Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

3 out of 5 stars based on 2 Reviews

Address : Karang Tengah, Citeureup, Bogor, Jawa Barat

Time :

Mengupas berbagai pesona pemandangan alam yang tersimpan didaerah Bogor, seperti tidak akan pernah ada habisnya. Sebagai salah satu daerah dengan kondisi geografis, yakni berada pada dataran tinggi, serta tampak dikelilingi dan diapit oleh sederetan kawasan pegunungan, menjadikan kota Bogor begitu dikenal oleh banyak kalangan wisatawan, sebagai salah satu daerah yang juga banyak sekali menawarkan berbagai jenis sajian objek wisata alam. Salah satunya, yakni Taman Wisata Alam Gunung Pancar.

Kawasan yang menawarkan berbagai jenis sajian kegiatan berwisata alam tersebut, terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Terdapat beberapa pilihan akses jalan yang dapat kita gunakan untuk mencapai kawasan wisata alam ini.

Salah satunya, yakni dimana para pengunjung dapat menempuh perjalanan melalui arah kota Jakarta untuk menuju kota Bogor. Nah, Desa Karang Tengah hanya berjarak lebih kurang sekitar 25 kilometer, bila ditempuh dari arah kota ini. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk sampai dikawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar, yakni lebih kurang sekitar 1 – 1,5 jam.

Gunung Pancar sejatinya merupakan salah satu dari sederetan kawasan pegunungan yang turut menghiasi wajah kota Bogor. Berbagai jenis kekayaan hayati berupa beraneka jenis vegetasi tanaman khas hutan alam pegunungan dataran rendah, serta berbagai jenis tumbuhan semak belukar, tampak tumbuh dengan subur mengelilingi kawasan yang lokasinya juga berada pada ketinggian lebih kurang sekitar 300 – 800 meter diatas permukaan laut tersebut.

Beberapa jenis dari vegetasi tanaman hutan tersebut, diantaranya yakni Rasamala, Pohon Beringin, Puspa, Saninten, Jamuju, Rotan, serta berbagai jenis tanaman jenis lainnya. Disepanjang perjalanan menuju Taman Wisata Alam Gunung Pancar, kita juga akan disuguhkan dengan pemandangan berupa hamparan pohon pinus yang rindang, dan terlihat semakin menambah indahnya pesona alam yang tersaji dikawasan wisata tersebut.

Selain itu, beberapa jenis dan spesies dari satwa liar juga turut melengkapi kakayan hayati yang terdapat pada Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Diantaranya, yakni Owa, Surili, Kera, Jelarang, Babi Hutan, serta berbagai jenis burung seperti Elang, Kutilang, Ayam Hutan Merah, Jalak, Srigunting, serta burung Enggang.

Menikmati panorama alam yang tersaji pada kawasan Gunung Pancar memang menjadi salah satu suguhan wisata yang menarik, sekaligus mampu memanjakan jutaan pasang mata yang hadir untuk menyaksikannya. Beraneka jenis pepohonan yang tampak begitu indah menyelimuti hampir seluruh bagian permukaan kawasan tersebut, terasa semakin lengkap ketika berpadu dengan sejuknya udara yang disajikan. Hal ini mampu menawarkan sebuah pesona alam yang terasa begitu mengesankan. Tidak salah bila kawasan ini, telah dikembangkan untuk menjadi salah alternatif guna berwisata alam.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar, sejatinya mulai dikembangkan sebagai salah satu kawasan wisata sejak tahun 1994 silam. Pengelolaan berbagai potensi yang disajikan juga diserahkan kepada PT. Wana Wisata Indah, dimana saat ini telah banyak sekali potensi alam yang dimanfaatkan guna menjadi beberapa objek menarik, sekaligus menawarkan berbagai bentuk kegiatan berwisata alam. Diantaranya, yakni sebagai areal untuk melakukan kegiatan pendakian, kemping atau berkemah, berkuda, bersepeda, serta areal untuk melakukan kegiatan tracking atau melintasi alam.

Selain itu, untuk menikmati panorama alam yang tersaji dikawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar, kita juga dapat mengunjungi sebuah lokasi menarik yang juga masih terdapat didalam kawasan wisata tersebut, yakni Giri Tirta Hot Spring Resort and Spa. Suasana alam yang tersaji pada kawasan ini, tampak begitu indah dan mengesankan. Dibangun dengan desain dan bentuk layaknya sebuah taman didalam hutan, Giri Tirta telah menjelma menjadi salah satu kawasan wisata rekreasi.

Pihak pengelola Giri Tirta Hot Spring Resort and Spa, juga telah menyediakan berbagai fasilitas lengkap pada kawasan yang sejatinya juga menawarkan panorama pemandangan alam, berupa hamparan pepohonan pinus tersebut. Mulai dari berbagai jenis kolam penampungan air panas dengan bentuk dan desain yang indah, serta penginapan-penginapan berupa Villa dengan berbagai jenis pilihan tipe ataupun ukuran. Tidak salah bila kawasan ini, juga banyak sekali dimanfaatkan oleh kalangan wisatawan sebagai lokasi tujuan untuk berwisata.

Giri Tirta Hot Spring Resort and Spa, juga merupakan sebuah kawasan pemandian air panas yang memiliki keunikan tersendiri. Dimana air yang juga bersumber dari Gunung Pancar tersebut, sama sekali tidak memiliki bau ataupun mengandung unsur belerang. Namun air tersebut, tetap memiliki keistimewaan serta memberikan banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh.

Cukup dengan berendam didalam kolam air panas selama beberapa menit, dipercaya mampu melancarkan kembali sistem peredaran darah, membantu mengeluarkan toxin atau zat racun, serta menghancurkan lemak jahat yang berlebihan dari dalam tubuh. Nah, menarik dan layak untuk dicoba bukan?

Selain itu, untuk lebih memanjakan para pengunjung, pihak pengelola juga telah menyediakan berbagai paket wisata menarik lainnya. Diantaranya, yakni paket perawatan kebugaran dan kecantikan dengan metode terapi Balneotherapy. Yakni dimana tubuh kita akan diolesi dengan lulur yang berbahan dasar dari tanaman lumut. Wah, menarik sekali bukan? Konon menurut dari beberapa sumber, lumut tersebut dipercaya mampu merawat dan menyerap mineral jahat dari dalam tubuh.

Place Tags: Taman Wisata Alam Gunung Pancarm bogor.

2 User Reviews on Taman Wisata Alam Gunung Pancar
aprilian_teja lives in

benar sekali untuk obyek wisata ini memang sungguh masih alami, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda mau berkunjung ke obyek wisata ini.
Hal yang pertama harus anda perhatikan adalah akses jalan ke obyek wisata ini masih belum sebagus obyek wisata lain seperti puncak/taman safari. Ada beberapa jalur yang dapat anda lewati seperti lewat cimahpar bogor (rusak ajah) atau lewat sentul city. Mungkin untuk beberapa waktu kedepan ada akses yang lebih bagus karena di dekat obyek wisata ini akan ada obyek wisata baru yaitu Jungle Land.
Selain hal yang dituliskan diatas, anda juga dapat melakukan olahraga sepeda gunung alias downhill disini, untuk jalur sepeda downhill ini cukup memacu adrenalin koq, jadi yang punya hobi downhill silahkan mencoba jaur disini yaa.,.

Assessment on 03-17-2013
2 User Reviews on Taman Wisata Alam Gunung Pancar
Yoniar Hufan Ramadha lives in

Jalur rekomendasi : via sentul city, sebelum pintu masuk jungleland belok ke kanan :) Jalan memang sedikit sempit (2 mobil ngepres) namun relatif baik, hanya di lokasi parkir masih berbatu.
Obyek wisata utamanya adalah pemandian air panas (berbeda dengan foto yang ditampilkan diatas, foto tsb merupakan lokasi Giri Tirta Resort and Spa), dengan dua jenis yaitu yang bagi umum (tidak perlu membayar lagi selain tiket masuk) atau yang private (Rp.25,000,/orang atau Rp.100.000/keluarga/jam) yang kedua ini juga bagi umum namun memiliki fasilitas lebih baik dan memiliki sekat, berbeda dengan yang umum karena cenderung terbuka dan fasilitasnya kurang baik walau tersedia juga semacam kamar mandi air panas di lokasi ini. semoga fasilitasnya semakin ditingkatkan sebagai alternatif obyek wisata yang tidak jauh dari kota :)

Assessment on 11-07-2013

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image