Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Bendi Bermotor

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Gorontalo, Sulawesi Utara

Time :

Bendi Bermotor di Gorontalo

Siapa yang tak kenal dengan ‘bajaj’? , kendaraan ini seakan sudah menjadi landmark berjalan bagi ibukota Jakarta. Suara bising dan tampilannya yang klasik tidak pernah membuat warga kota Jakarta menjadi jenuh ataupun gengsi untuk terus menggunakan moda transportasi ini. Bila Jakarta punya bajaj, maka bagi daerah-daerah yang berada di perlintasan rute trans Sulawesi, bentor adalah moda transportasi lokal andalannya.

Bagi yang sudah akrab dengan kota Medan di provinsi Sumatera Utara, bentor adalah kependekan dari becak bermotor. Namun di kota Gorontalo, bentor adalah sebutan singkat bagi bendi bermotor.

Sebelum tahun 2000-an warga kota Gorontalo masih menggunakan kereta yang ditarik dengan kuda atau bendi sebagai sarana angkutan yang mereka gunakan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Namun berserakannya kotoran kuda di jalan-jalan kotanya mengharuskan masyarakat Gorontalo mencoba alternatif lain pengganti angkutan umum tradisional tersebut. Karenanya,terciptalah sebuah angkutan yang merupakan gabungan dari sepeda motor dan kereta penumpang.

Bagian depan dari angkutan ini berupa sebuah kereta penumpang yang memiliki dua roda di sisi kanan dan kirinya. Di bagian inilah para penumpang bentor akan duduk. Di bagian belakangnya, kereta penumpang yang tampilannya mirip becak ini menyatu dengan bagian muka sepeda dari sebuah sepeda motor. Karena angkutan ini adalah pengganti dari bendi maka warga setempatpun menamakannya bentor.

Di Gorontalo sendiri, bentor sebenarnya bukanlah kendaraan yang memiliki izin operasional resmi. Namun, angkutan umum yang praktis ini banyak sekali di temui di sudut-sudut kota Gorontalo. Saking banyaknya, bengkel-bengkel karoseri bentorpun bermunculan bagai jamur di musim hujan. Meski dianggap tidak resmi namun seorang pengendara bentor mesti memiliki SIM C bila ingin mulai mengantarkan penumpangnya.

Untuk membangun satu unit bentor pemiliknya mesti rela mengeluarkan uang sejumlah minimal 2,5 hingga 5 juta rupiah. Itu hanya untuk tempat duduk penumpangnya saja. Soal sepeda motornya, pemilik tinggal memilih sepeda motor bekas ataupun baru.

Selebihnya, bengkel karoserilah yang akan merakit sepeda motor tersebut dengan kereta penumpang. Untuk menjadi sebuah bentor, sang pemilik juga harus merelakan garpu dan ban depan dicopot dari sepeda motornya untuk kemudian diganti tempatnya dengan kereta penumpang.

Jok sepeda motor tidak mengalami perubahan. Bagian ini masih dipakai sebagai tempat duduk pengemudi dan penumpang. Karenanya, satu unit bentor bisa membawa 3 orang penumpang.

Dua orang duduk di kereta dan seorang lagi membonceng di belakang pengemudi. Tentunya lebih banyak daripada jumlah penumpang yang bisa diangkut oleh becak biasa ataupun ojek. Jumlah penumpang ini bisa bertambah bila yang naik diatasnya anak-anak sekolah.

Tidak ada tarif yang pasti bila ingin menempuh sebuah tujuan dengan menaiki bentor. Namun yang pasti, tarif nya dihitung per-penumpang dan bukan per-tujuan seperti pada umumnya kita dapati bila menaiki becak. Bila per-penumpang dikenai 10 ribu maka bila penumpangnya sepasang suami istri tarifnya menjadi 20 ribu untuk tujuan yang sama.

Di gorontalo, kawasan Inobonto dan Kotamobau telah berkembang menjadi sebuah kawasan perakitan bentor. Kedua lokasi ini persisnya berada di bagian utara pusat kota. Dari kedua lokasi ini sering tercipta bentor-bentor yang memiliki bagian eksterior dan interior yang cukup berkualitas.

Sebagai contoh, untuk menutup bagian dinding keretanya digunakan bahan dari fiberglass yang menciptakan rasa nyaman bagi penumpang. Kulit sintetis juga dipilih sebagai pelapis bagi tempat duduknya.

Tak hanya itu, untuk menghilangkan kebosanan dan sebagai hiburan di perjalanan, sound system tak mau ketinggalan untuk menjadi pelengkap. Karenanya, harga bentor-bentor hasil rakitan dari kedua wilayah ini bisa menembus angka 25 juta per-unitnya.

Perihal bentor yang full music juga cukup menarik untuk dicermati. Selain sebagai sumber energy listrik, pemilik bentor-bentor full music kerap menambah kan aki tambahan untuk memperbesar suara.

Beraneka lagu pun di setel dengan keras sehingga orang-orang yang berada di jalanan bisa ikut berdendang. Konon, di waktu-waktu tertentu diselenggarakan kontes musik bentor yang meriah. Lagu-lagu jadul hingga lagu-lagu yang terbaru ikut di kumandangkan oleh ‘speaker besar berjalan’ ini.

Bila anda menginjakkan kaki di kota Gorontalo sempatkanlah untuk mencoba kenyamanan bentor-bentor kota ini. Beberapa lokasi menarik yang berada di dalam dan di luar kota bisa anda kunjungi sebagai tujuannya. Di dalam kota nya Gorontalo memiliki bangunan-bangunan tua yang menawan untuk disaksikan.

Bila tertarik dengan gaya arsitektur lawas ala kota tua anda bisa mengunjungi seputaran Jl. Jend. Sutoyo, Jl. Raja Eyato, Jl. 23 Januari, Jl. Jend. Suprapto atau juga di seputaran Jl. Pertiwi.
Gorontalo juga memiliki sebuah landmark setinggi 65 meter yang menjadi kebanggaan warganya. Menara Keagungan Limboto namanya.

Menara ini bisa di saksikan di persimpangan Jl. Cokroaminoto dan Jl. Jend. Sudirman. Warga kota kerap menamakan wilayah tempat menara keagungan berada sebagai kawasan trans Limboto. Bangunannya yang terdiri atas lima lantai sebenarnya sudah bisa di saksikan dari kabin pesawat menjelang pendaratan di bandara Jalaludin Isimu.

Bila berkunjung ke menara ini, souvenir-souvenir cantik bisa didapatkan di lantai 3 -nya. Sebuah restaurant dan tempat bersantai di lantai 2 mungkin bisa anda manfaatkan untuk menikmati panorama kota Gorontalo yang penuh dengan keunikan.

Place Tags: Bendi Bermotor, Bentor, and gorontalo.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image