Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Danau Labuan Cermin

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Berau, Kalimantan Timur

Time :

Danau Labuan Cermin

Jika diibaratkan sebagai batu, maka Danau Labuan Cermin adalah permata di pedalaman Kalimantan. Danau ini merupakan keajaiban alam yang sangat indah yang bisa ditemukan di Indonesia. Terisolasi oleh jarak di Kecamatan Biduk-Biduk yang merupakan bagian dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, membuat danau ini begitu jauh sehingga tidak banyak yang mendatanginya. Bila berangkat melalui jalur darat dari Tanjung Redeb, ibukota Kabupaten Berau, maka perjalanan akan memakan waktu 8 jam.

Sementara bila berangkat dari Pulau Derawan, maka dibutuhkan waktu selama 3 jam perjalanan menggunakan speed boat untuk menuju lokasi danau. Tapi seperti yang akan dijelaskan pada tulisan kali ini, perjalanan jauh akan terasa sepadan dengan apa yang akan ditemukan ketika telah sampai ke Danau Labuan Cermin.

Danau Labuan Cermin yang berada jauh di pedalaman Kalimantan mempunyai kondisi perairan dan alam disekelilingnya yang masih sangat terjaga. Ada hutan yang mengelilingi danau dengan pepohonan hijau yang menjulang tinggi dari atas permukaan tanah. Sementara perairan danau itu sendiri begitu indah dengan warna biru kehijauan. Bila ada cahaya matahari yang menerpa permukaan danau, maka pantulannya akan membuat permukaan danau seakan-akan sebuah cermin. Oleh karena itulah danau ini disebut dengan nama Danau Labuan Cermin.

Jika anda melihat dari tepi danau dimana warna perairannya dan langit diatasnya yang berwarna biru, seakan-akan seperti sandwich dengan lapisan isi berupa pepohonan hijau pada bagian tengahnya. Itu saja sudah menjadikan danau ini memiliki suasana alam yang begitu indah. Tapi itu belum semuanya. Masih ada lagi keunikan dari Danau Labuan Cermin yang membuatnya menjadi sangat berharga untuk dikunjungi, meskipun berada di pedalaman Kalimantan.

Hal yang paling menarik dari Danau Labuan Cermin adalah perairannya yang terdiri dari 2 lapisan berbeda. Lapisan paling atas adalah air tawar, sementara lapisan dibawahnya merupakan air asin. Anehnya air tawar dibagian atas danau dan air asin dibagian bawahnya tidak bercampur membentuk air payau seperti umumnya ditemukan pada perairan sungai yang bertemu langsung dengan laut. Namun kedua lapisan air yang berbeda ini saling terpisah satu sama lain.

Dengan lapisan agak keruh berwarna keputih-putihan yang menjadi pembatas antara kedua lapisan air. Jadi seakan-akan ada 2 dunia yang berbeda pada 1 danau yang sama dengan lapisan seperti awan ditengahnya. Lapisan pembatas berwarna putih keruh ini diperkirakan merupakan timbunan dari jasad renik yang telah membusuk dan terperangkap tidak bisa pergi diantara 2 dunia yang berbeda.

Karena perairan Danau Labuan Cermin yang mempunyai karakteristik berbeda, yaitu air tawar pada bagian atas dan air asin dibawahnya, maka makhluk air yang tinggal disini pun berasal dari dunia yang berbeda pula. Ikan air tawar akan berenang pada bagian atas perairan danau, sementara ikan air asin terlihat bergerombol dalam kelompok besar pada lapisan dibawahnya yang mempunyai perairan berupa air asin.

Penyu hijau yang berasal dari laut lepas sesekali juga mampir di perairan ini. Bahkan karang pun bisa hidup di dasar danau yang perairannya masih bisa ditembus oleh sinar matahari. Sehingga memungkinkan karang untuk memperoleh pasokan cahaya matahari yang mencukupi bagi kelangsungan hidupnya. Makhluk laut dari 2 dunia yang dihadirkan oleh Danau Labuan Cermin merupakan salah satu keajaiban alam yang sayang untuk dilewatkan bila anda berkunjung ke Kalimantan.

Jika datang ke Danau Labuan Cermin dari Pulau Derawan, maka anda bisa berkeliling menggunakan speed boat sama yang digunakan untuk tiba disini. Seandainya datang melalui jalur darat, jangan kecewa terlebih dahulu karena tidak bisa berkeliling mengitari danau. Karena disini juga terdapat perahu para nelayan yang pemiliknya bisa mengantarkan anda untuk mengelilingi danau.

Berkeliling di danau dengan permukaan airnya yang seperti cermin bila terkena cahaya matahari dengan warna biru kehijauan yang sangat indah sudah merupakan pengalaman yang luar biasa. Dengan pemandangan hutan disekelilingnya yang tidak kalah mempesona. Bisa terdengar suara serangga sayup-sayup dari dalam hutan disekeliling danau. Belum lagi suara monyet yang bersahut-sahutan seperti sedang berkomunikasi satu sama lain. Kombinasi antara hutan dan perairan danau menghadirkan suasana alam yang begitu eksotis.

Tentu saja belum lengkap rasanya bila tidak langsung merasakan air Danau Labuan Cermin membasahi tubuh dengan cara menceburkan diri ke danau. Air tawar pada permukaan danau terasa begitu segar ketika menyentuh kulit pada saat berenang di danau. Peralatan snorkling bisa membantu anda untuk menyelam lebih lama ketimbang tanpa menggunakan peralatan apapun. Ada lebih banyak kesenangan yang bisa ditemui beberapa meter dibawah permukaan danau.

Dimana pertemuan antara dua lapisan air tawar dan air asin yang dihuni oleh makhluk air dari 2 alam yang berbeda akan membuat anda betah berlama-lama menyelam. Coba keluarkan lidah anda ketika berada di permukaan dan bandingkan rasa airnya ketika sudah menyelam beberapa meter kedalam danau. Tergantung dari keadaan perairan yang sedang surut atau pasang, anda sudah bisa menyelam dari satu lapisan ke lapisan yang berbeda di Danau Labuan Cermin hanya dengan turun sejauh 2 hingga 3 meter dari permukaan.

Jadi jangan lupa untuk membawa peralatan snorkling ketika berkunjung ke Danau Labuan Cermin.

Place Tags: berau, danau, and Danau Labuan Cermin.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image