Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Kampung Vietnam

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Galang, Batam

Time :

KAMPUNG VIETNAM,
JEJAK SEJARAH DUNIA DI BATAM

Batam, jika berbicara tentang wisata belanja dan wisata bahari pulau yang satu ini tidak akan ada habisnya. Bagaimana tidak ? Hampir di seluruh wilayah Batam terdapat tempat-tempat belanja maupun lokawisata bahari yang sangat unik. Lalu, bagaimana dengan wisata sejarah ? Berbicara tentang wisata sejarah di Batam ada sebuah tempat yang mempunyai nilai historis tinggi, yang merupakan sebuah saksi sejarah sebuah peristiwa dunia.

Ya, Kampung Vietnam. Mendengar namanya seolah saya teringat dengan sebuah cerita tentang Perang Vietnam. Perang tersebut merupakan perang saudara yang terjadi di Negara Vietnam pada tahun 1970’an, penyebab terjadinya perang dikarenakan jatuhnya Vietnam Selatan pada kekuasaan Vietnam Utara. Perang tersebut berlangsung sengit sehingga membawa permasalahan tersebut ke sebuah badan internasional.

Banyak warga sipil yang terdiri dari orang dewasa, anak-anak, maupun manula yang memilih meninggalkan kampung halaman mereka untuk menyelamatkan diri dari peristiwa perang karena khawatir akan terjadinya hal yang lebih buruk kepada keselamatan mereka dan keluarga mereka, ataupun alasan lainnya yang berhubungan dengan Perang Vietnam kala itu.

Para pengungsi meninggalkan kampung halaman mereka dengan menggunakan perahu, berhari-hari mereka berada di lautan tanpa tujuan yang jelas. Mereka mengarungi Laut Cina Selatan hingga tiba di Samudera Indonesia. Sampai pada suatu ketika mereka melihat sebuah pulau yang letaknya tepat di seberang dan memilih untuk menetap di pulau tersebut dalam waktu yang cukup lama.

Pulau tersebut adalah Pulau Galang yang merupakan satu diantara beratus-ratus pulau kecil yang terdapat di Kepulauan Riau. Era 1970’an Pulau tersebut sama sekali tidak berpenghuni sehingga para pengungsi menjadikan pulau tersebut sebagai kampung mereka. Permasalahan mereka tersebut kemudian terdengar hingga ke sebuah badan internasional dunia yang menangani masalah Kedamaian Dunia. Termasuk Pemerintah Indonesia yang kala itu juga bekerja sama untuk membantu permasalahan urgent yang tengah dihadapi oleh para pengungsi. Pemerintah Indonesia menyetujui permohonan para pengungsi untuk tinggal sementara di Pulau Galang.

Di Pulau Galang saat itu dihuni oleh ratusan ribu masyarakat Vietnam, warga bersama UNHCR (United Nation High Commission for Refugee), sebuah lembaga PBB bahu membahu membangun kawasan tersebut menjadi Camp bagi para pengungsi. Berbagai fasilitas sarana, prasana dan infrastruktur dibangun dengan baik guna memenuhi kebutuhan para pengungsi, seperti Gedung Sekolah, Tempat Ibadah, Balai Pertemuan maupun Restaurant yang dikelola langsung oleh para pengungsi.

Selain itu, dikawasan tersebut juga dibangun beberapa bangunan perumahan dan sarana yang disediakan untuk para pegawai UNHCR yang bertugas di kawasan tersebut seperti Area Camping Ground, Pagoda dan sebuah tempat yang bernama Galang Memorial Hall.

Menurut data yang dihimpun dari survey, ada sekitar 250.000 lebih para pengungsi di Pulau Galang pada tahun 1976 hingga tahun 1996. Kemudian, sekitar 500 orang meninggal dunia karena sakit dan sudah tua, dan dikebumikan di sebuah kawasan yang saat ini masih dirawat. Mereka hidup berbaur dengan masyarakat Indonesia yang kala itu mulai banyak membangun tempat tinggal di Pulau Galang, dan menurut informasi beberapa masyarakat Indonesia yang tinggal di kawasan tersebut, para pengungsi Vietnam tersebut ada yang sukses membangun perekonomian di Pulau ini sehingga termasuk golongan orang yang berada dan sering memberikan hibah kepada warga berupa emas murni yang harga jualnya kala itu sangat mahal.

Kemudian menurut informasi yang didapat, atas kerjasama Pemerintah Indonesia dan lembaga UNHCR, sebahagian besar dari mereka telah berhasil ditempatkan di beberapa negara yang diurus secara administratif. Sebahagian ada yang menetap di Amerika Serikat, bahkan sebahagian lagi memilih menetap di Australia. Dan kini mereka menjadikan kedua negara tersebut sebagai tempat tinggal mereka yang baru dan menjadikan negara Vietnam hanya tinggal kenangan semata.

Kini sisa-sisa Jejak kampung Vietnam di Batam telah dibuka untuk umum oleh Pemerintah Indonesia sebagai kawasan wisata sejarah yang mempunyai nilai historis tinggi dan menarik untuk dikunjungi agar para wisatawan dapat belajar dari refleksi sejarah dunia atas nilai-nilai kemanusiaan.

Berbagai peninggalan Kampung Vietnam di kawasan ini keberadaannya masih dirawat dengan baik, meskipun ada beberapa bangunan yang sudah lapuk dan hancur karena kurang terawat. Beberapa bangunan yang masih berdiri kokoh diantara Vihara, Perumahan dan Gedung milik lembaga UNHCR, Rumah Sakit, Barak Pengungsian, Tempat Ibadah dan Patung Buddha Tidur yang merupakan sebuah patung yang disakralkan. Selain itu juga terdapat perahu peninggalan pengungsi Vietnam yang digunakan untuk menyelamatkan diri ketika Perang Vietnam. Anda juga bisa meminta warga setempat menjadi pemandu selama perjalanan Anda ketika mengunjungi Kampung Vietnam ini.

Semua bangunan-bangunan tersebut menjadi salah satu saksi bisu sejarah dunia yang sayang jika Anda lewatkan apabila Anda berkunjung ke Batam. Kampung Vietnam ini jaraknya tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Batam, karena Anda hanya berjarak 50 KM dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan. Di dalam perjalanan Anda akan mendapatkan panorama alam berupa lautan luas yang indah dihiasi deretan pegunungan yang menambah eksotika alam Batam ketika melintasi Jembatan Balerang, sebuah jembatan Batam yang begitu populer.

Selain itu, bagi Anda yang mempunyai hobbi fotografi. Kawasan ini bisa menjadi salah satu objek fotografi Anda dengan tema peninggalan sejarah yang menarik.

Place Tags: batam and Kampung Vietnam.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image