Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Ngarai Sianok (Part 2)

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Bukittinggi, Sumatera Barat

Time :

Ngarai Sianok – Bukit Tinggi

Ngarai Sianok – merupakan salah satu keindahan alam Sumatera Barat. Provinsi ini tidak hanya terkenal akan makanan khasnya yang sering kali kita temukan di rumah makan padang di daerah kita masing-masing.

Provinsi sumatera barat ini ternyata memiliki tempat-tempat wisata yang juga sangat mengagumkan, contohnya adalah tempat wisata yang ada di kota Bukit Tinggi, dimana objek yang paling terkenal di kota Bukit Tinggi itu adalah Lembah Ngarai Sianok yang keindahan panoramanya tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata.

Lokasi dan Transportasi

Ngarai sianok merupakan objek wisata yang paling terkenal di kota Bukit Tinggi, Ngarai sianok ini adalah objek wisata berupa sebuah lembah curam (jurang) yang letak nya berada di jantung kota Bukit Tinggi, Provinsi Sumatera Barat. Lembah ini memanjang dan berbelok dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai ke Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir di Palupuh.
Letaknya tepat di pusat kota Bukit Tinggi.

Jika dari kota Padang, kota Bukit Tinggi ini bisa anda tempuh dengan waktu perjalanan kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan darat. Dengan menggunakan kendaraan umum dengan tarif kurang lebih sekitar Rp 15.000*) sampai dengan Rp 20.000*) per orang nya.

Setelah sampai di kota bukit tinggi, untuk menemukan lokasi ngarai sianok ini tidaklah sulit. Untuk menuju ke sini, anda bisa menggunakan kendaraan sendiri atupun angkutan umum.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju ke lokasi dari ngarai sianok ini. Angkutan umum yang bisa anda gunakan adalah angkutan kota dan bendi atau kendaraan berupa delman yang bisa anda temukan di terminal pasar di kota bukit tinggi ini.

Dengan tarif kurang lebih sekitar Rp 2.500*) sampai dengan Rp 3.000*) per orang nya. Selain menggunakan angkutan kota dan bendi, anda lebih baik menggunakan mobil sewaan, jasa travel, atau pun mobil pribadi untuk menghindari terjadinya gonta-ganti kendaraan.

Wisata

Ngarai sianok ini memiliki anak sungai di dasar lembahnya, sungainya juga berair jernih, sangat segar jika di gunakan untuk mandi. Anda juga bisa menyeberangi sungai ini dengan kano atau kayak.

Setelah sampai di seberang, anda bisa menaiki tebing ngarai sianok yang satunya lagi dengan menaiki tangga yang sangat banyak keatas, setelah sampai di atas, anda perlu berjalan sedikit lagi saja untuk sampai ke sebuah desa kecil yang masih bagian dari kawasan Sumatera Barat.

Lembah Ngarai Sianok ini memiliki kedalaman 100 meter, jadi jangan coba-coba untuk meloncat ke bawah sana. Di sekitar sini juga terdapat beberapa tanaman langka seperti rafflesia, dan beberapa tanaman obat lain, ada juga beberapa hewan yang menjadi penghuni lembah yang indah ini.

Hewan yang paling terkenal di wilayah lembah ini adalah kera atau masyarakat setempat biasa menyebutnya Cigak. Binatang yang satu inilah yang paling banyak ditemukan disini, tapi tenang saja, mereka tidak akan mengganggu jika anda tidak mengganggu mereka duluan.

Ngarai Sianok ini juga sangat terkenal di kalangan wisatawan luar negeri, mereka nyebutnya dengan nama Sianok Grand Canyon, bahkan banyak di antara mereka yang tidak henti-hentinya memotret panorama Ngarai Sianok ini. Lembah curam yang sangat subur, hijau, dan bersih, apalagi sungai kecil yang mengalir dibawahnya, menambah kecantikan alami Ngarai Sianok ini.

Jalan untuk menuju ke ngarai sianok ini cukup bagus, dengan aspal yang cukup mulus dari atas bukit menuju ke lembah ngarai ini. Sehingga banyak orang yang melakukan jalan-jalan sore atau bahkan jogging di pagi hari untuk menikmati udara segar dan pemandangan yang indah di ngarai sianok ini.

Jika anda merasa lapar pada saat menikmati pemandangan indah di ngarai sianok ini, anda tidak perlu khawatir, karena di daerah sini banyak terdapat warung-warung makanan khas kota Padang, salah satu nya yang wajib untuk anda cicipi adalah menu khas kota Padang yaitu Nasi Kapau.

Sedangkan untuk penginapan, anda pun tidak usah terlalu khawatir, karena di kota bukit tinggi ini terdapat cukup banyak hotel ataupun penginapan yang cukup nyaman dengan harga yang bervariasi, mulai dari tarif yang murah sampai yang sangat mahal.

Tips
1. Jika berkunjung ke Lembah Ngarai Sianok ini, lebih bagus kalau saat cuaca sedang cerah, tidak panas, dan juga tidak mendung, karena jika mendung otomatis jalan menuju dasar lembah akan licin, apalagi jalannya memang agak curam meski telah di aspal. Tetapi, jika sedang panas, sudah pasti anda enggan untuk berpanas-panasan di bawah sinar matahari langsung seperti itu.

2. Bagi anda yang berjiwa petualang, anda bisa berkemah di dasar lembah ngarai sianok, pilih lokasi yang tepat di tengah-tengah lembah, dan lebih baik jika di pinggir sungainya, selain anda bisa memancing ikan untuk makan malam, anda juga akan disuguhi pemandangan indah di atas sana, apalagi kalau bukan langit malam yang di penuhi bintang, jadi sekali lagi, perhatikan cuacanya.

3. Jikalau anda ingin menghabiskan waktu yang cukup lama disini, sebaiknya anda membawa kendaraan pribadi saja, atau mungkin menyewa kendaraan, hal ini agar anda tidak perlu bingung untuk pulang, karena jika sudah menjelang malam sudah agak susah untuk menemukan angkot atau bendi, kalaupun ingin cepat-cepat pulang juga sangat disayangkan, pemandangan sore hari di Ngarai Sianok ini jauh lebih indah di banding siang hari, jadi jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikannya.

Benar-benar luar biasa bukan? Ternyata memang benar, bahwa Negara Indonesia ini memang memiliki sejuta keindahan yang tidak kalah indahnya dari Negara-Negara lainnya. Jadi jika anda berencana untuk liburan ke Sumatera Barat, khususnya ke kota Bukit Tinggi maka jangan lupa untuk mengeksplor tempat-tempat wisata lainnya, terutama jangan lupa untuk mengunjungi lembah hijau curam yang indah ini, apalagi kalau bukan Ngarai Sianok. Selamat Berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: bukititnggi, Ngarai Sianok, and sumatera barat.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image