Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Bumi Perkemahan Sekipan

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Time :

Apakah anda sedang ingin menyendiri? Berlibur di tempat keramaian justru malah menambah pusing kepala. Berlibur ke pantai, anda pun dituntut untuk segera pulang ketika petang menjelang. Dan kalau harus pergi ke pusat perbelanjaan, krisis kantong kering pun pasti akan segera terjadi.

Nah, salah satu alternatif tempat yang dapat anda kunjungi bila ingin menyendiri, jauh dari hiruk-pikuk dan lalu lalang manusia disekitar kita, tempat yang cocok tentu saja Bumi Perkemahan Sekipan, atau lebih sering disingkat dengan Buper Sekipan, atau Buper Kalisoro.

Bisa dikatakan, bagi anda yang memang mempunyai jiwa petualang, ingin mengusir penat dikepala, ingin menenangkan pikiran, dan ingin sekedar menyapa alam, tempat ini sangatlah sempurna untuk dikunjungi.

Buper Sekipan ini terletak di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Letaknya yang berada di ketinggian 1.100 diatas permukaan laut membuat tempat ini mempunyai hawa yang dingin namun tetap sejuk saat anda berjalan-jalan di pagi hari.

Konon, tempat ini dulunya bernama Sekar Jinggo yang mempunyai arti sebagai bunga berwarna jingga. Menurut legenda, tempat ini dulu juga sering digunakan sebagai tempat untuk bersantai, berburu, dan rekreasi bagi keluarga Keraton Kasunanan Surakarta dan Keluarga Mangkunegaran.

Namun, kini berganti nama menjadi Sekipan yang dalam bahasa Belanda berarti tembak karena tempat ini dulu sering digunakan sebagai tempat latihan menebak oleh para tentara.
Sekarang, tempat ini pun lebih difungsikan sebagai tempat kemping atau berkemah serta dijadikan tempat untuk penelitian dari berbagai tanaman hutan yang tumbuh subur disana.

Bukan hanya itu, Buper Sekipan juga sering digunakan sebagai tempat untuk keakraban bagi para mahasiswa baru, untuk tracking, dan untuk kegiatan kepramukaan. Jadi, kalau anda memilih Buper Sekipan untuk melakukan aktifitas petualangan di alam terbuka, tempat ini pun cocok karena anda dapat melakukan kemping sekaligus kegiatan outbond dalam satu tempat.

Dan karena tempat ini memang didesain sebagai obyek wisata alternatif, maka siapa pun yang berkunjung kesana pun akan bisa bersantai, sekaligus mempelajari keadaan alam pegunungan yang ada di lereng gunung Lawu.

Bila ditinjau secara lokasi, Buper Sekipan ini terletak sekitar 31 km ke arah utara dari kota Karanganyar, dan berada sekitar 1,5 km di sebelah timur Taman Rekreasi Tawangmangu. Tempat ini tergolong lebih terpencil dan jauh dari jalan utama Tawangmangu – Sarangan.

Dengan dua bukit yang mengapit hutan ini maka tempat ini juga tepat untuk berkemah dengan rombongan karena anda dapat membangun tenda besar. Suasana yang terpencil ini justru banyak dipilih oleh pecinta alam karena disana, mereka dapat fokus mengeksplorasi lingkungan sekitar.

Dan karena tempat ini dikelola oleh Perum Perhutani, maka apapun kebutuhan anda saat kemping disana dapat dibicarakan dengan pengelola hutan. Fasilitasnya pun cukup memadai karena mereka menyediakan lokasi untuk api unggun, sumber air, MCK, mushola, dan juga fasilitas lain yang sangat membantu.

Suasana hutan yang ada di kawasan ini akan memberikan pemandangan alam yang indah untuk anda. Mata anda yang tiap hari harus bergelut dengan kertas dan komputer, akan dimanjakan dengan panorama hijau pohon yang menjulang tinggi dan juga rerumputan liar yang tumbuh subur di sekitar hutan.

Semuanya masih alami dan apa adanya. Tempat ini memang sengaja dijadikan sebagai lokasi untuk kemping mengingat kondisi tanah yang bergelombang dan juga keterpaduan antara areal bukit dan hutan sehingga siapapun akan nyaman melakukan aktifitas bersama-sama atau pun menghangatkan diri dengan membuat api unggun dimalam hari. Benar-benar tipikal wisata yang syarat dengan nuansa alam.

Ada hal lain lagi yang ditawarkan oleh Buper Sekipan. Kegiatan petualangan di daerah pegunungan yang akan anda jalani menjadi semakin lengkap karena disana terdapat jalan tanah di salah satu bukit yang mengapit Buper Sekipan untuk menuju ke tempat tinggal penduduk disisi bukit lainnya.

Anda pun harus berjalan kaki selama 2 jam sambil menikmati pesona alam hutan, jalan yang turun naik di tengah hutan pinus, pohon-pohon yang bergelantungan dengan batangnya yang kurus, dan tentu saja aroma hutan yang khas sehingga semakin menyegarkan pikiran dan jiwa anda.

Dan kalau anda ingin mengeksplorasi lebih jauh lagi tentang kawasan hutan ini, anda pun akan sampai pada situs arkeologis yang memang banyak ditemukan disana, seperti Situs Menggung yang letaknya berada di tengah pemukiman penduduk. Situs ini biasanya digunakan untuk lokasi upacara adat warga setempat, misalnya untuk upacara adat Dhukutan.

Petualangan anda di Buper Sekipan makin lengkap karena hampir semua akses jalan disana masih berupa jalan setapak, alias jalan tanah. Jadi sangat jauh berbeda dengan jalanan yang selama ini anda rambah saat di tempat kerja. Namun begitu, suasana semacam ini pun semakin mengasyikan karena tiap pengujung dipastikan bisa menghirup udara segar di pagi hari.

Udara gunung yang masih bersih tanpa adanya polusi dengan hamparan hutan pinus, jalanan setapak, bukit yang menghijau, rumputan yang tumbuh subur, ladang yang dikerjakan oleh para penduduk, serta bunga-bunga liar dapat anda nikmati sepuasnya saat berada di Buper Sekipan, serta penduduk yang ramah pun akan menyapa anda dengan senyuman.

Nah, kalau anda tertarik untuk berkemah bersama keluarga atau teman-teman anda, anda bisa mencoba tempat ini, Buper Sekipan. Hanya saja, anda harus pandai-pandai memilih waktu. Dan biar tidak repot, mungkin akan jauh lebih baik kalau anda tidak berkemah saat musim hujan. Selamat berpetualang.

Place Tags: BumiPerkemahan, Karanganyar, and Sekipan.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image