Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Benteng Karang Bolong

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Cilacap, Jawa Tengah

Time :

Mengunjungi Benteng Karang Bolong Di Pinggir Penjara Nusakambangan, Cilacap – Jawa Tengah

Kalau anda sebuah pertanyaan, apa yang ada di benak anda ketika mendengar Pulau Nusakambangan? Penjara? Cilacap? Tahanan politik? Ataukah tempat untuk berwisata? Semua tebakan anda itu benar. Pulau Nusakambangan ini terletak di Kabupaten Cilacap yang dipisahkan oleh Segara Anakan dan lebih dikhususkan sebagai tempat penjara. Jadi tidak salah kalau sebagian orang menyebut pulau ini dengan nama Pulau Penjara.

Hanya sekitar 3.000 orang yang tinggal pulau ini. Sisanya adalah para tahanan kelas kakap yang harus menjalani masa hukuman seumur hidup atau hanya tinggal menunggu waktu kapan vonis mati harus dijalankan. Sudah dipastikan kalau penjara di Pulau Nusakambangan mempunyai tingkat keamanan tertinggi sehingga sangat sulit bagi narapidana untuk bisa melarikan diri. Apalagi mereka harus menghadapi ganasnya lautan luas untuk bisa sampai ke daratan.

Biarpun Nusakambangan banyak dihuni oleh tahanan, anda tidak usah takut kala harus berwisata ke pulau ini. Obyek wisata yang dapat anda nikmati pun lumayan banyak. Anda dapat pergi di pagi hari dan kembali di sore hari untuk bisa menelusuri semua jengkal Pulau Nusakambangan. Disana terdapat Benteng Karang Bolong, Pantai Segara Anakan, dan Pantai Karang Pandan. Selain tempat wisata tersebut, di tempat ini juga terdapat LP atau Lembaga Pemasyarakatan yang masih aktif digunakan, seperti LP Batu, LP Kembang Kuning, dan LP Permisan. Sedangkan 5 LP lain yang sudah tidak aktif lagi.

Karena lokasinya yang menghadap ke Samudera Hindia, maka wisata air pun menjadi andalan pulau ini. Pada bagian selatan pulau ini penuh dengan karang dan juga ombak yang besar. Sedangkan pada bagian utara, anda akan melihat perkampungan nelayan dan juga hutan bakau. Ada juga pasir yang menghampar berwarna putih yang ada pada bagian barat. Pantainya sangat eksotis dan masih sangat alami karena masih belum banyak diganggu oleh tangan-tangan jahil. Pohon-pohon rindang pun makin membuat suasana pantai terasa begitu nyaman sebagai tempat pariwisata keluarga. Kesan yang bisa anda rasakan tentu saja, indah.

Kalau Pulau Nusakambangan dijadikan sebagai tempat narapidana, lalu bagaimana untuk bisa sampai kesana dan apakah aman berwisata ke tempat itu. Caranya mudah dan tentu saja aman karena areal penjara berada di bagian tengah, sedangkan tempat wisatanya lebih berada di bagian pinggir.

Tetapi, anda harus tetap berhati-hati karena bisa saja banyak terdapat sniper atau penembak jitu yang selalu mengawasi pergerakan anda kalau anda terlalu mendekat ke kawasan areal penjara Nusakambangan. Untuk bisa menyeberang ke tempat ini juga mudah karena anda dapat menyewa kapal milik nelayan dengan tarif Rp10.000* per orang dari Teluk Penyu. Jarak tempuhnya hanya sekitar 10 – 15 menit.

Biaya itu hanya akan dibayar ketika anda telah kembali dari Pulau Nusakambangan. Jadi anda jangan takut akan ketinggalan kapal. Bahkan kalau pun anda tertinggal, akan ada tim SAR yang akan mencari anda dan anda akan diantar secara gratis ke daratan. Tim SAR ini memang mempunyai tugas untuk mengawasi tiap pengunjung yang datang ke Pulau Nusakambangan. Karena medan yang masih asing bagi anda, ada baiknya kalau anda membawa pemandu wisata agar anda bisa lebih leluasa dalam menelusuri Pulau Nusakambangan. Anda juga harus pintar menawar jasa mereka.

Sumilir angin laut pun akan menyapu wajah anda ketika anda diantar oleh para nelayan menuju ke Pulau Nusakambangan. Nelayan-nelayan ini biasanya menyewakan kapal mesin mereka untuk mengantarkan wisatawan disaat tangkapan ikan sedang sedikit. Di kanan-kiri anda terdapat banyak kapal besar milik Pertamina, kapal SAR, atau pun kapal milik perusahaan besar di Cilacap. Setelah sampai, anda akan diturunkan di dermaga Karang Bolong.

Di sekitar dermaga juga terdapat warung makan dan minum. Terdapat juga kios yang menjual cinderamata berbentuk cincin bermata. Konon, cincin itu dibuat oleh narapidana yang tinggal di penjara Nusakambangan. Sedangkan biaya tiket masuk di tempat ini adalah Rp3.500* per orang.

Akses jalan menuju ke tempat pariwisata di Nusakambangan ini masih berupa batuan dan tanah, juga naik turun. Jadi, anda perlu berhati-hati kalau anda berkunjung disaat musim hujan. Suasana disana juga cukup nyaman dengan udara segarnya. Anda perlu berjalan kaki sejauh 1 km untuk dapat sampai ke Benteng Karang Bolong yang menjadi tempat wisata sejarah. Dan dalam perjalanan, mungkin anda akan ditemani oleh lutung atau sejenis monyet yang mencari makan secara bebas sambil bergelantungan di pohon. Terdapat juga pohon aren dan hutan-hutan yang masih jarang dirambah oleh manusia.

Setibanya di Benteng Karang Bolong, mungkin kesan pertama yang anda rasakan adalah kesan mistis. Hal ini karena benteng tersebut tergolong bangunan tua yang didirikan tahun 1873 sebagai peninggalan Kolonial Belanda. Kesan angker makin kental terasa karena memang terlihat seperti tidak terurus.

Disana, anda dapat masuk dan berkeliling menuju ke ruang medis, ruang penjara, dan ruang dapur. Tiap lorong yang ada di benteng memberikan gambaran sistem pertahanan yang dibangun oleh penjajah Belanda. Konon, ada sebuah lorong yang diduga sebagai jalan tembus menuju ke Teluk Penyu.

Pengelolaan benteng yang menjadi daya tarik warga saat berkunjung ke Pulau Nusakambangan pun semestinya dilakukan perawatan agar wisatawan dapat menikmatinya dengan nyaman. Nah, kalau anda sedang berada di Teluk Penyu Cilacap, tidak ada salahnya mampir ke Pulau Nusakambangan. Dengan tarif yang murah, anda dapat bonus mengunjungi penjara dengan tingkat pengawasan tingkat tinggi di Indonesia hanya dengan menyeberangi Segara Anakan. Selamat berlibur.

Keterangan * : Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Place Tags: Benteng Karang Bolong and nusakambangan.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image