Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Hutan Lipur Cemerong

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Dungun, Malaysia

Time :

Hutan Lipur Cemerong

Bagi Anda yang mempunyai jiwa petualang yang sangat tinggi, hiking dan trekking ke sebuah gunung maupun hutan merupakan hal yang sangat menyenangkan. Merasakan dekat dengan alam dan merasakan udara sejuk yang sangat menyegarkan. Berbagai gunung dapat Anda temui di Indonesia.

Mulai dari Ranukumbolo, Semeru, Argopuro yang mempunyai keindahan alam yang mempesona. Namun, biasanya para pendaki ingin mencoba tempat – tempat baru dengan suasana baru yang lebih menantang.

Jika ingin suasana yang lebih menantang, Anda mungkin bisa menjadikan Malaysia sebagai tujuan berpetualang Anda selanjutnya. Jika pergi ke Malaysia, sebaiknya mampir ke Kuala Terengganu tepatnya di wilayah Dungun.

Di wilayah Dungun, Anda akan dapat menemui sebuah hutan wisata yang bisanya dijadikan sebagai tujuan berpetualang para pendaki dan para petualang yang berkemah. Hutan ini bernama Hutan Lipur Cemerong.

Hutan Lipur Cemerong terletak sejauh kurang lebih 120 km dari Bandar Dungun. Memang sedikit jauh dari wilayah Dungun. Hutan yang terletak tepat di daerah Hulu Dungun, Dungun, Terengganu ini dapat Anda tempuh dengan mobil pribadi.

Jika Anda yang tidak membawa mobil pribadi, dapat menyewa taksi dari wilayah Bandar Dungun. Namun, jika ingin naik angkutan umum seperti bis, sayangnya tidak bisa. Belum ada bis dengan rute langsung ke Hulu Dungun dan menuju Hutan Lipur Cemerong.

Sesampainya di kawasan Hutan Lipur Cemerong, Anda akan dapat menemui sebuah papan besar terbuat dari kayu bertuliskan “Hutan Lipur Cemerong”. Di sebelah papan tersebut Anda akan melihat sebuah papan kayu lainnya yang berisi tulisan mengenai aturan – aturan yang harus dipatuhi pengunjung selama berada di Hutan Lipur Cemerong ini.

Aturan – atauran tersebut mulai dari selalu menjaga sopan santun hingga menjaga kebersihan lingkunagan hutan.
Dari pintu trek yang tidak seberapa panjang. Selama melintasi trek di Hutan Lipur Cemerong ini, suara masuk Hutan Lipur Cemerong, Anda akan dibawa menuju ke dalam melalui sebuah kicauan burung hingga suara ringkikan jangkrik dan aroma tanah hutan yang lembab akan menjadi pengiring perjalanan Anda.

Setelah kurang lebih berjalan selama sepuluh menit melalui trek di Hutan Lipur Cemerong yang mempunyai luas wilayah 300 hektar ini, Anda akan menemui sebuah jembatan gantung dari kayu. Jembatan gantung yang terbuat dari kayu ini akan mengantarkan Anda ke lokasi Air Terjun Cemerong yang sangat terkenal di wilayah Terengganu.

Dari atas jembatan gantung ini Anda akan dapat melihat pemandangan sebuah jurang yang sangat dalam. Bagi Anda yang takut teradap ketinggian, sebaiknya tidak perlu lagi menoleh ke bawah ketika berjalan. Namun, tenang saja. Jembatan gantung ini sangat aman dilalui oleh siapa saja.

Pihak pengelola Hutan Lipur Cemerong mendesain jembatan gantung ini dengan pagar pembatas di sisi kanan dan kiri jembatan. Jadi akan sangat aman dilalui anak – anak sekalipun.

Setelah melewati jembatan gantung, Anda akan menemui sebuah lokasi air terjun yang sangat mengagumkan. Air Terjun Cemerong yang sangat terkenal. Ketenaran Air Terjun Cemerong ini bahkan sampai hingga ke wilayah Asia Tenggara.

Bagaimana tidak, ketinggian Air Terjun Cemerong ini kurang lebih sekitar 250 meter. Karena ketinggiannya ini, Air Terjun Cemerong dinobatkan sebagai slaah satu air terjun tertinggi di wilayah Asia Tenggara.

Di bawah lokasi Air Terjun Cemerong ini, Anda akan dapat melihat sebuah kolam dengan air yang sangat jernih dan dijatuhi berjuta – juta kubik air setiap harinya. Di kolam ini Anda diperbolehkan untuk melakukan berbagai macam aktivitas air seperti mandi maupun hanya bermain – main air saja.

Namun, bagi Anda yang membawa anak sebaiknya hati – hati dengan batuan – batuan di sekitar air terjun yang sangat licin. Tentu Anda tidak menginginkan kecerobohan Anda akan tersiar di dalam surat kabar harian lokal keesokan harinya.

Bagi pecinta petualangan, atau yang gemar mendaki, Anda dapat pergi ke puncak Air Terjun Cemerong melalui trek kecil yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Saran bagi Anda yang ingin mendaki menuju puncak Air Terjun Cemerong sebaiknya selalu menggunakan sandal gunung maupun alas kaki yang memadai.

Trek menuju ke puncak air terjun sangatlah terjal dan berbahaya jadi ada baiknya Anda mempersiapakan segala sesuatunya sebelum mendaki. Namun, segala macam lelah dan lesu ketika mendaki akan terbayar lunas begitu Anda menginjakkan kaki di puncak Air Terjun Cemerong.

Dari puncak Air Terjun Cmerong, Anda akan dapat melihat pemandang Hutan Lipur Cemerong, bahkan wilayah Dungun, Terengganu dari sudut pandang yang berbeda. Siapkan kamera Anda. Jangan lewatkan mengabadikan moment berharga ini dari jepretan kamera Anda. Kapan lagi mendapatkan petualangan seseru ini?

Lanjut, setelah lelah mendaki dan bermain air di sekitar Air Terjun Cemerong, Anda dapat membangun tenda – tenda untuk kemah. Di kawasan Hutan Lipur Cemerong ini, pihak pengelola hutan sudah menyiapkan sebuah bumi perkemahan bagi semua wisatawan yang ingin berkemah dan merasakan suasana dekat dengan alam.

Menariknya, pada malam hari, Anda masih bisa menyaksikan beberapa kunang – kunang yang sedang beterbangan di kawasan Hutan Lipur Cemerong ini. seperti yang kita ketahui, saat ini populasi kunang – kunang sudah sangat berkurang sekali akibat banyaknya hutan – hutan yang digunduli dan dijadikan pemukiman. Di Hutan Lipur Cemerong ini Anda akan dapat merasakan suasana alam asli dengan udara yang masih segar. Tertarik untuk berpetualang ke tempat ini?

Place Tags: dungun and Hutan Lipur Cemerong.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image