Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Museum Bayt Al Qur’an Istiqlal

5 out of 5 stars based on 1 Review

Address : Jln. Taman Mini Indonesia Indah, Indonesia

Time :

Wisata Reliji di Museum Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal Jakarta

Kota Jakarta menyimpan segalanya. Wajar saja karena Jakarta merupakan refresentasi dari Indonesia secara keseluruhan. Segala keragaman dan variasi tempat wisata bisa ditemukan di kota ini.

Kota yang merupakan megapolitan dan menjadi kebanggaan bukan hanya warga Jakarta namun juga kebanggaan warga Indonesia. Makanya itu, Jakarta selalu dituju dan disinggahi oleh berbagai macam orang aneka etnis, profesi, jenis kelamin dan lainnya.

Sama halnya dengan Indonesia, Jakarta juga merupakan kota yang mayoritasnya berpenduduk Islam. Alquran yang merupakan kitab suci umat Islam senantiasa menjadi pedoman dalam setiap melangkah dan bertindak.

Makanya mengagungkan dan mengamalkan ajaran-ajaran yang termaktub dalam Kitabullah itu menjadi sebuah keharusan. Tak hanya mengamalkan atau mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, Alquran juga kini banyak dibuat karya seni yang indah dan sakral.

Sebagai contohnya Anda bisa melihat ke Museum Bayt Alquran dan Museum Istiqlal yang berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur. Alquran yang ditampilkan disini bukan sembarangan karena memiliki ukuran yang raksasa yang juga bersanding dengan Alquran yang berukuran kecil, sebesar ibu jari. Begitu juga jika Anda mengunjungi museum penting ini maka bisa melihat seni kaligrafi nusantara tanpa sedikitpun menghilangkan inti ajaran islam didalamnya.

Ketika Anda mengunjungi Museum Bayt Alquran dan Museum Istiqlal ini maka nuansa dan kesan islami akan benar-benar terasa. Nampak dari luar adanya ukiran berbahasa Arab yang sengaja ditempatkan dibagian depan gedung dengan sangat indah.

Juga ada menara yang berdiri kokoh menyapa setiap tamu yang datang dan memasuki kedalam Museum Bayt Alquran dan Museum Istiqlal. Kunjungan ke kedua museum tersebut akan benar-benar memberikan kesan yang mendalam dan sangat syahdu.

Museum tersebut memiliki luas 20.000-an meter persegi dimana terbagi menjadi dua bagian yakni ruang Bayt Alquran yang memajang mushaf-mushaf Alquran yang didatangkan langsung dari berbagai daerah.

Selain itu, ada juga ruang Istiqlal yang menampilkan kesejarahan penyebaran dan perkembangan agama Islam di Indonesia dari tahun ke tahunnya. Pengetahuan keislaman Andapun akan semakin bertambah.

Pada permulaannya Anda akan dibawa melihat seni klaigrafi yang tersusun dari ayat-ayat Alquran yang sangat indah dan mengagumkan karena dihasilkan dari tangan-tangan yang terampil.

Kemudian disepanjang lorong museum pengunjungpun akan menyaksikan Alquran dari tulisan tangan yang ditulis dari ukuran terbesar sampai yang terkecil. Sedangkan panjangnya sendiri tak lebih dari ukuran ibu jari. Untuk tahun pembuatannya sendiri dapat diterka merupakan tulisan Alquran yang berasal dari pertengahan abad ke-19 sampai abad ke-20.

Kalau Anda perhatikan secara detil maka akan diketahui adanya perbedaan gaya penulisan dan juga corak yang terdapat dalam huruf-huruf Alquran tersebut. Keadaan tersebut tentu saja sangat bergantung dari hasil serapan budaya ketika mushaf itu dibuat.

Perbedaan-perbedaannya sendiri dapat dilihat dari sisi corak iluminasi dan juga karakter kaligrafi. Beberapa mushaf yang bisa Anda jumpai disini antara lain Mushaf Kuno, Mushaf Wonosobo, Mushaf Sundawu, Mushaf Jakarta, Mushaf Ciorebon, Mushaf Kerajaan Biuma, Mushaf Pusaka RI dan masih banyak mushaf-mushaf lainnya.

Untuk mereka yang memiliki kekurangan (penyandang cacat) juga ada Alquran khusus yang disebut dengan Alquran Braille. Kemudian ada juga Alquran terjemahan bahasa daerah, dan juga Alquran berstandar Indonesia. Untuk menyimpan mushaf-mushaf suci itu ada peti-peti yang sangat indah yang dibuat dari kayu jati yang kuat.

Kesemua mushaf-mushaf tersebut bisa dilihat secara leluasa oleh setiap pengunjung yang datang ke Museum Bayt Alquran ini. Anda rindu Alquran? Maka harus segera berkunjung kesini!

Setelah puas menyaksikan berbagai koleksi mushaf yang ada di Museum Bayt Alquran, saatnya berkunjung ke Museum Istiqlal untuk menjejaki sejarah Islam masa silam yang ada di nusantara. Berbagai peradaban sejarah Islam bisa ditelusuri.

Banyak koleksi yang terdapat disini seperti prasasti maklumat, naskah kuno, lukisan kaligrafi, manuskrip Islami, batu nisan, seni tradisional dan kontemporer. Tentu saja keseluruhan hasil karya agung tersebut bersumber dari firman-firman Tuhan yang diagungkan.

Kemudian melangkah lebih ke dalam lagi Anda akan menemukan bangunan mini dan juga foto-foto masjid di Indonesia yang dibangun dengan karakter dan ciri khas arsitektural yang hanya ada di daerah tersebut.

Beberapa koleksi foto masjid tersebut bisa disebutkan sebagai berikut, Masjid Baiturrahman yang menjadi kebanggaan warga Aceh dan dibangun pertama kalinya pada abad ke-17 masehi, Masjid Demak Kudus, Masjid Sultan Ternate, dan juga masjid yang terbesar di Asia Tenggara yakni Masjid Istiqlal.

Masih kurang? Maka perhatikan juga berbagai benda kerajinan seni semisal songket, border, keramik, kulit dan juga interior yang sangat kental unsur Islaminya. Kesemua koleksi tersebut bisa Anda lihat di museum ini yang telah ada sejak tahun 1997 silam.

Makanya dengan menimbang banyak koleksi museum yang bermanfaat dan berpengaruh dalam kehidupan manusia karena segala sesuatunya bersumber dari sumber Tuhan menjadikan Museum Bayt Alquran dan juga Museum Istiqlal ini sangat tepat untuk Anda kunjungi. Biasanya jumlah pengunjung pun akan semakin berlipat dikala bulan Ramadhan tiba.

Place Tags: Museum and Museum Bayt Al Qur'an Istiqlal.

1 User Review on Museum Bayt Al Qur'an Istiqlal
ulie lives in

wow..amazing…saya pernah liat liputannya di tv tapi belum pernah datang langsung, duhh….pengen banget bisa menikmati keindahan Al Qur’an dengan berbagai ukuran…

Assessment on 12-08-2012

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image