Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Curug Ngumpet

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Gunungsari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat

Time :

Menikmati pesona pemandangan alam yang tersaji pada salah satu kawasan air terjun yang eksotik, merupakan sebuah kegiatan yang dapat memberikan sensasi serta pengalaman tersendiri pastinya. Selain mampu memberikan kesan serta kenangan indah didalam ingatan, kegiatan tersebut juga akan menjadi sebuah pengalaman berpetualang yang begitu berharga.

Pasalnya memang dibutuhkan sedikit perjuangan untuk dapat mencapai lokasinya. Mulai dengan melintasi jalan setapak dan penuh dengan bebatuan, serta menyusuri rindangnya pepohonan didalam hutan. Kedua hal tersebut, seperti menjadi sebuah tantangan tersendiri yang sejatinya harus ditaklukkan guna dapat menyaksikan keindahan yang disajikan oleh sebuah kawasan air terjun.

Begitu juga halnya dengan beberapa sajian objek wisata air terjun yang dapat kita jumpai dikota Bogor. Terdapat sebuah kawasan yang telah menjelma menjadi salah satu lokasi utama, untuk kita kunjungi guna dapat menikmati berbagai pesona serta keindahan alam yang ditawarkan pada beberapa kawasan air terjun. Salah satunya, yakni Taman Wisata Gunung Salak Endah.

Selain menjadi sebuah kawasan konservasi, guna melindungi berbagai jenis kekayaan alam berupa beraneka jenis vegetasi tumbuhan, serta beragam spesies satwa, Taman Wisata Gunung Salak Endah juga menyimpan beberapa objek wisata berupa air tejun yang menarik untuk kita kunjungi. Salah satunya, yakni Curug Ngumpet.

Curug Ngumpet lebih tepatnya berada disekitar Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Dimana untuk sampai dilokasinya kita terlebih dahulu harus memasuki kawasa Taman Wisata Gunung Salak Endah. Sementara untuk sampai pada areal pintu gerbang atau pos penjagaan kawasan konservasi ini, kita dapat menempuh perjalanan lebih kurang sekitar 38 kilometer melalui kota Bogor.

Nah, lokasi pintu masuk menuju kawasan wisata air terjun Curug Ngumpet hanya berjarak lebih kurang sekitar dua kilometer dari lokasi pintu gerbang kawasan Taman Wisata Gunung Salak Endah.

Pada dasarnya terdapat beberapa pilihan rute atau akses jalan yang dapat kita gunakan untuk mencapai lokasi kawasan Taman Wisata Gunung Salak Endah. Namun rute melalui Jalan Raya Bogor, dianggap oleh sebagian kalangan sebagai salah satu akses yang terdekat sekaligus tercepat yang bisa kita gunakan guna mencapai kawasan wisata alam tersebut. Selain itu, kondisi jalanya juga tergolong lebih baik dan lebih mulus dibandingkan dengan beberapa pilihan rute-rute yang lain.

Nah, bagi para pengujung yang menyukai kegiatan berpetulang dialam terbuka, khususnya para pecinta alam, kawasan wisata air terjun Curug Ngumpet menjadi salah satu areal yang dapat kita kunjungi guna menyalurkan kegemaran penuh sensasi tersebut. Pasalnya untuk dapat menyaksikan, sekaligus menikmati pesona serta keindahan air terjun yang terdapat didalam kawasan Taman Wisata Gunung Salak Endah tersebut, kita memang harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Terdapat beberapa rintangan alam yang akan kita temukan pada lintasan atau jalan setapak dengan panjang lebih kurang sekitar 200 meter tersebut. Mulai dari jalanan yang penuh dengan bebatuan, serta sebagian permkaannya juga tampak dipenuhi oleh lumut, hingga kondisi cuaca yang seringkali berubah menjadi gelap dan disertai oleh hujan. Nah, keadaan tersebut pastinya semakin meningkatkan hasrat berpetualang anda bukan? Meski waktu yang dibutukan untuk sampai dikawasan air terjun Curug Ngumpet tergolong relatif singkat, yakni hanya lebih kurang sekitar 15 – 20 menit saja. Namun perjalanan menyusuri lintasan setapak tersebut, akan terasa begitu berkesan dan menyenangkan.

Selain itu, hamparan panorama alam yang masih begitu asri dan alami, juga turut menjadi sahabat setia yang akan menemani kita disepanjang perjalanan menuju kawasan Curug Ngumpet. Nah, bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, juga tidak perlu merasa khawatir. Pasalnya pihak pengelola telah menyediakan sebuah areal parkir yang aman dan nyaman disekitar areal pintu masuk. Jadi, kita tetap bisa melanjutkan perjalanan dengan penuh dengan keceriaan.

Tidak diketahui dengan pasti bagaimana asal mula tercetusnya nama air terjun tersebut. Mungkin lokasinya yang tampak tengah bersembunyi dibalik rindangnya pepohonan menjadi alasan mengapa disebut dengan Curug Ngumpet. Namun yang pasti Curug Ngumpet menjadi salah satu air terjun yang indah juga memiliki keunikan serta keistimewaan tersendiri.

Dengan ketinggian lebih kurang mencapai 45 meter, lokasinya juga tampak semakin indah dengan adanya perpaduan indah dari berbagai jenis pohon serta tanaman semak belukar yang tumbuh dengan subur menghiasi setiap sudut yang ada disekitarnya.

Selain itu, terlihat pula dinding bebatuan pada aliran air yang mengalir dengan deras tersebut, tampak dipenuhi oleh lumut berwarna hijau cerah. Salah satu unsur alam tersebut semakin memberikan kesan eksotik pada Curug Ngumpet. Nah, dapat dipastikan bila perpaduan antara beberapa unsur berwarna hijau tersebut, telah menjelma menjadi sebuah sajian indah yang mampu membuat terpukau siapa saja yang datang memandangnya.

Berbagai kegiatan penuh keceriaan juga dapat kita lakukan disekitar kawasan air terjun tersebut. Mulai dari bersantai sembari mengabadikan pemadangan indah yang disajikan lewat mata lensa, hingga bermain sambil menikmati sejuknya air yang juga mengalir pada beberapa aliran sungai-sungai kecil disekitarnya. Bagi anda yang ingin berkemah, kawasan air terjun Curug Ngumpet juga dapat menjadi lokasi yang tepat untuk melakukan kegiatan tersebut bersama rekan-rekan anda.

Place Tags: Air Terjun, bogor, and Curug Ngumpet.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image