Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Candi Muaro Jambi

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Desa Muaro Jambi, Kecamatan Muaro Sebo, Jambi

Time :

Candi Muaro Jambi – itulah nama yang dimiliki sebuah kompleks candi terbesar se-Indonesia bahkan terbesar se-Asia Tenggara. Luas komplek candi ini dua kali lebih besar dari Angkor Watt yang dimiliki oleh Myanmar dan 20 kali lebih besar dari kompleks candi Borobudur.

Tentunya ada banyak bangunan candi yang bisa anda temukan disini, dan di antaranya sudah ada yang di pugar sehingga terlihat lebih indah. Penasaran? Berikut ulasan tentang candi yang menjadi salah satu daftar World Heritage ini.

Candi Muaro Jambi
Lokasi dan Akomodasi
Letak dari kompleks Candi Muaro Jambi ini sekitar 2 Km ke arah timur laut kota Jambi. Secara administratif, Candi Muaro Jambi berada di Desa Muaro Jambi, Kecamatan Muaro Sebo. Ada 2 akses untuk menuju kompleks candi ini, jalur darat dan jalur air melintasi aliran sungai Batanghari.

Dengan menggunakan kendaraan darat anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, carter mobil ataupun naik ojek dan memakan waktu sekitar 40 menit. Dengan kendaraan pribadi, berjalanlah ke arah timur dari pusat kota dan anda akan menyebrangi jembatan Batanghari II.

Lalu lanjutkan perjalanan dimana anda akan menemukan persimpangan jalan, pilihlah jalan ke kanan. Pada jalur ini, anda akan melewati dua buah jembatan yang cukup kecil dan tidak lama dari jembatan kedua anda akan melihat tulisan yang akan menunjukkan arah ke komplek Candi Muaro Jambi.

Biaya carter mobil untuk wilayah Jambi, biasanya dikenakan tarif Rp 300.000 – Rp 450.000 per hari nya. Sedangkan naik ojek, sekitar Rp 20.000 untuk menuju candi. Ojek ini juga bisa di sewa selama perjalanan anda pulang-pergi ke candi. Asal tidak terlalu lama. Tetapi tarif juga tentu lebih mahal dan biasanya dihitung perjam.
Nah, jika anda ingin menuju candi sembari menikmati wisata sepanjang sungai Batanghari, anda bisa naik speedboat atau ketek dari pelabuhan yang ada di pasar Angso Duo. Lama perjalanan sekitar 20-30 menit saja dengan biaya Rp 200.000 – Rp 250.000 yang bisa dinaiki 10-15 orang. Jadi lebih cocok jika anda pergi dengan rombongan agar lebih efisien.

Wisata
Candi Muaro Jambi diperkirakan sudah dibangun pada abad ke 4 Masehi dan gaya arsitekturnya mencerminkan kebudayaan Melayu-Budha, menurut perkiraan para arkeolog, dulunya lokasi candi merupakan pusat dari suatu kerajaan kuno.

Untuk memasuki kawasan candi, anda dikenakan biaya sebesar Rp 8.000 per orangnya. Ada 110 candi yang dibagi menjadi 39 kelompok candi yang sudah di temukan di situs seluas 2612 Hektar ini, diperkirakan masih ada candi-candi lain yang masih terkubur dan terus di gali oleh para arkeolog.

Di antara beberapa candi tersebut, sudah ada 12 candi yang telah dipugar. Di antaranya Candi Tinggi I dan II, Candi Gumpung, Candi Gedong I dan II, Candi Kedaton, Candi Astano, Candi Koto Mahligai, Candi Teluk I dan II, Candi Bukit Sengalo dan Candi Kembar Batu.

Untuk mengelilingi komplek candi seluas ini anda jangan khawatir, ada penyewaan sepeda dengan harga Rp 10.000 per jam dan untuk anda yang ingin mencoba sepeda tandem biayanya adalah Rp 20.000 per jam.

Bahan dasar candi yang ada di kompleks Candi Muaro Jambi ini berupa batu bata, sehingga cukup mudah rusak karena kondisi alam. Di antara belasan candi yang sudah di pugar, beberapa kelompok candi yang menarik perhatian di antaranya adalah Candi Tinggi yang akan anda temukan pertama kali ketika memasuki kompleks candi.

anda bisa naik hingga ke puncak candi melalui tangga masuk yang menghadap sisi timur. Pemugaran candi ini berlangsung pada tahun 1979-1988, luasnya adalah 75×92 meter yang terdiri dari satu candi induk dan enam buah candi perwara. Candi ini tampak yang paling indah, dan diperkirakan tempat untuk peribadatan agama Budha.

Kelompok Candi Gumpung juga cukup terkenal karena lokasinya yang berdiri di atas lapangan luas. Bagian yang tampak seperti pintu masuk dihias dengan sebuah makara, padahal bagian tersebut bukan pintu masuk. Tak ada jalan untuk memasuki bagian dalam candi ini.

Candi Gumpung merupakan candi terbesar kedua dalam kompleks Candi Muaro Jambi, sedangkan yang terbesar adalah Candi Kedaton. Anda juga bisa menemukan sebuah telaga yang memiliki kedalaman 2-3 meter dan berukuran 100 x 120 meter di depan Candi Gumpung. Diduga telaga ini tempat mandi para raja jaman dulu.

Telago Rajo
Selanjutnya ada Candi Gedong I dan II yang beda jaraknya hanya 150 meter. Keduanya memiliki tangga yang menghadap ke timur. di kedua candi ini juga banyak ditemukan benda-benda arkeologi seperti uang logam, keramik, gerabah, peralatan keagamaan, dll.

Ada sebuah gong kuno yang bertuliskan huruf Cina, gong tersebut ditemukan pada saat pemugaran Candi Kembar Batu yang berjarak sekitar 250 meter dari Candi Tinggi. Candi ini berukuran sekitar 64 x 54 meter dan masih banyak candi lainnya yang bisa anda lihat dalam Kompleks Candi ini. Tak hanya candi, ada museum situs dimana menyimpan koleksi-koleksi purbakala yang ditemukan dalam penggalian di Kompleks Candi Muaro Jambi ini.

Salah Satu Koleksi Museum Situs
Tips

1. Usahakan ketika anda pergi anda sudah memperkirakan bagaimana anda pulang. Karena sangat jarang ada angkutan yang bisa mengantar anda pulang dari kompleks candi.

2. Ketika anda ingin ke wilayah timur kompleks, jangan pergi sendiri, karena keadaannya yang agak sedikit sepi serta masih tampak seperti area hutan.

3. Begitupun jika anda berkendaraan menuju timur tepatnya ketika anda akan menyebrangi kanal menuju timur. Jembatan yang akan anda lalui tidak memiliki pagar pembatas, sehingga harap berhati-hati apalagi jika keadaan sedang ramai.

4. Jika anda beruntung, datanglah sebelum jam 8 karena penjaga belum ada, dan biasanya anda bisa masuk secara gratis.

Bisa menjadi kebanggaan tersendiri ketika sudah mengunjungi situs candi terbesar se-Asia Tenggara ini. Walaupun tidak ada guide dalam lokasi candi ini, jangan sungkan untuk bertanya pada beberapa petugas.

Anda bisa diberikan brosur informasi, serta jika anda beruntung, bisa saja anda bertanya pada petugas yang juga paham akan sejarahnya. Jadi jangan ragu untuk mengunjungi situs purbakala yang istimewa ini jika anda mengunjungi Provinsi Jambi.

Place Tags: candi, Jambi, and MuaroJambi.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image