Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Tops

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Cebu City, Central Visayas, Philippines

Time :

Tops

Tops adalah objek wisata yang dikelola oleh perusahaan swasta bernama Emro Holdings. Oleh karena itu sudah pasti pengunjung yang ingin memasuki Tops akan dikenakan biaya masuk dari pengelolanya. Hanya ada 1 jenis biaya masuk yang akan dikenakan dan biaya tersebut disamakan, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Lokasi Tops dapat dicapai dari pusat kota Cebu dalam waktu sekitar 40 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Sebelum sampai ke Tops pengunjung sudah dapat melihat pemandangan kota.

Karena memang kawasan disekitar Tops merupakan dataran yang relatif lebih tinggi dari lingkungan disekitarnya dengan puncaknya berupa Tops. Tidak perlu sampai ke Tops untuk melihat pemandangan lingkungan sekitar kota Cebu dari ketinggian. Namun bila ingin mendapatkan pemandangan yang lebih luas, maka pengunjung bisa memperolehnya di Tops.

Ketika sudah mencapai Tops, pengunjung tidak perlu repot untuk mencari tempat parkir. Tops dilengkapi dengan ruang parkir yang lega dan bisa digunakan oleh kendaraan semacam mobil dan motor. Meskipun daya tarik utama yang ditawarkan oleh Tops adalah pemandangan lingkungan sekitarnya yang dilihat dari ketinggian, namun ruang parkir yang ada di Tops tidak begitu saja menggunakan alam terbuka.

Fasilitas parkirnya mempunyai permukaan yang sudah dilapisi oleh beton. Jadi kendaraan yang memasuki Tops tidak akan kesulitan memarkirkan kendaraan mereka, termasuk ketika tiba-tiba hari menjadi hujan.

Tidak jauh dari tempat parkir, satu objek yang seringkali menarik perhatian pengunjung adalah sebuah lonceng yang tergantung pada tengah palang yang ditahan oleh 2 tiang. Itu adalah lonceng fungsional, artinya siapa saja yang mau bisa membunyikan lonceng tersebut dan memang banyak pengunjung yang memainkannya. Sudah pasti mereka adalah orang dewasa, karena posisi lonceng tersebut terlalu tinggi untuk diraih oleh anak kecil.

Area utama dari Tops adalah dek pemandangan. Dek terbuka yang luas ini mempunyai pandangan yang luas menuju ke area yang ada dibawahnya. Dari atas dek yang permukaannya ditutupi oleh paving block ini pengunjung bisa melihat pemandangan dari ketinggian.

Jauh dibawah bisa terlihat atap dari perumahan penduduk di kota Cebu. Kendaraan lalu-lalang bisa terlihat dengan jelas, meskipun ukurannya sangat kecil karena dilihat dari ketinggian.

Dari dek pemandangan Tops pengunjung bisa melihat pulau Mactan dan Bohol yang berada diseberang laut kota Cebu. Kedua pulau bisa terlihat dengan jelas pada siang hari. Namun pada malam hari hanya Mactan yang terlihat semarak, sementara di Bohol hanya terlihat beberapa cahaya yang berasal dari perumahan penduduk.

Pemandangan yang bisa diperoleh dari dek yang ada di Tops menawarkan 2 pemandangan yang berbeda. Segala sesuatu yang berada dibawah Tops bisa terlihat dengan jelas pada siang hari, namun menjelang malam hari suasana di puncak dek menjadi berubah.

Langit yang tadinya biru terlihat menjadi kemerahan yang pada akhirnya berubah menjadi gelap gulita. Sementara lampu-lampu mulai terlihat dinyalakan pada rumah dan berbagai bangunan yang ada di kota Cebu. Cahaya lampu dikejauhan yang ditemani kegelapan langit menawarkan suasana berbeda yang bisa diperoleh oleh pengunjung.

Bagi pengunjung yang ingin berteduh atau ingin menikmati makanan, ada ruang untuk istirahat dan makan disalah satu sudut Tops. Tidak seperti dek pemandangan yang bersifat terbuka, ruang istirahat dan makan ini bersifat semi-tertutup dan dilengkapi dengan atap. Area yang tepat untuk duduk santai atau menikmati hidangan makanan.

Desain dari ruang istirahat dan makan bisa dibilang unik. Struktur utamanya berupa batu kali yang disatukan dengan semen. Dari satu ruang ke ruang selanjutnya dihubungkan dengan koridor yang dipisahkan dengan sekat beton melengkung.

Atap dari ruang ini pun terlihat melengkung dan menyatu dengan salah satu sisi dinding. Mereka menggunakan anyaman bambu sebagai dekorasi langit-langit. Anyaman ini ditempelkan pada langit-langit dengan semen pada saat masih basah.

Hanya ada beberapa kios dan tidak ada sama sekali restoran yang berada di Tops. Salah satu kios adalah kios yang menawarkan makanan dan minuman kecil, seperti snacks dan minuman bersoda.

Oleh karena itu apabila ingin makan siang di Tops disarankan untuk membawa bekal sendiri, karena restoran terdekat dari Tops berada jauh dibawah. Pulang-pergi dari puncak ke bawah dan naik lagi ke Tops hanya untuk membeli makanan adalah hal yang tidak menyenangkan.

Bagi pengunjung yang ingin membeli suvenir, di Tops terdapat satu kios yang menawarkan barang tersebut. Di kios ini pengunjung bisa membeli suvenir semacam gantung kunci, dekorasi magnet, aksesoris, dan topi. Desain dari kios ini terlihat unik. Hanya saja tidak begitu banyak suvenir yang ditawarkan, karena ukurannya yang kecil.

Tops adalah salah satu objek kunjungan turis di kota Cebu. Tempat ini berada di kawasan Busay, tepatnya di barangay (semacam kelurahan) Malubog. Pintu masuk dari topu menghadap jalan utama yang bila dilalui akan mengantarkan pengunjung menuju ke pintu masuk objek wisata lainnya, yaitu Zip-line Adventure. Masih ada beberapa lagi objek wisata lain yang bisa ditemukan di area perbukitan disekitar kota Cebu. Selain Tops salah satunya adalah Kuil Taoisme dengan pagodanya.

Place Tags: Cebu, Philippines, and Tops.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image