Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Pantai Koka

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Paga, Flores, Nusa Tenggara Timur

Time :

Pantai Koka, Paga –NTT

Memang sulit dibayangkan untuk berwisata ke daerah-daerah yang tergolong dikatakan masih berkembang di Indonesia sebab akan banyak hambatan yang dirasa dibanding rasa senangnya, terlebih masalah kondisi alam. Karena faktor inilah yang membuat wilayah timur Indonesia luput dari ketertarikan wisatawan domestik yang jutsru lebih memilih luar negri sebagai destinasi wisatanya. Padahal saat ini wilayah Timur Indonesia sudah mulai merasakan geliat potensi wisata yang dimiliki alamnya.

Salah satu contohnya adalah kebangkitan Flores yang sekarang sudah sangat terbuka sebagai destinasi pariwisata dimulai dari titik terbaratnya di kawasan Taman Nasional Komodo. Semakin ke timur memang minat wisatawan semakin berkurang karena judgement yang sebenarnya belum bisa dibuktikan. Wilayah Flores sangat terkenal dengan keelokan Kelimutunya yang terletak di Ende, namun seakan wisatawan masih banyak yang enggan untuk melanjutkan perjalanan ke daerah setelah Ende yang mengarah ke kota Maumere.

Padahal di daerah tersebut pasti Anda akan menemukan tempat yang memiliki potensi sebagai objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan bila dipromosikan dengan baik. Salah satu contohnya adalah daerah Paga yang berada di antara Ended an Maumere, yang merupakan daerah dengan topografi dekat dengan pantai. Bisa dibayangkan keindahan dan kealamian pantai wilayah timur Indonesia yang masih jarang terjamah tangan jahil manusia.

Di wilayah Paga terdapat satu pantai yang sangat indah dan patut dijadikan wisata kebanggaan daerah Paga yang dinamakan Pantai Koka. Untuk menuju Paga ini bisa dilakukan dengan jarak darat, laut ataupun udara. Bila dari darat biasanya memang ditempuh startnya dari Ende atau Maumere. Dari udara dan laut juga pilihan terdekatnya adalah berhenti di Ende atau Maumere. Jarak Paga dengan Maumere adalah sekitar 42 km dengan medan perjalanan yang bagus yaitu aspal halus sebab jalan yang digunakan adalah jalan provinsi.

Di sepanjang jalan menuju Paga dihiasi dengan rumah penduduk dan juga kebun-kebun milik mereka yang ditanami berbagai macam buah-buahan, suasana pemukiman yang serasa pulang kampung memang. Namun Paga bukan merupakan daerah tertinggal, sebab daerah ini cukup ramai penduduk dan juga ditandai dengan sudah adanya SPBU yang berdiri di wilayah Paga, beberapa kantor bank, dan lain-lain.

Ketika sudah sampai di jantung kotanya, untuk menuju pantai Koka kita harus mencari patokan lokasi kantor polisinya sebab dari sana hanya tinggal mengikuti jalan saja untuk sampai ke persimpangan menuju Pantai Koka yang jaraknya 3 km dari situ. Pantai Koka secara administratif masuk ke wilayah Desa Wolowiro.

Saat sudah menemukan persimpangan untungnya ada petunjuk tanda lokasi Pantai Koka berada yang bertuliskan 2,5 km lagi dari sana dengan menempuh jalan yang sempit, jalanan yang lebih besar itu untuk menuju wilayah Ende. Jalanan yang dipilih untuk menuju Pantai Koka memang tidak semulus dan semudah sebelumnya sebab medan bukan aspal lagi tapi tanah berbatu yang lebih mirip seperti off road mungkin.

Namun semua pengorbanan yang dirasakan itu sangat terbayar segera ketika melihat penampakan pantai nan indah serta eksotis. Suasana khas pantai di timur Indonesia sangat berasa di sini dengan pemandangan bukit-bukit kering ilalang yang dihiasi dengan putihnya pasir pantai serta air laut yang berwarna biru berdegradasi.

Pantai Koka ini merupakan salah satu pantai indah yang terletak di selatan Pulau Flores dengan karakteristik memiliki ombak yang cukup besar menghantam bebatuan di pantai. Pantai Koka memang cukup luas yang terbagi ke dua karakter garis pantai, katanya bentuk dua patokan garis pantai itu mirip seperti emoticon senyum. Di sisi kanan topografinya lebih ‘tough’ dengan digiasi jejeran karang dan juga tebing curam yang menggambarkan sisi perkasa dari pantai karang yang dihantam ombak terus menerus.

Sedangkan di sisi kiri, suasananya lebih santai amboi-amboi cocok untuk berleha-leha sambil menikmati keindahan, panorama bukit serta pasir putih nan halusnya membuat Anda enggan beranjak dari sini. Selain itu di lepas laut pantai kita juga bisa melihat pemandangan adanya pulau kecil tak berpenghuni yang indah juga dilihat dari jauh.

Karena hanya dikenal dari mulut ke mulut dan belum dipromosikan sebagai objek wisata oleh pemerintah setempat, maka menikmati pantai ini tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis. Namun ada efek negatifnya juga sebab tidak akan ada fasilitas khas objek wisata yang berdiri di sini seperti toilet, kamar ganti, dan rumah makan. Sebagai saran, Anda harus membawa perbekalan sendiri terutama minuman agar tidak dehidrasi di tengah suhu panas Flores, dan juga bekal makanan yang bisa dibeli saat di jantung kota yang katanya punya menu andalan ikan bakar.

Walau tidak membakar di tepi pantai tapi menyantapnya di pinggir pantai yang serasa milik pribadi tentunya merupakan perpaduan yang paling ciamik. Selain rumah makan, penginapan juga sama sekali tidak ada di sini, jadi Anda harus sedikit berkorban untuk menempuh transportasi yang lumayan bisa melelahkan akibat akses 2,5 km yang sulit itu. Bila saja, keelokan pantai ini dipublikasikan dan juga dibangun aksesnya oleh pemerintah daerah rasanya tak mungkin bila Paga atau wilayah Sikka umumnya akan dijadikan destinasi wisata.

Keberadaan wisatawan penduduk lokal saja jarang, bagaimana menggarap wisatawan di luar daerah. Mungkin saat ini wisatawan luar daerah yang mau menjelajahi Koka barulah para backpacker yang didominasi anak muda. Ayo rasakan keeksotisan dan keelokan khas pantai selatan Flores yang membuat Anda termenung untuk bersyukur pada Sang Pencipta atas lukisan alamnya nan indah. Selamat berpetualang di Paga!

Place Tags: flores, ntt, pantai, and Pantai Koka.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image