Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Pasar Hamadi

3 out of 5 stars based on 1 Review

Address : Jayapura, Papua, Indonesia

Time :

Pasar Hamadi – Jayapura

Pasar Hamadi – Semua orang sangat suka belanja, apalagi kalau barang tersebut bagus dan murah, pasti akan langsung di buru setiap orang. Jangan salah, tidak hanya wanita yang suka belanja, pria juga suka.

Tahukah anda, di kota Jayapura ini ada sebuah tempat yang di kenal dengan sebutan Surga Belanja, jikalau Thailand punya Bangkok, Jakarta punya Tanah Abang, dan Jogja punya Malioboro, maka kota Jayapura punya Pasar Hamadi sebagai pusat perbelanjaan terlengkapnya. Untuk lebih jelasnya anda bisa baca info tentangnya yang akan kita bahas kali ini.

Lokasi dan Transportasi

Pasar Hamadi ini berada di kota Jayapura. Lebih tepatnya lagi, Lokasi Pasar Hamadi ini berada di arah selatan kota Jayapura, tidak terlalu jauh dari pusat kota, mungkin kurang lebih hanya sekitar 3 kilometer saja. Anda juga bisa dengan mudah menuju lokasi tempat wisata ini, baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Jika anda ingin menggunakan kendaraan umum, maka anda bisa naik angkot atau ojek untuk bisa sampai ke lokasi Pasar Hamadi ini. Kalau naik angkot maka anda akan dikenakan tarif kurang lebih sebesar Rp 2.500*) hingga Rp 5.000*) per orangnya, anda akan berhenti ketika sudah sampai di Pasar Hamadi.

Nah disini anda bisa naik ojek motor, tarif ojek yang anda harus keluarkan untuk bisa sampai ke Pasar Hamadi ini kurang lebih sekitar Rp 5.000*) , akan tetapi ongkos pastinya di tentukan dari seberapa jauh jarak anda dengan lokasi Pasar Hamadi tersebut, namun anda bisa bernego dengan pemilik ojek motor jika harganya terlalu mahal.

Dari terminal angkot ke Pasar Hamadi ini hanya menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 10 menit saja. Atau anda bisa naik taksi sebagai alternatif lain, jadi meskipun jarak lokasi anda dan lokasi Pasar Hamadi lumayan jauh, maka anda tidak perlu berganti-ganti angkot, hanya cukup satu kali naik taksi saja, selain itu, tentunya anda tidak perlu merasa kepanasan.

Jika anda datang bersama keluarga besar, maka anda bisa menyewa kendaraan selama yang anda inginkan, dan anda bisa memakainya untuk berkeliling kota Jayapura sampai puas, tarif normal yang di tetapkan dalam penyewaan kendaraan di kota ini kurang lebih Rp 500.000*) per hari, jadi anda bisa menentukan sendiri alat tranportasi apa yang akan anda gunakan.

Wisata

Kalau berlibur ke Jayapura, maka belum pas rasanya kalau anda belum datang ke Pasar Hamadi, bahkan ada wisatawan yang 3 hari berturut-turut hanya untuk menghabiskan waktu berkeliling-keliling Pasar Hamadi karena ingin melihat berbagai macam koleksi yang di jual di sepanjang Pasar tersebut.

Di Papua ini, terdapat 250 suku yang pada masing-masing suku tersebut memiliki ciri khas, bahasa, dan adat masing-masing. Nah, di Pasar Hamadi ini anda bisa mencari segala macam pernak-pernik semua suku yang ada di Papua, banyangkan saja betapa banyaknya pernak-pernik yang bisa anda beli untuk oleh-oleh, pasti anda akan bingung untuk memilihnya.

Pasar Hamadi memang terkenal sebagai Pusat Penjualan Souvenir atau Cinderamata khas Papua, barang yang paling terkenal di Pasar ini adalah barang-barang suku Asmat, seperti perlengkapan pakaian suku asmat, pernak-pernik yang di pakai, hingga replika tongkat dan topi bulu kepala suku Asmat.

Selain itu disini juga di jual lukisan, ukiran kayu, hingga patung kayu suku Asmat yang harganya mencapai hingga 1,5 juta. Karena lengkapnya barang-barang etnik Papua yang dijual di Pasar Hamadi ini, maka banyak sekali wisatawan asing yang juga tertarik berlibur ke Papua hanya untuk belanja di Pasar Hamadi, guna melengakapi koleksi mereka, terutama bagi yang merupakan pecinta barang-barang etnik.

Tips
1. Kalau anda menetap di Jayapura untuk berlibur selama beberapa hari, sebaiknya anda menyewa kendaraan saja selama berlibur, meski harganya memang lumayan tinggi, tapi itu bisa membuat anda merasa lebih nyaman untuk bepergian ke tempat-tempat wisata manapun yang anda ingin datangi selama sedang liburan.

2. Selama berlibur di Jayapura ini, sebaiknya anda minum obat pil kina, atau setidaknya teruslah menjaga agar imunitas tubuh anda tetap fit, hal ini guna mencegah anda terkena penyakit malaria, karena penyakit malaria di kota Jayapura ini sedikit lebih gawat, dosis obat yang di butuhkanpun juga aga lebih tinggi dari biasanya.

3. Selama berbelanja di Pasar Hamadi ini sebaiknya anda tetap waspada dengan lingkungan sekitar, jangan memposisikan tas anda di belakang, hadapkanlah didepan sebisa mungkin, meskipun kota Jayapura ini relatif aman, namun tidak ada salahnya jika kita tetap waspada, hitung-htung meminimalisir kesempatan akan terjadinya tindak kriminal.

4. Di Pasar Hamadi ini jika anda pandai menawar maka anda bisa mendapatkan harga yang cocok, jadi kalau mau belanja sebaiknya ajak rekan anda yang pintar dalam tawar menawar, kalau bisa ajak yang mengerti bahasa adat di Jayapura ini, jadi dengan begitu interaksi akan jauh lebih mudah dan siapa tahu anda bisa mendapatkan harga yang cocok jika beruntung.

Tempat yang sangat menarik bukan? Tentu saja, jadi, jika anda akan berlibur ke kota Jayapura, anda tidak boleh lupa untuk mampir ke Pasar Hamadi yang amat terkenal ini, dijamin anda akan menyesal jika melewatkannya begitu saja.

Nah, maka dari itu ajaklah keluarga dan rekan-rekan anda untuk berlibur ke kota Jayapura yang eksotik ini, masih banyak tempat-tempat wisata lainnya yang sangat menarik dan harus anda kunjungi. Selamat Berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: jayapura, Pasar, and Pasar Hamadi.

1 User Review on Pasar Hamadi
Kandi Suharya lives in

2 minggu kemarin, belanja disini untuk beli oleh\’. Kita harus bisa nawar kalo mau beli, biar tdk kemahalan.

Assessment on 02-21-2013

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image