Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Kesenian Tarian Cokek

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Tanggerang, Banten

Time :

Kesenian tari merupakan salah satu bagian dari sebuah kebudayaan, yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat dengan suku tertentu. Kesenian warisan tersebut, lebih mengutamakan gerak tubuh yang indah, serta keselarasan dalam memainkannya, guna mengisyaratkan berbagai makna yang berkaitan dengan kehidupan. Sejak dahulu, kesenian tari juga menjadi salah satu media komunikasi universal, dan diselenggarakan pada waktu serta kepentingan tertentu guna menyampaikan berbagai pesan khusus yang terkandung didalamnya.

Saat ini, kesenian tersebut telah menjelma menjadi salah satu objek wisata yang banyak disaksikan oleh para wisatawan. Pasalnya kesenian gerak tubuh tersebut, menawarkan sebuah pemandangan serta pesona yang begitu indah dan tidak terlupakan. Dapat dikatakan, berwisata kesebuah daerah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan, akan terasa kurang lengkap bila tidak dapat menyaksikan berbagai kesenian tari yang terdapat disana.

Begitu juga halnya bila kita berkunjung ke Provinsi Banten, sangat disayangkan bila kita melewatkan berbagai kesenian tari yang terdapat di daerah wisata tersebut. Pasalnya Banten termasuk salah satu dari banyaknya provinsi di Indonesia, yang menyimpan banyak sekali kesenian tari-tarian tersebut. Nah, kesenian tari tersebut dapat kita jadikan sebagai bagian dari objek wisata yang dapat kita nikmati dikala berkunjung dan berwisata ke Banten.

Nah, diantara berbagai kesenian tari yang dapat kita jumpai di provinsi yang memiliki kaitan dan hubungan begitu erat dengan masyarakat suku Sunda di jawa Barat tersebut adalah, Kesenian Tari Bendrong Lesung, Kesenian Tari Terbang Gede, Kesenian Tari Topeng, Kesenian Tari Saman, Kesenian , Kesenian Tari Rampak Bedug, serta salah satu kesenian tari yang begitu mempesona dan telah dikenal oleh wisatawan mancanegara yakni Tari Cokek.

Tarian yang telah berusia ratusan tahun tersebut, merupakan salah satu kesenian tari yang dapat kita temukan di kota Tanggerang, Provinsi Banten. Kesenian yang diperkirakan telah dimainkan sejak pertengahan abad ke 19 tersebut, menawarkan pesona gerak tubuh yang begitu indah dan begitu memukau disaat kita menyaksikan pertunjukan tersebut secara langsung.

Menurut beberapa sumber, pada awalnya tarian yang didominasi oleh penari wanita tersebut, merupakan sebuah kesenian yang diperkenalkan oleh seorang saudagar kaya keturunan Tionghoa bernama Tan Sio Kek. Dimana terdapat sebuah kisah yang menceritakan bagaimana kesenian tersebut terlahir, yakni dalam sebuah perayaan pesta yang diselenggarakan oleh saudagar kaya tersebut.

Dan pada akhirnya terciptalah Kesenian Cokek, dengan nama yang ditenggarai juga diambil dari nama Tan Sio Kek. Wah, siapa yang sangka jika tarian yang dilakukan pada perayaan biasa tersebut, saat ini telah menjelma menjadi salah satu kesenian serta objek wisata khas yang dapat kita temukan dikota Tanggerang, Banten?

Keunikan dari kesenian Tari Cokek yang dapat langsung terlihat dan kita nikmati yakni, dimana kesenian yang biasanya dimainkan oleh sekitar sepuluh orang penari wanita tersebut, memulai aksinya dengan berbaris dengan begitu rapi dan kemudian mulai menggerak-gerakan tangan dan kaki untuk menari dan mengikuti lantunan irama yang dihasilkan dari alat musik tradisional. Disamping itu busana khas yang dikenakan oleh para penari juga terlihat begitu indah, umumnya busana khas yang dikenakan berupa kebaya dengan warna-warna cerah dan terkesan mencolok.

Lantunan musik yang dihasilkan oleh alat musik tradisional tersebut juga dimainkan oleh beberapa orang laki-laki, dan juga mengenakan busana khas yang terlihat begitu sepadan dengan busana yang dikenakan oleh para penari Cokek tersebut. Berbagai alat musik terdisional yang terdiri dari suling, rebab, gong, kempul, kendang dan krecek tersebut, dinamakan dengan alat musik Gamang Kromong. Wah, nama alatnya saja sudah unik, pastinya sebagian dari kita belum begitu mengenal berbagai alat musik tradisional tersebut bukan?

Pemandangan lain yang dapat kita temukan selama acara kesenian tersebut berlangsung yakni, dimana terkadang sesekali kita akan menyaksikan dimana para penari-penari yang terlihat cantik dan anggun dalam balutan pakaian adat khas dan penuh dengan pernak-pernik berwana cerah serta indah tersebut, datang dan menghampiri para penonton sembari memberikan senyuman indah dan menggoda, untuk merayu mereka agar turut ikut menari dan menikmati lantunan suara musik yang terdengar begitu khas dan merdu tersebut. Wah, sepertinya bagi anda wisatawan lelaki akan sulit untuk menolak ajakan dari sang penari yang terlihat anggun tersebut ya?

Nah, untuk dapat menikmati pesona yang disajikan oleh objek wisata yang satu ini, kita dapat berkunjung ke kota Tanggerang yang sejatinya berada tidak terlalu jauh dari kota Jakarta. Lokasi yang paling sering menyelenggarakan pertunjukan kesenian Cokek tersebut yakni, disekitar daerah Kampung Melayu, Kabupaten Tanggerang. Disamping itu disekitar lokasi pertunjukan, juga terdapat berbagai tempat yang menjajakan berbagai jenis kuliner yang dapat menemani wisata anda guna menikmati keindahan dan pesona yang ditawarkan oleh Kesenian Tari Cokek tersebut.

Selain itu akses menuju lokasi pertunjukan jga tergolong begitu mudah untuk dijangkau, pasalnya terdapat berbagai sarana transportasi berupa angkutan umum yang menuju daerah Kampung Melayu dari terminal Tanggerang. Disamping itu, kita juga dapat menggunakan sarana transportasi yang disediakan pemerintah berupa busway yang langsung menuju lokasi Kampung Melayu tersebut.

Place Tags: banten, kesenian, and Kesenian Tarian Cokek.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image