini dapat terlihat jelas dengan candi yang ada di India selatan bernama Wimana.

Candi Arjuna sendiri letaknya berada di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lokasinya berada di dataran tinggi Dieng. Kalau anda berkendara dari arah Wonosobo, ada urutan tempat yang dapat anda lewati, yaitu Wonosobo – Garung – Kejajar – Tieng – Dieng – Banjarnegara – Karangkobar – Wanayasa – Pejawaran – Batur – Dieng.

Di sepanjang perjalanan, anda akan ditemani oleh ladang kentang milik para petani, sayur-mayur, bunga-bunga yang indah dan berwarna-warni, sungai dengan airnya yang jernih, bukit-bukit yang menghijau serta pegunungan khas dataran tinggi Dieng hingga sampai ke kawasan Candi Arjuna.

Lokasi candi ini berada di atas bukit sehingga suasana disana pun cukup sejuk dan cenderung dingin. Pemandangan yang ditawarkan area Candi Arjuna juga luar biasa karena saat anda berada di atas bukit, jangkauan penglihatan anda pun semakin luas sehingga bisa menyaksikan apa saja yang ada dibawahnya. Candi ini juga dikelilingi oleh taman bunga yang indah. Akan semakin mempesona ketika bunga-bunga itu sedang bermekaran dengan warna-warnanya yang cerah. Harga tiket masuk untuk bisa menikmati pesona Candi Arjuna dan candi-candi lain yang ada disekitarnya adalah Rp6.000* per orang.

Nah, saat anda tiba di kawasan candi, anda bisa mulai mengintip struktur bangunan dan juga keindahan candi, serta menyaksikan kalau di tempat itu terdapat lima candi lain, yaitu Candi Semar yang berhadapan langsung dengan Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Semua candi itu menghadap ke barat, kecuali Candi Semar yang terlihat menghadap ke arah timur. Dalam bangunan candi tidak ada relief khusus yang ditemukan. Tetapi, hanya ada relief yang memberikan gambaran tentang tiga Dewa Trimurti, yaitu Dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa pada dinding Candi Srikandi.

Sedangkan dinding candi lain dibiarkan polos begitu saja.
Candi utama di tempat ini adalah Candi Arjuna. Sedangkan Candi Semar yang berada didepannya bentuknya mirip limasan. Disebelah kiri candi, anda akan mendapati Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra.

Struktur bangunan Candi Sembadra dan Candi Srikandi terlihat lebih pendek dan lebih kecil, sedangkan bangunan Candi Puntadewa struktur bangunannya mirip sekali dengan Candi Arjuna. Konon, Candi Puntadewa diposisikan diantara Candi Srikandi dan Sembadra karena ia dapat bertindak sebagai penengah diantara dua istri Arjuna.

Menurut penuturan warga setempat, Candi Arjuna ini konon dulunya sering digunakan sebagai tempat semedi orang-orang yang sakti mandraguna. Dan karena kawasan dataran tinggi Dieng dikenal sebagai tempat yang ‘agak’ keramat, maka anda pun harus menjaga sikap ketika berwisata ke Candi Arjuna dan sekitarnya. Satu lagi, janganlah melamun karena pikiran anda bisa kosong dan kesempatan seperti ini biasanya sering digunakan oleh makhluk halus untuk mendekati anda.

Menurut cerita sebagian besar orang yang pernah berkunjung kesana, kalau anda melamun, bisa jadi ada makhluk halus yang akan mengikuti perjalanan anda pulang. Bila itu terjadi maka secara tiba-tiba, badan anda akan merasa pegal dan kepala pun terasa berat.

Setelah anda selesai menyusuri dan menikmati tiap bangunan candi yang ada di kompeks Candi Arjuna, sekarang anda dapat mengalihkan pandangan ke sekitar areal candi. Suasana yang bisa anda rasakan tentu saja keheningan dan rasa yang nyaman karena tempat ini berada di lokasi yang penuh dengan lukisan Tuhan. Bukit dan gunung terhampar dihadapan anda. Persawahan dan ladang milik petani pun bisa dengan jelas terlihat saat anda menjejakan kaki di Candi Arjuna.

Rumput-rumput yang tumbuh disana juga cukup rapi sehingga bisa digunakan untuk duduk-duduk atau pun bersantai sejenak. Udara yang segar dan hawa dingin khas pegunungan juga selalu menemani anda. Di saat hari menjelang sore, banyak juga anak-anak muda setempat menggunakan tanah lapang yang ada di sebelah candi untuk bermain sepak bola. Suasananya pun berubah menjadi riuh. Hal ini pun makin menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara untuk bergabung, atau hanya sekedar menyaksikan serunya permainan bola. Sungguh perpaduan suasana yang menawan di dataran tinggi Dieng.

Silahkan datang ke Candi Arjuna kalau tidak ingin melewati suasana yang begitu teduh dan nyaman. Bonus lain yang bisa anda dapatkan tentu saja berwisata ke Telaga Merdada, Telaga Warna, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sikadang yang letaknya tidak jauh dari kawasan Candi Arjuna. Selamat berlibur.

Keterangan * : Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Place Tags: arjuna, banjarnegara, candi, and Candi Arjuna.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image