Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Pantai Nongsa

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Nongsa, Batam

Time :

PANTAI NONGSA, KEUNIKAN PANTAI PASIR PUTIH

Tidak akan ada habisnya apabila berbicara tentang Pulau Batam, selain menjadi salah satu kawasan perindustrian terbesar di Indonesia dan menjadi tujuan para shopaholic untuk berbelanja berbagai macam brand ternama, ternyata Pulau Batam juga mempunyai kekayaan alam yang keindahannya tidak terkalahkan dengan keindahan kekayaan alam di daerah lain. Kekayaan alam tersebut semakin gencar di kembangkan menjadi potensi pariwisata oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Ya, meskipun Indonesia merupakan negara Kepulauan dimana ada berbagai pulau baik pulau besar maupun pulau kecil yang mengelilinginya tetapi Pulau Batam merupakan satu dari sekian banyak pulau kecil di Indonesia yang selalu menjadi sorotan di berbagai belahan dunia karena mempunyai potensi pariwisata yang menarik, baik wisata bahari dengan keindahan alam yang sangat eksotis maupun wisata belanja dan kuliner.

Wisata bahari adalah pilihan wisata yang paling populer di Pulau Batam karena setiap tepinya banyak ditemukan beraneka ragam pantai dengan view alam yang indah, bahkan di bawah lautnya juga terdapat terumbu karang dan satwa-satwa air yang pupolasinya masih terjaga dengan baik. Salah satu pantai yang populer di Pulau Batam adalah Pantai Nongsa. Sebahagian besar masyarakat Pulau Batam dan sekitarnya pasti tidak asing lagi dengan Pantai yang satu ini.

Keindahan yang terpancar dari airnya yang jernih dan berpasir putih dengan View alam di seberang pantainya membuat pantainya begitu menarik hati para wisatawan, khususnya bagi pecinta wisata bahari. Pantai Nongsa adalah salah satu tujuan wisata bahari yang hampir setiap tahun selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Pantai Nongsa ini terletak di pesisir utara Pulau Batam, tepatnya di kawasan Kampung Nongsa, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa. Dinamakan Nongsa karena mengambil nama dari nama seorang Tokoh Melayu – Riau di Batam yang bernama Nong Isa, beliau berkuasa pada abad ke-18 dan merupakan seorang penguasa yang mengembangkan kawasan Pantai Nongsa pada masa itu. Menurut informasi, Kampung Nongsa adalah kampung yang pertama kali berada di Pulau Batam sebelum lahirnya kampung-kampung yang lain di sekitar Pulau Batam.

Kampung Nongsa dikenal masyarakat Batam sebagai kampung yang sangat bersahaja dengan keramahan penduduknya yang menciptakan suasana tradisional khas Indonesia. Ya, meskipun kini kondisi Kampung Nongsa tidak begitu ramai tapi keberadaan kampung ini masih dipertahankan sampai sekarang oleh Pemerintah Daerah demi melestarikan budaya Pulau Batam.

Pantai Nongsa sendiri bisa dikatakan pantai yang strategis, karena terletak diantara selat Singapura yang menghubungkan Perairan Indonesia dengan Perairan Singapura, maka para pengunjung dapat menyaksikan langsung View Negara Singapura dan Negara Malaysia yang letaknya tepat diseberang Pantai Nongsa. Pada malam hari sebuah View indah berupa bangunan gedung pencakar langit dan kerlap kerlip lampu dari Negara Singapura menambah eksotika Pantai Nongsa ini. Bahkan pada senja hari, di Pantai ini dapat kita lihat langsung peristiwa matahari terbenam yang merupakan view paling indah ketika berada di pantai.

Ada satu yang sangat menarik di kawasan Pantai Nongsa ini, yaitu sebuah pulau yang terletak di seberang Pantai Nongsa. Pulau tersebut bernama Pulau Putri yang merupakan sebuah pulau kecil yang masih menjadi bagian dari Provinsi Kepulauan Riau. Pulau Putri sendiri mempunyai keindahan alam yang tak kalah menariknya selain Pantai Nongsa. Maka wisatawan-wisatawan yang datang ke Pantai Nongsa sayang sekali rasanya apabila tidak singgah sejenak ke Pulau Putri.

Karena merupakan salah satu pantai yang populer di Pulau Batam, Pantai Nongsa ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan. Bahkan hampir setiap harinya, Pantai Nongsa selalu ramai oleh wisatawan. Peningkatan jumlah wisatawan biasanya terjadi pada hari libur ataupun hari besar. Wisatawan tersebut tentunya berasal dari dalam dan luar negeri, kadang terlihat juga masyarakat Pulau Batam yang berada di Pantai ini sekedar bersantai bersama keluarga dan teman-teman sambil menikmati keindahan alam.

Bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah maupun luar negeri, pihak pengelola Pariwisata Pantai Nongsa juga menyediakan beberapa fasilitas Resort dengan taraf Internasional. Seperti Turi Beach Resort dan Nongsa Point Marina yang berbatasan langsung dengan arena Golf yang bernama Palm Spring.

Tiket masuk ke kawasan Pantai Nongsa ini juga sangat terjangkau, hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 9.500,- para wisatawan sudah dapat menikmati keindahan Pantai Nongsa dan keindahan alam disekitarnya. Pantai Nongsa ini juga dapat digunakan untuk melaksanakan berbagai kegiatan acara seperti Camping Ground atau pun acara Gathering. Bahkan wisata pantai ini dibuka selama 24 jam oleh pihak pengelola yang berarti tidak ada batasan waktu bagi para wisatawan apabila ingin berkunjung ke kawasan ini.

Untuk mencapai lokasi Pantai Nongsa ini, para wisatawan biasanya menggunakan taksi yang terdapat di sekitar Bandara ataupun di Kota Batam. Dengan jarak tempuh sekitar 20 – 30 menit dari Bandara Hang Nadim atau 40 – 50 menit dari Kota Batam. Bagi para wisatawan yang berasal dari Singapura dan Malaysia, biasanya mereka menggunakan jasa Kapal Ferry yang terdapat di dermaga Tanah Merah (Singapura) dengan tujuan Terminal Ferry Nongsa, (Kecamatan Nongsa – Batam) dengan jarak tempuh hanya belasan kilometer.

Place Tags: batam, nongsa, pantai, and Pantai Nongsa.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image