Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Istanbul (Part 2)

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Istanbul, Turkey

Time :

Transportasi dalam Kota (II)

Adanya sarana transportasi yang lengkap, menjadikan salah satu alasan mengapa Istanbul menjadi satu dari sekian banyak kota di eropa yang paling di gemari oleh para turis mancanegara. Jangkauan sistem transportasinya juga mempermudah para pelancong dan wisatawan untuk mendatangi semua destinasi wisata dalam waktu yang singkat danmurah tapi juga nyaman.

Selain ragam transportasi darat, letak Istanbul yang berada di tepian selat bosphorus menjadikan moda transportasi laut menjadi aspek penting bagi pergerakan warga dan wisatawan dalam menjelajahi kawasan-kawasan lain.

Kapal ferry adalah jenis transportasi laut yang paling di gemari oleh warga kota dan wisatawan yang menjejakkan kaki di Istanbul. Kapal-kapal ini melayani penumpangnya menjelajah di selat bosphorus, baik dari arah utara ke selatan (dari bagian ‘asia-nya’ Istanbul ke bagian ‘eropa-nya’) maupun sebaliknya. Selain mengantarkan para penumpangnya dari satu tempat ke tempat lainnya penumpang kapal ferry juga akan mendapati panorama indah dan menarik yang berbaris di tepian selat bosphorus.

Di Istanbul terdapat 4 perusahaan pelayaran besar yang kapal-kapalnya melayani para penumpang berlayar di selat bosphorus. Salah satunya adalah Istanbul Deniz Otobusleri atau yang lebih sering di sebut dengan IDO. Kapal-kapal yang dimiliki oleh IDO adalah kapal-kapal cepat yang melayani rute jarak pendek (antar kawasan) di dalam kota Istanbul maupun rute jarak panjang.

Karena kecepatan yang dimilikinya, kapal-kapal perusahaan ini bahkan memiliki rute pelayaran paling panjang diantara kapal-kapal lainnya. Jika anda berada di Istanbul dan ingin menuju kota lain yang berada di seberang selat bosphorus, maka kapal-kapal milik IDO adalah salah satunya. Rute-rutenya diantaranya: Istanbul-Yalova, Istanbul-Bandirma, Istanbul-Bursa dan beberapa rute lainnya.

Perusahaan kapal lainnya adalah Sehir Hatlari Traditional Ferries. Ada sekitar 34 kapal ferry tradisional milik perusahaan ini yang melayani penumpang menyusuri selat bosphorus. Rute-rute perjalanannya antara lain:

Eminonu – Kadikoy : Ferry-ferry Sehir Hatlari mulai melayani penumpangnya dari dermaga eminonu setiap harinya pada pukul 7 pagi hingga pukul 20.30 malam hari. Selalu saja ada kapal yang berangkat setiap 15 atau 20 menit. Lama perjalanan eminonu – kadikoy sendiri adalah 35 menit.

Untuk satu kali perjalanan tarifnya adalah 2 TL atau sekitar US $1.2*. Di petang hari biasanya kapal-kapal sehir hatlari yang mengambil rute eminonu-kadikoy juga menyinggahi kawasan haydarpasa.

Eminonu-Uskudar : jadwal keberangkatannya setiap 15 atau 20 menit sekali dari mulai pukul 06.30 pagi hingga sekitar pukul 22.30 malam hari. Waktu tempuh eminonu-uskudar adalah 25 menit dengan tariff sekali jalan 2 TL (US $1.2)*.

Karakoy-Haydarpasa : setiaop hari kapal-kapalnya mulai di berangkatkan semenjak pukul 06.30 pagi hingga pukul 23.00 malam. Waktu tempuh karakoy-haydarpasa adalah 25 menit. Di Haydarpasa sendiri terdapat sebuah stasiun kereta yang menghubungkan kawasan eropa Istanbul dengan kawasan asianya.

Kombinasi perjalanan yang menggabungkan kedua jenis moda transportasi ini tentunya akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Haydarpasa bisa di capai dengan tariff kapal ferry sebesar 2 TL (US $1.2)*.

Karakoy-Kadıkoy : kapal-kapalnya berangkat setiap 20 hingga 30 menit sekali mulai pukul 06.30 pagi hingga pukul 23.00 malam. Waktu tempuh karokoy-kadikoy adalah 30 menit. Untuk satu kali perjalanan rute ini ber-tarif 2 TL (US $1.2)*.
Kabatas-Kadikoy : jadwal berangkat kapalnya setiap 30 menit hingga 1 jam antara pukul 07.00 hingga 20.00.

Perjalanan kabatas-kadikoy memakan waktu tempuh 40 menit perjalanan dengan tariff 2 TL (US $1.2)*. Khusus untuk rute ini, Sehir Hatlari tidak menyediakan pelayaran di hari sabtu, minggu dan hari libur nasional.

Besiktas – Uskudar: kapal ferry akan meninggalkan dermaga di besiktas setiap 30 menit sekali. Khusus di pagi dan petang hari kapal-kapal berangkat setiap 10 menit sekali. Kapal-kapal ini ber-rute ini melayani penumpangnya setiap hari mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 20.30 malam. Tarif per-penumpangnya adalah 2 Tl (US $1.2)*

Masih ada beberapa rute lain yang dilalui oleh armada kapal ferry Sehir Hatlari seperti Besiktas-Kadikoy, Besiktas-Kusuksu, dan juga perjalanan sambungan menyusuri sebagian selat bosphorus ber-rute: Istinye-Emirgan-Kanlica-Anadolu Hisari-Kandilli-Bebek-Arnavutkoy-Cengelkoy.

Rute ini menggabungkan kawasan-kawasan yang berada di bagian eropanya Istanbul dengan kawasan-kawasan yang berada di bagian asia nya. Tarif kapal rute ini adalah 12 TL (sekitar US $7)*.

Turyol juga merupakan salah satu perusahaan pelayaran yang kapal-kapalnya melayani warga dan wisatawan mengarungi selat bosphorus. Meski armada kapalnya sebagian besar adalah kapal-kapal tradisional, namun umurnya masih lebih muda dari pada armada kapal-kapal yang dimiliki oleh Sehir Hatlari. Di samping itu, salah satu ciri yang dimiliki oleh kapal-kapal Turyol adalah selalu berlayar amat dekat dengan daratan sehingg penumpangnya bisa menyaksikan beragam bangunan yang berdiri di tepian bosphorus.

Kebanyakan kapal-kapal perusahaan ini menempuh rute yang lama perjalanannya sekitar 1,5 jam. Namun ada juga yang menghubungkan kawasan-kawasan ber-rute pendek seperti Galata Bridge-Uskudar, Galata Bridge-Kadikoy dan lain-lain. Salah satu dermaga dimana kapal-kapal Turyol bisa dinaiki adalah eminonu.

Dermaga ini berada di sebelah barat galata bridge atau di sebelah selatannya golden horn. Di kawasan tersebut dengan mudah terlihat armada kapal milik Turyol terparkir siap mengarungi selat bosphorus.

*harga bisa berubah sewaktu-waktu

Place Tags: istanbul, transport, and turkey.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image