Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Pantai Mirota

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Sijantung, Galang, Batam

Time :

PANTAI MIROTA, PANTAI PASIR PUTIH TERFAVORIT DI PULAU BATAM

Apa yang Anda pikirkan apabila mendengar nama Pulau Batam ?
Sebahagian besar masyarakat akan mengatakan bahwa Pulau Batam terkenal sebagai kawasan industri dan kawasan berbelanja brand-brand terpopuler. Ya, itu sangat benar dan tidak ada yang salah dengan pernyataan tersebut. Karena hampir di setiap titik di Pusat Kota Batam banyak terdapat bangunan-bangunan pabrik yang menandakan bahwa Pulau Batam bergerak dalam bidang industri, dan sektor industri adalah sektor yang dibangun sebagai mata pencaharian masyarakat Pulau Batam.

Selain itu, berbelanja brand terpopuler juga menjadi sebuah alasan para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Batam. Maka tak heran, perkembangan dan kemajuan Pulau ini menjadi salah satu sorotan para wisatawan di seluruh dunia. Apalagi pada tahun 2010 yang lalu, Pemerintah melakukan promosi pariwisata yang bertema Visit Batam 2010.

Selain terkenal sebagai kawasan industri dan Pusat berbelanja. Pulau Batam juga terkenal dengan beragam jenis wisata yang ada di pulau tersebut. Salah satu yang paling populer adalah wisata bahari, Ya ! Karena hampir di setiap pesisir Pulau Batam dan sekitarnya terdapat begitu banyak pantai dengan beragam keindahan alami yang ditawarkan, keindahan tersebut berbeda antara pantai yang satu dengan pantai yang lain. Pantai-pantai tersebut sudah cukup lama dikelola oleh Pemerintah sehingga wisata bahari termasuk salah satu pilihan bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana alam.

Salah satunya adalah Pantai Mirota, Mendengar namanya mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat Pulau Batam dan sekitarnya. Pantai Mirota ini termasuk salah satu jenis wisata bahari yang terpopuler selain Pantai Melur dan Pantai Nongsa yang namanya sudah terdengar hingga ke mancanegara. Pantai Mirota terletak di Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Pulau Galang Baru yang merupakan sebuah pulau yang memiliki begitu banyak pantai di pesisirnya meskipun sebahagian dari pantai-pantai tersebut belum dikelola dengan baik oleh pemerintah sehingga keberadaannya dibiarkan begitu saja.

Namun, untuk Pantai Mirota ini Pemerintah sudah cukup maksimal dalam mengelolanya. Pantai Mirota sendiri terletak di kawasan Jembatan V Barelang atau Jembatan Tuanku Tambusai. Sehingga apabila para wisatawan melintasi jembatan tersebut, maka akan terlihat panorama pantai yang indah dengan perairannya yang berwarna biru dan dikelilingi oleh berbagai pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sangat eksotis !

Pantai Mirota ini adalah pantai pasir putih dengan air yang cukup jernih dan ombak yang tenang serta dari kejauhan terlihat berwarna hijau kebiru-biruan. Selain itu juga terdapat banyak bebatuan karang di pesisir pantai yang menambah eksotisme pantai ini. Meskipun pantai Mirota hanya memiliki panjang sekitar 400 meter, namun panorama bentang alam disekitarnya sangat unik.

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang disuguhkan oleh panorama laut lepas, Pantai ini justru memiliki panorama berupa pulau-pulau yang terbentang dengan indah dan terlihat begitu hijau dari kejauhan, sesekali terlihat beberapa kapal tanker yang melintas di perairannya. Kedalaman Pantai Mirota ini bisa dikatakan begitu dalam, sehingga para wisatawan yang tidak mempunyai keahlian berenang dan menyelam hanya bisa bermain air atau sekedar duduk di pasir putih yang terdapat di pinggiran pantai.

Selain itu Pantai Mirota juga termasuk pantai yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan, beberapa diantaranya terlihat kalangan remaja yang datang berkelompok ke Pantai ini pada sore hari untuk sekedar menikmati suasana pantainya yang eksotis. Hari libur dan hari-hari besar lainnya adalah saat-saat dimana pantai ini begitu ramai dipadati oleh para wisatawan yang datang dari berbagai daerah, bahkan jumlahnya bisa mencapai 2 kali lipat dari hari-hari biasanya. Nah, Pantai ini hanya direkomendasikan bagi Anda yang menyukai wisata alam di tengah keramaian. Namun bagi Anda yang lebih menyukai suasana alam yang tenang, Pantai ini tidak direkomendasikan !

Pantai ini letaknya tidak begitu jauh dari Kampung Vietnam yang merupakan sebuah kawasan wisata sejarah yang pernah dihuni oleh pengungsi dari Negara Vietnam yang kala itu sedang berlangsung sebuah konflik di Negara tersebut sehingga mereka dan keluarganya terpaksa meninggalkan tanah airnya untuk menghindari konflik demi keselamatan mereka.

Selain itu Pantai Mirota juga sering jadikan objek fotografi di kalangan fotografer dan juga sebagai tempat berkumpulnya Komunitas Fotografer Pulau Batam untuk mengadakan silaturahmi. Bahkan terkadang ada beberapa orang yang menjadikan Pantai Mirota sebagai objek foto Prewedding.

Harga tiket masuk ke kawasan Pantai Mirota ini sangat terjangkau, hanya Rp. 3.000,- Anda sudah dapat menikmati berbagai keindahan yang ada di kawasan Pantai ini. Untuk menuju kawasan Pantai ini tidaklah sulit, hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Kota Batam menuju ke Jembatan Tuanku Tambusai, Barelang. Kemudian setelah melintasi jembatan, maka 500 meter kemudian akan ditemukan Pantai Mirota yang eksotis ini. Jalan yang ditempuh menuju kawasan Pantai ini pun relatif baik dan tidak ditemukan kerusakan di beberapa infrastruktur jalanan.

Bagi Anda yang datang dari luar kota atau luar daerah, pihak pengelola Pantai Mirota juga menyediakan tempat penginapan berupa cottage yang dapat digunakan oleh para wisatawan dengan harga Rp. 400.000,-. Namun penginapan ini hanya menyediakan fasilitas listrik pada malam hari saja.

Place Tags: batam, mirota, pantai, and Pantai Mirota.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image