Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

West Lake

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Hanoi, Vietnam

Time :

West Lake, atau yang dalam bahasa Vietnam menjadi Ho Tay adalah sebuah danau dengan airnya yang segar dan terletak di tengah kota Hanoi. Lokasinya yang sangat strategis dan berada di pusat kota inilah yang menjadikan kawasan West Lake menjadi primadona bagi warga setempat yang ingin berekreasi dan berpiknik ria bersama keluarga, sahabat, dan mungkin saja dengan pasangan.

Tepian pantainya juga sangat panjang karena mencapai 17 km. Jadi, tidaklah mengherankan kalau banyak hotel, vila, dan taman kota yang dibangun disekitar West Lake. Tetapi, untuk bisa menempati hotel dan tempat hiburan di area ini, anda pasti akan terkejut dengan harganya.

Jadi, tidaklah mengherankan kalau hanya orang-orang berkantong tebal dan ekspatriat yang bisa menikmati pesona kawasan West Lake. Nah, tempat ini sendiri ternyata masih dibagi-bagi lagi menjadi beberapa wilayah, misalnya adalah Thanh Nien Road, Tay Ho Distrik sampai ke Truc Bach Lake.

West Lake sendiri dulunya dibuat dengan cara membelah atau membelokan sebagian Red River dan ini juga digambarkan dari beberapa legenda yang berkembang di masyarakat Vietnam.

Salah satu legenda yang dipercaya adalah bahwa West Lake itu dulu ada setelah terjadi pertempuran antara Lac Long Quan dan roh rubah berekor di malam hari. Itulah sebabnya kala itu danau itu disebut dengan “Rawa Jasad Rubah”.

Ada juga cerita rakyat lain yang dipercaya menjadi cikal bakal penamaan danau ini, yaitu kisah Golden Buffalo Lake. Konon, ini terjadi karena dulu ada seekor banteng yang kehilangan betis.

Sedangkan pada abad ke-11, danau ini dinamakan dengan Foggy Lake (Danau Kabut) karena tempat ini dulunya sangat lembab. Dan pada akhirnya, danau ini dinamai dengan West Lake pada tahun 1573.

Terlepas dari legenda mana yang benar dan mengilhami penamaan West Lake, kini warga Vietnam dan juga turis mancanegara dapat memanfaatkannya sebagai tempat bersantai dan melepaskan penat.

Dan sebagai tempat wisata favorit di Hanoi selama bertahun-tahun, kini semakin banyak pengunjung dan wisatawan yang datang kesana karena tempat ini merupakan tempat yang paling romantis dengan kecantikan panorama dan modernitas.

Keindahan West Lake ini pun telah diabadikan dalam beberapa puisi oleh sastarwan dan penulis. Banyak yang bilang kalau West Lake adalah cermin dari kota Hanoi dan danau ini dinobatkan sebagai paru-paru kota.

Airnya yang berwarna biru, dan berganti menjadi merah dan violet kala senja membuat kecantikan kawasan ini terlihat begitu eksotik.

Lalu, apa saja yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke tempat paling populer di kota Hanoi ini? Kalau anda datang ke kawasan West Lake di pagi hari, anda akan bisa melihat banyak warga setempat yang melakukan olahraga ringan, seperti jogging dan badminton.

Tetapi, olahraga paling populer yang banyak dilakukan di pagi hari adalah senam taichi. Pesertanya bisa saja orang tua, dan paruh baya. Kalau anda ingin bergabung dengan mereka, anda tidak perlu sungkan karena mereka akan menyambut anda dengan tangan terbuka.

Orang Vietnam itu dikenal cukup ramah pada wisatawan. Biarpun mereka tidak dapat berbahasa Inggris, tetapi mereka akan dengan senang hati mengajak anda berbicara dengan body language.

Bisa berinteraksi dengan mereka tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Tetapi, kalau anda hanya ingin jogging, anda hanya cukup mempersiapkan diri dengan kostum yang tepat untuk bisa berlari dan berkeliling kawasan West Lake.

Kalau anda datang agak siangan, mungkin pemandangan yang ada di West Lake sudah berubah. Di siang hari, akan ada banyak pengunjung yang duduk-duduk santai sambil menikmati makan siang mereka.

Nah, kalau anda juga ingin beristirahat disana sambil menyantap makan siang, anda dapat pergi ke restoran yang banyak berdiri di sekitar daerah tersebut. Hanya dengan uang 120.000* Dong, atau Rp60.000*, anda sudah dapat menikmati kuliner khas Vietnam.

Untuk hidangan penutup, anda bisa mencoba es krim rasa kelapa yang menjadi favorit para pengunjung. Suasana juga akan segera berubah ketika hari menjelang sore. Menu yang dinikmati oleh para pengunjung juga sudah beda.

Mereka pun terlihat sangat menikmati secangkir kopi, atau hanya sekedar makan pancake. Bisa dibilang kalau hidangan itu adalah menu yang sangat umum di West Lake.

Nah, kalau anda ingin menikmati sesuatu yang beda lagi, maka anda harus siap-siap merogoh kocek yang lebih dalam. Karena anda harus pergi ke ke restoran mewah diatas kapal yang ada di sekitar danau. Menu yang disajikan juga sangat lezat.

Ini tentu sebanding dengan harga yang harus anda keluarkan untuk menikmati menu berbeda kala berada di Hanoi. Kalau sudah akhir pekan, West Lake menjadi tujuan utama pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan.

Mereka merayakannya diatas kapal mewah. Itu adalah pemandangan yang sangat biasa di sana karena memang banyak orang kaya Vietnam yang ingin menikahkan anak-anaknya di tempat terbaik di negeri ini.

West Lake sendiri tidak hanya melulu sebagai tempat tujuan wisata. Tetapi tempat ini juga sangat kaya akan budaya karena disana terdapat sekitar 21 pagoda, tempat pemujaan, dan rumah-rumah tradisional yang menjadi artefak sangat berharga bagi masyarakat Vietnam.

Keberadaan Quan Thanh Temple dan Tran Quoc Pagoda juga menjadi lokasi wisata di sekitar West Lake yang tidak pernah dilewatkan begitu saja oleh wisatawan. Disana, mereka bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan dan juga orang-orang yang sedang berdoa kepada para dewa untuk memohon kemakmuran dan kesehatan.

Nah, kalau anda tertarik menikmati banyak tempat wisata di Hanoi, anda bisa langsung mengayunkan langkah kaki ke West Lake. Jangan lupa bawa kamera, topi, dan tabir surya. Selamat berlibur.

Keterangan * Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Place Tags: Vietnam and WestLake.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image