Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Sirkuit Sepang

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Kuala Lumpur, Malaysia

Time :

Diantara para pecinta olahraga otomotif seperti MotoGP, Formula 1 dan ajang balapan lainnya tentu sudah tak sangsi lagi dengan Sirkuit Sepang Malaysia. Tak hanya bagi pembalap, bagi penonton di berbagai penjuru dunia sekalipun nama Sirkuit Sepang sudah begitu familiar.

Sirkuit ini juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Malaysia karena negaranya merupakan satu dari sedikit negara di Asia yang memiliki sirkuit berkelas internasional yang telah berulang kali menggelar even-even panas dan bergengsi dunia. Apakah Anda pernah menyaksikan balapan di sirkuit ini?

Bagi Anda yang bepergian ke Malaysia, khususnya kawasan Kuala Lumpur dan kebetulan berbarengan dengan jadwal penyelenggaraan MotoGP atau balapan F1 maka tak ada salahnya untuk menyaksikan even balapan terbaik di dunia tersebut. Dalam setiap tahunnya ada banyak even yang digelar oleh sirkuit ini.

Tak hanya MotoGP atau Formula 1 saja yang digelar, namun juga ada banyak balapan lainnya yang tak kalah mengundang peminat/ wisatawan untuk menonton. Balapan-balapn tersebut digeber untuk semakin menunjukkan eksisten Sirkuit Sepang Malaysia di dunia balapan dunia.

Sirkuit ini didesain serba modern dengan standar keamanan internasional. Didesain sendiri oleh Hermann Tilke dari Jerman. Pembangunannya sendiri telah dilakukan pada tahun 1997 silam dan baru selesai pada 1999 (2 tahun kemudian).

Uji coba pertama kali diadakan disini pada tahun 1999 bertajuk MotoGP Malaysia dan kemudian dilanjutkan dengan Formula 1 di akhir tahunnya. Yang menarik ialah bahwa sirkuit kebanggaan publik Malaysia ini tak memiliki desain khusus untuk menggelar even balapan yang berbeda.

Entah itu MotoGP, F1 atau balapan lainnya tetap menggunakan fitur desain yang sama dan tidak ada pembeda satu dengan yang lainnya. Anda tidak percaya? Silakan cekidot sendiri!

Banyak yang menganggap bahwa sirkuit yang memiliki total tikungan sekitar 15 buah ini menantang bagi banyak pembalapnya. Mungkin Anda juga sudah mengetahui bahwa pembalap muda berbakat asal Spanyol Marco Simoncelli belum lama ini meninggal di lintasan balapan Sirkuit Sepang Malaysia.

Simoncelli tewas pasca terlibat insiden dengan pembalap lainnya sehingga iapun akhirnya harus merelakan nyawanya tak tertolong. Meski kematian sang pembalap Simoncelli merupakan bagian dari takdir Tuhan namun hal itu membuktikan bahwa kalau tak berhati-hati di lintasan Sepang maka nasib buruk bisa menimpa pembalap manapun.

Panjang lintasan balapnya sendiri mencapai 5.543 meter dan terkenal dengan cuaca yang ekstrim. Max Webber pernah mencatatkan dirinya sebagai pembalap yang mampu memiliki catatan waktu terecepat disini dengan rekor satu menit koma 37 detik.

Meski begitu pembalap yang paling banyak meraih kemenangan di lintasa balap ini ialah Michael Schumacher di F1 dan juga Valentino Rossi untuk MotoGP. Daya tarik dari Sepang ini ialah cuacanya yang sangat ekstrem dan hal itu banyak dirasakan oleh para pembalapnya, terutama mereka yang berasal dari negara-negara Eropa.

Kalau sedang musim panas, maka cuaca di sekitar Sepang akan sangat panas sekali sampai-sampai banyak pembalap yang harus turun berat badannya sehabis berkompetisi di Sepang ini. Begitu juga sebaliknya, kalau sedang musim hujan maka cuaca terasa dingin sekali.

Lokasinya sendiri memang sedikit menyingkir dari pusat kota Kuala Lumpur, yakni berjarak sekitar 85 km. Namun begitu, lokasinya cukup dekat dengan Kuala Lumpur International Airport (KLIA) karena memang ditujukan untuk memudahkan akses para pembalap dan kru-krunya yang berasal dari luar negeri.

Dari bandara KLIA tersebut jarak tempuh ke sirkuit ini tak lebih dari 20 menit saja. Sedangkan kalau diakses dari Kuala Lumpur maka bisa menghabiskan waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam tergantung kecepatan bis tersebut.

Sirkuit Sepang Malaysia ini diresmikan pada tahun 1999 langsung oleh Perdana Menteri Dato Seri Dr. Mahathir Mohammad. Sirkuit inipun mendapatkan pengakuan publik balap internasional karena memiliki sejumlah fasilitas yang ultramodern untuk menunjang berbagai aktifitas balapan.

Bahkan sirkuit ini mendapatkan kehormatan untuk menggabungkan logo Formula One didalam penamaannya sendiri. Sirkuit Sepang juga memiliki trek yang terkenal dengan trek “jepitan rambut”.

Yang dimaksud dengan trek ini ialah trek jalan lurus yang diapit langsung oleh tempat duduk penonton sehingga setiap penontonnya bisa menyaksikan kompetisi yang seru dari para pembalapnya.

Sirkuit Sepang ini memang terkenal sebagai lintasan balap untuk MotoGP dan juga F1. Namun demikian, sirkuit ini juga rupanya banyak digunakan untuk balapan lainnya seperti mobil kart dan juga motocross. Makanya jadwal pertandingan balap di sirkuit ini selalu mengantri dalam setiap tahunnya.

Hal tersebut tentu saja semakin mengangkat nama Malaysia di pentas balapan internasional meskipun jarang pembalap dalam negerinya sendiri yang eksis dan berprestasi di dunia balapan internasional. Malaysia selalu menyebutnya sebagai home of motorsport yang bertujuan untuk semakin memompa semangat para atlit balap terbaik di dunia ketika bertanding.

Sirkuit Sepang Malaysia ini memiliki kapsitas untuk menampung penontonnya mencapai 130.000 orang. Untuk panggung grand standnya sendiri bisa menapung sebanyak 32.000 orang dan juga disediakan 18 tempat duduk suite yang biasanya digunakan oleh berbagai perusahaan sponsor yang sudah jauh-jauh hari memesannya.

Areal balapan ini memiliki paddock atau yang disebut dengan Pit Building yang menghadap ke grand stand. Di pit building ini memiliki 33 pits, time keeping room, paddock club, race control room dan juga ada management offices.

Sedangkan untuk kalangan penonton yang ingin menyaksikan balapan bisa masuk melalui welcome gate yang dijadikan sebagai gerbang utama untuk memasuki kawasan sirkuit.

Di lokasi untuk masuknya para penonton juga terdapat banyak fasilitas lainnya semisal ruangan informasi, museum Seorang, restoran, tempat untuk menjual aneka merchandise, ruang pameran untuk berbagai sponsor yang telah iktu andil dalam menyukseskan penyelenggaran balapan dan lainnya.

Itulah daya tarik yang dimiliki oleh Sirkuit Sepang Malaysia yang selalu membuat iri negara tetangganya karena sudah mampu menyelenggarakan berbagai balapan berkelas internasional. Anda sangat boleh menjadikan Sirkuit Sepang Malaysia ini sebagai salah satu tujuan wisata otomotif termegah dan paling direkomendasikan di Malaysia.

Selamat Berkunjung!

Place Tags: KualaLumpur and Sepang.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image