Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Danau Sono Nggoang

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Manggarai Barat , Flores, Nusa Tenggara Timur

Time :

Danau Sano Nggoang, Manggarai Barat- Flores, NTT

Selain dikenal memiliki Danau Kelimutu, wilayah NTT juga ternyata memiliki satu lagi danau vulkanik yang juga memukau wisatawan karena keistimewaannya. Danau itu dikenal dengan nama Danau Sano Nggoang yang merupakan danau terbesar di provinsi NTT. Danau ini terbilang jauh lebih dekat dari kawasan Labuan Bajo yang merupakan gerbang pariwisata di Flores, dengan menempuh jarak sekitar 63 km dengan perjalanan selama kurang lebih 3 jam kita akan sampai di Desa Nunang yang merupakan lokasi gerbang masuk ke kawasan hutan tempat danau ini berada.

Hutan yang dimaksud adalah Hutan Mbeiling yang membelah ke beberapa kawasan desa, termasuk di dalamnya terdapat juga Danau Sano Nggoang yang berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju kawasan ini biasanya wisatawan ditawarkan untuk menyewa mobil yang bisa dipilih jenisnya di sepanjang jalan di Labuan Bajo.

Medan perjalanan menuju Desa Nunang sedikit bervariasi, dari pusat kota Labuan Bajo jalanan ke arah wilayah kota dekat Desa Nunang adalah jalanan beraspal yang teramsuk dalam bagian jalan provinsi transflores, dari sana untuk memasuki kawasan desa jalanan yang dihadapi sedikit berbatu namun tidak terlalu menyulitkan.

Mendekati kawasan rumah penduduk di Desa Nunang pemandangan yang tersajikan mulai menghijau, yaitu rapihnya berjejer pohon-pohon kemiri yang tumbuh di kawasan Hutan Mbeiling. Setelah itu penampakan keindahan danau sedikit terintip dari jalan dan kawasan desa. Walau hanya terlihat sebagian, namun keindahannya juga sudah tampak dari warna danau yang hijau kebiruan serta terdapatnya pepohonan hijau di sekitar danau.

Di desa ini biasanya digunakan bagi wisatawan untuk menginap sebab di sini sudah terdapat banyak penginapan guest house yang dikelola penduduk sekitar. Jangan ditanya masalah keramahan penduduk sana, sebab saat ini melalui bantuan sebuah LSM masyarakat di Desa Nunang sedang dibina untuk menjadi masyarakat pariwisata yang menyokong majunya pariwisata di sekitar desanya.

LSM tersebut merupakan kelompok LSM Burung Indonesia yang menetap di wilayah desa ini untuk memajukan wisata di sekitar desa terutama Hutan Mbeiling dan Danau Sano Nggoangnya, menjaga lingkungan sekitar Hutan Mbeiling sekaligus menjamin keselamatan endemic burung khas Flores seperti gagak Flores, dll.

Berada di kawasan Danau Sano Nggoang memang tak cukup bila hanya datang lalu pulang, pasti wisatawan akan menginap di sini untuk menikmati sensasi pegunungan nan sejuk yang beda dari wilayah pantai Labuan Bajo. Untuk menuju lokasi adanya danau, dari penginapan kita bisa berjalan kaki karena memang jaraknya tidak terlalu jauh atau ada juga pilihan lain dengan menggunakan kuda yang disewakan di guest house oleh para penduduk.

Karena merupakan danau vulkanik, bau belerang tentunya menjadi hal yang sudah biasa tercium di sini. Bila Anda tidak kuat menciumnya bawalah sapu tangan dan juga air untuk sedikit mengurangi kenyengatannya. Ada belerang tentunya ada sumber air panas, ya di sini memang terdapat sumber air panas yang bisa dimanfaatkan sebagai pemandian dan masih alami belum ada campur tangan perusak dari manusia. Hanya ada beberapa bambu yang menjadi keran aliran air panas itu untuk mandi bagi wisatawan.

Pemandangan danau sendiri memang sangat indah, persis seperti danau-danau di Eropa, kawasan pegunungan Alpen, di mana danaunya berwarna hijau kebiruan dikelilingi hutan pohon-pohon nan hijau serta tepiannya ada bebatuan. Untuk wisata merefleksikan diri sambil mencari inspirasi rasanya danau ini adalah tempat yang paling cocok di tanah Flores ini.

Hal lain yang bisa dilakukan saat berada di sini tentunya mencoba tracking ke bukit savanna dekat desa yang menampilkan pemandangan danau dari atas bukit serta pemandangan rumah-rumah penduduk Desa Nunang yang nampak menyatu sebagai kesatuan elemen dengan danau dan hutannya.

Selain memang pesona dari danau yang menarik wisatawan untuk datang, keramahan serta jamuan yang diberikan masyarakat desa Nunang bisa diacungkan jempol. Saat ada wisatawan hampir setiap kali mereka akan melakukan ritual ucapan selamat datang, begitu pula saat wisatawan meninggalkan desa. Pada pagi hari Anda akan terbangun dengan berlatarkan suara kicauan burung yang hidup di hutan dekat desa, dan malam harinya dengan keadaan listrik seadanya rasanya melihat ribuan bintang bertaburan di langit atau star gazing harus Anda nikmati sambil bercengkrama dengan warga ditemani dengan sajian kopi Flores yang rasanya mantap.

Dalam beberapa tahun rasanya tidak mungkin bila wilayah Desa Nunang akan menjadi salah satu kampung wisata yang terkenal di Flores karena kapasitas warganya yang sudah terbina dalam meningkatkan pariwisata desanya, berkat jasa orang-orang dari LSM Burung Indonesia.

Bila Anda tertarik melakukan reservasi atau guide dari wilayah Labuan Bajo, Anda juga bisa menghubungi LSM Burung Indonesia yang menangani ekoturisme di wilayah Hutan Mbeiling, Flores di nomor telepon (0385) 41753 atau websitenya di www.floresecotourism.com yang juga mencantumkan nomor kontak pribadi pengurusnya serta gambaran wisata yang dikelolanya.

Temukan ketenangan dan inspirasi di pinggir danau seraya ditemani kicauan burung serta keramahan masyarakatnya yang membuat Anda betah dan merasa menjadi bagian dari masyarakat Nunang. Rasakan sensasi liburan dengan suasana berbeda nan indah dan tenang khas pegunungan di tanah Flores hanya di kawasan Danau Sano Nggoang. Selamat Berlibur !

Place Tags: danau, Danau Sono Nggoang, flores, and ntt.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image