Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Telaga Sunyi

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah

Time :

Telaga Sunyi – Menikmati Pesona Telaga Dan Cerita Mistis Yang Berkembang Di Masyarakat, Banyumas – Jawa Tengah

Telaga Sunyi. Tempat ini memang sesunyi namanya. Biarpun letaknya sangat dekat dari objek wisata favorit para pelancong di kota Purwokerto yaitu Baturaden, namun hanya sedikit orang saja yang tahu akan keberadaan telaga ini. Konon, kebanyakan orang yang datang kesana bermaksud untuk melakukan semedi atau tapa karena kawasan Telaga Sunyi memang sangat mendukung untuk aktifitas itu.

Pemandangan alam yang ada disana pun masih sangat alami dan asri. Udara pegunungan yang masih segar pun dapat anda hirup. Kondisi yang asri inilah yang membuat suasana di Telaga Sunyi begitu tenang dan sunyi senyap karena kebanyakan pengunjung yang datang kesana bermaksud untuk menyepi, atau sekedar berlibur mengurai penat yang ada di pikiran mereka.

Telaga Sunyi berada sekitar 3 km di sebelah timur objek wisata Baturaden dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit saja. Telaga ini juga menempati areal hutan Baturaden kota Purwokerto, Jawa Tengah. Akses jalan menuju ke sana sangat mudah karena anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua dan roda empat, serta angkutan kota dengan biaya Rp2.500* per orang yang beroperasi mulai dari pukul 06.00 – 17.00 WIB langsung menuju ke kawasan Baturaden.

Dan kalau anda berkunjung ke Telaga Sunyi dengan mengendari sepeda motor, ini tambah mengasyikan karena mata anda dapat melihat hijaunya pemandangan khas pegunungan yang terhampar dihadapan anda. Perasaan penat yang anda bawa dari rumah pun mulai kendor satu persatu berubah menjadi rasa damai. Bisa jadi, tanpa sadar anda akan tersenyum karena menikmati alam pun dapat dijadikan sebagai obat untuk menenangkan hati.

Dan ketika anda memasuki gapura wisata Telaga Sunyi, anda hanya ditarik biaya tiket masuk sebesar Rp.3000* per orang saja. Setelah itu, anda dapat memarkirkan kendaraan dengan biaya Rp1.000* untuk motor, dan Rp2.000* untuk mobil. Untuk dapat sampai ke Telaga Sunyi, anda harus berjalan kaki menyusuri jalanan setapak yang tertata rapi, serta melewati sungai kecil dengan airnya yang jernih hingga sampai ke Telaga Sunyi.

Sebenarnya, latar belakang dari Telaga Sunyi ini sendiri adalah keberadaan air terjun atau curug kecil yang memperdengarkan riuhnya air yang jatuh dari tebing. Menurut penduduk lokal, anda dapat menjumpai beranerka warna capung dan kupu-kupu yang mengerubungi dan beterbangan di sekitar Telaga Sunyi pada musim-musim tertentu. Keberadaan mereka pun semakin membuat telaga ini terlihat begitu eksotis dan memukau mata.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Telaga Sunyi ini? Nah, karena tempat ini begitu tenang, sepi, dan segar, mungkin tempat ini sangat cocok untuk nongkrong dan ngobrol bersama teman-teman anda. Anda juga dapat duduk-duduk di sekitar air terjun sambil menikmati deburan air yang jatuh, atau hanya sekedar merendam kaki dalam telaga dengan airnya yang dingin dan segar.

Perpaduan antara suara gemercik air terjun, udara yang masih sejuk nan tenang, serta rimbunnya warna hijau yang ada di sekitar Telaga Sunyi ini benar-benar dapat menentramkan hati yang sedang galau. Bukan hanya itu, disana anda juga bisa mendapatkan banyak sekali spot gambar terbaik dengan kombinasi antara air, tebing, pohon dan semua yang berbau alam sehingga akan terlihat sangat sempurna dalam bingkai foto.

Mungkin, anda juga bisa mencoba narsis dengan background air terjun, telaga, atau pohon-pohon yang tumbuh subur di kawasan Telaga Sunyi. Ada tips yang mungkin sangat membantu untuk anda saat berkunjung ke tempat wisata ini. Kalau anda kebetulan datang ke sana disaat musim kemarau, mungkin anda akan kecewa karena air terjun pelengkap Telaga Sunyi ini tidak dapat mengalirkan air, alias kering.

Bahkan, air telaganya pun dapat surut sehingga mengurangi debit air yang mengalir di sungai. Jadi, pintar-pintarlah memilih waktu kalau anda berniat untuk datang ke Telaga Sunyi. Usahakan berkunjung di musim pertengahan, antara musim hujan dan musim kemarau sehingga pemandangan alam yang disuguhkan oleh telaga ini pun menjadi makin lengkap.

Dengan begitu banyaknya potensi alam yang disediakan oleh Telaga Sunyi, namun hanya segelintir orang saja yang tahu akan keberadaan telaga ini. Masalah klasik yang ada tentu saja minimnya promosi. Padahal sebenarnya, ada banyak hal yang dapat digali lebih banyak dari Telaga Sunyi sebagai salah satu destinasi wisata alternatif saat berkunjung ke Baturaden.

Penataannya masih sangat minimalis dan tempat parkir yang ada juga masih apa adanya. Bukan tidak mungkin bila Telaga Sunyi diberikan kepada tangan-tangan kreatif, telaga ini dapat bersaing dengan tempat wisata lain yang berada di kawasan Baturaden.
Atau mungkin, ini berkaitan dengan banyaknya cerita mistis yang berkembang di masyarakat sehingga Telaga Sunyi memang dibiarkan sunyi selamanya. Menurut penduduk lokal, tempat ini memang dikenal dengan ‘penghuni makhluk halus’. Jadi, sangat dilarang bagi anda yang berkunjung ke telaga untuk berbicara kasar, berkata jorok atau bertingkah yang aneh-aneh.

Menurut beberapa orang yang sudah punya pengalaman, saat mereka mengucapkan kata-kata kotor, mereka secara tiba-tiba langsung jatuh ke telaga, atau merasa seperti didorong sehingga jatuh ke air telaga. Bukan hanya itu, ada juga mitos lain yang berkembang di masyarakat. Banyak juga pasangan (cewek & cowok) yang akan segera bubaran alias putus setelah mereka berwisata ke Telaga Sunyi.

Percaya nggak percaya, sudah banyak orang yang membuktikan. Biarpun ini hanya mitos, menjaga sikap dan kata-kata memang seharusnya dilakukan oleh kita, bukan? Tidak peduli tempat dan waktunya. Kalau pun anda nekat berkata jorok, siap-siap saja didorong oleh makhluk halus dan nyemplung di Telaga Sunyi. Selamat berlibur.

Keterangan * : Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Place Tags: banyumas and Telaga Sunyi.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image