Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Kampung Tua Cina

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Jln. DI Panjaitan, Bengkulu

Time :

Kampung Tua Cina – Bengkulu

Kampung Tua Cina – Pernah berkunjung ke kota Bengkulu? Kalau pernah, sudahkah anda berkunjung ke tempat yang satu ini? sebuah perkampungan yang banyak ditempati oleh penduduk yang berasal dari keturunan tionghoa. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang menjadi lokasi wisata bersejarah yang ada di kota Bengkulu.

Lokasi dan Akomodasi

Lokasi dari kampung cina di kota Bengkulu ini, terletak di jalan DI Panjaitan, yaitu di antara jalan ahmad yani, jalan bencoelen street dan jalan pariwisata, tepatnya tidak jauh dari simpang tiga diantara ketiga jalan yang telah disebutkan diatas. Untuk menuju ke lokasi kampung cina ini, kita bisa memilih ingin menggunakan transportasi apa, bisa menggunakan angkutan umum, dan juga bisa menggunakan kendaraan sendiri.

Jika anda menggunakan kendaraan sendiri, anda bisa dengan mudah menemukan lokasi dari kampung cina ini, karena letaknya tidak jauh dari pusat kota bengkulu. Jika anda membawa mobil sendiri, ada baiknya anda datang dari jalan pariwisata, karena jika anda datang dari jalan pariwisata, anda bisa dengan mudah menemukan lokasi dari kampung cina ini, anda tinggal lurus saja mengikuti jalan pariwisata ini hingga anda menemukan simpang tiga antara jalan pariwisata, jalan ahmad yani, dan bencoolen street.

Setelah anda menemukan simpang tiga ini, anda harus belok ke kanan atau masuk ke jalan ahmad yani, setelah anda masuk ke jalan ahmad yani, tidak jauh dari persimpangan tadi, anda akan menemukan jalan DI Panjaitan. Nah di Jalan DI Panjaitan inilah lokasi dari kampung cina ini berada.

Namun, jika anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa menggunakan angkutan kota (angkot). Angkutan kota yang melintasi daerah ini adalah angkutan kota yang berwarna kuning. Angkot ini akan melintasi daerah lingkar barat, Padang harapan, skip, padang jati, jalan soeprapto dan terakhir angkot ini akan melintasi kampung cina. Nah, anda tinggal meminta kepada si supir untuk berhenti di daerah kampung cina ini. Ongkos yang harus anda keluarkan untuk membayar angkot ini sebesar Rp 2.000*)

Selain angkot, anda juga bisa menggunakan transportasi lainnya, seperti Ojek, taksi, dan mobil sewaan. Untuk ojek, biasanya akan anda temui di sekitar komplek-komplek atau perumahan, persimpangan jalan, dan disekitaran pasar. Untuk ongkos biasanya tergantung kesepakatan anda dengan si tukang ojek. Sementara untuk taksi, anda bisa menemukan nya di pusat kota atau di pusat-pusat perbelanjaan di kota bengkulu. Dan untuk jasa mobil sewaan atau mobil rental, banyak terdapat di kota bengkulu. Tarif nya pun beragam, tergantung dari jenis mobil dan lama pemakaian yang anda gunakan.

Wisata

Mungkin, sebagian wisatawan yang mengunjungi Bengkulu, sudah tau tentang objek wisata Benteng Marlborough, Nah areal Pemukiman bersejarah yang disebut dengan nama Kampung Tua Cina ini berlokasi tidak begitu jauh dari lokasi Benteng Marlborough tersebut, kurang lebih sih mungkin hanya sekitar 190 meter saja jaraknya, hanya saja letaknya memang agak ke selatan dari Benteng Marlborough itu.

Wilayah atau areal dari Kampung Tua Cina ini memang sudah sejak dulu menjadi daerah pemukiman masyarakat yang berketurunan tionghoa di kota Bengkulu, tepatnya sejak masa penjajahan Kolonial Inggris dulu. Di wilayah Kampung Tua Cina ini juga ada beberapa peninggalan-peninggalan arkeologi, yang salah satu contohnya adalah Rumah-rumah tempat tinggal masyarakat setempat yang memiliki arsitektur Cina yang amat khas dan asli.

Memang tidak begitu banyak, kurang lebih hanya ada sekitar 20 buah Rumah tempat tinggal dengan arsitektur khas Cina di kawasan Kampung Tua Cina ini, umumnya semua rumah unik-unik tersebut memiliki 2 lantai dengan atap yang melengkung ke atas, dan bentuk badan Rumahnya juga agak memanjang ke belakang seperti rumah-rumah lama yang ada di Cina pada umumnya.

Seperti hal nya rumah-rumah masyarakat di negeri cina, rumah-rumah tempat tinggal di sini juga diberi hiasan terawangan yang biasanya di letakkan di atas jendela-jendela, hiasan terawangan ini juga memiliki fungsi sebagai ventilasi untuk siklus keluar masuknya udara di rumah itu, kebanyakan rumah dengan arsitektur Cina, pasti memiliki hiasan terawangan seperti itu.

Semakin lama jaman juga semakin berubah, dan tiap-tiap generasi pun memiliki pemikiran yang berbeda, bangunan lama pun sudah banyak yang bobrok, dan perbaikan demi perbaikan hampir mengubah bentuk dari rumah-rumah di kawasan Kampung Tua Cina ini, ya meskipun tidak berubah total, masih ada sebagian yang sudah di pertahankan keaslian arsitekturnya.

Melihat hal ini pemerintah daerah kota Bengkulu ikut merasa wajib untuk mempertahankan warisan sejarah yang ada di kota Bengkulu ini, Jadi untuk mempertahankan keidentikan dan ciri khas dari Kampung Tua Cina ini, di bangunlah sebuah gerbang dengan corak dan arsitektur khas negeri cina di depan Benteng Marlborough, nah gerbang ini lah yang menandakan bahwa anda akan memasuki daerah pemukiman Kampung Tua Cina tersebut.

Tips
1. Jika anda datang ke Kampung Tua Cina ini untuk menikmati suasana khas kota cinanya, sebaiknya anda menggunakan sepeda, karena dengan berkeliling di kawasan ini mengunakan sepeda dengan santai akan membuat suasana Cina kuno nya benar-benar terasa, lalu lalang kendaraannya juga tidak begitu ramai.

2. Anda bisa menggunakan pemukiman Kampung Tua Cina ini sebagai tempat berfoto, lingkungannya bagus dan tidak kotor, jika anda berfoto di trotoar yang ada di depan rumah-rumah cina itu, mungkin bisa terkesan bahwa anda benar-benar pergi ke Cina.

3. Kalau disana ada tempat jualan pernak pernik khas cina, anda beli saja sebgai oleh-oleh, jadi bisa melengkapi liburan anda ke Negeri Cina KW 10 kan.

Bagaimana tertarik untuk berkunjung kemari? Jangan sungkan-sungkan. Selain mendapatkan pengalaman baru, suasana layaknya di negeri Cina pun bisa anda rasakan di tempat ini. Jadi tak perlu jauh-jauh untuk mengenal budaya Cina di negeri kita. Selamat berlibur ya.

Place Tags: bengkulu and Kampung Tua Cina.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image