Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Gua Cerita

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Langkawi, Kedah, Malaysia

Time :

Gua Cerita

Legenda merupakan sebuah kisah yang diceritakan secara turun – menurun oleh kakek nenek kita. Tidak ada yang tahu pasti asal dan sumber cerita legenda tersebut. Tapi bagaimanapun juga, legenda adalah sesuatu yang menyenangkan untuk diceritakan kembali.

Untuk dipetik hikmahnya, untuk dipetik kebijaksanaan yang disampaikannya. Bukan hanya itu saja, sebagian masyarakat bahkan juga mempercayai segala macam bentuk mitos yang menyertai munculnya legenda tersebut.

Beberapa daerah muncul dengan legendanya masing – masing. Beberapa lokasi pariwisata dapat berkembang dan dikenal hingga kini juga melalui legendanya masing – masing. Gunung, danau, sungai, kota, hingga gua muncul dengan legenda yang berbeda – beda.

Sebagai contoh di Indonesia kita mengenal sebuah tempat bernama Banyuwangi. Menurut cerita turun temurun yang ada di masyarakat, pemberian nama Banyuwangi berasal dari kisah seorang istri yang dituduh berkhianat kepada sang suami.

Tidak jauh berbeda jika kita memutuskan untuk pergi ke Malaysia dan mampir sejenak ke Kepulauan Langkawi. Pulau yang penuh akan cerita – cerita dan legenda rakyat. Salah satu contohnya ialah Gua Cerita.

Jika Anda kebetulan sedang melakukan lawatan ke Langkawi, ada baiknya menyempatkan diri untuk pergi ke sisi tenggara dari Kepulauan ini. Terdapat sebuah gua yang sangat tersohor di Kepulauan Langkawi ini. Letaknya yang berdekatan dengan spot wisata pantai, Tanjung Rhu. Bagi para wisatawan yang kebetulan sedang berada di lokasi Tanjung Rhu yang mempesona, ada baiknya jika tidak lupa untuk menyempatkan diri mampir sejenak ke Gua Cerita.

Tidak jauh dari Pantai Tanjung Rhu, Anda akan dapat menemui sebuah gua kapur yang sangat besar.Jika Anda pernah masuk ke Gua Maharani di Lamongan, Indonesia, maka pintu masuk dari Gua Cerita ini akan mengingatkan Anda ke sana. Sebuah jembatan kecil terbuat dari kayu akan mengantar Anda masuk ke dalam Gua Cerita ini.

Udara dingin dan suasana yang lembab juga seakan turut menyambut kedatangan Anda ke gua ini. Jangan khawatir dengan suasana gelap di sekitar gua. Pada siang hari, sinar matahari akan membantu memberikan penerangan di dalam Gua Cerita ini.

Ada satu hal yang menarik di balik sejarah dari ditemukannya Gua Cerita ini. Kisah tentang Merong Maha Wangsa, seorang kaisar keturunan Cina sakti yang dipercaya pernah hidup di langkawi.

Pada sebuah kisah dimana terdapat seekor Garuda Sakti menolak memberikan restu terhadap rencana perkawinan dari Putri Cina dan Pangeran Romawi. Garuda Sakti menganggap, penyatuan kerajaan dengan pernikahan kedua putra – putri ini dapat berbahaya bagi kerajaan – kerajaan kecil lainnya.

Untuk itulah, pada suatu kesempatan, Garuda Saktimenculik Putri Cina dengan tujuan untuk menggagalkan rencana pernikahannya. Putri Cina tersebut disembunyikan ke dalam sebuah gua di Pulau Langkawi. Tidak berhenti di situ saja, Garuda Sakti juga menghancurkan armada milik Merong Maha Wangsa dan berusaha menghancurkan Pangeran Romawi.

Pertempuran sengit yang terjadi ternyata mengorbankan Pangeran Romawi. Sebuah kisah menjelaskan bahwa tubuh Pangeran Romawi terbuang ke laut karena kalah dalam pertempuran. Namun, beruntungnya Pangeran Romawi terdampar disebuah pantai dan ditemukan oleh Putri Cina dan dibawa masuk menuju gua.

Pangeran dan Putri tersebut akhirnya bersatu dan menikah di dalam gua yang diyakini sebagai Gua Cerita ini. Sedangkan, Garuda Sakti menghilang diselimuti rasa malu begitu besar karena percaya diri menganggap bahwa dirinya telah membunuh Pangeran Romawi.

Sebuah cerita yang menarik, bukan? Namun terlepas dari legenda yang menyelimuti Gua Cerita, ini merupakan salah satu spot wisata yang layak untuk Anda perhitungkan. Di dalam gua ini Anda akan dapat melihat bagaimana keindahan stalaktit dan stalakmit yang terbuat dari batuan kapur asli dan dipercaya telah terbentuk beratus – ratus tahun silam.

Tidak hanya itu saja, di dalam Gua Cerita ini Anda akan dapat melihat ukiran tulisan arab di beberapa tempat di dinding gua. Ukiran arab ini berisi tentang kisah perjalanan hidup dari Sheikh Baharuddin hingga beliau menutup usia tepat pada hari ke – 9 bulan keenam di tahun 68 dari era Islam. Diyakini tulisan arab ini ditulis pada tahun 1754 Masehi pada masa pemerintahan Sultan Mohamed Jiwa II yang berasal dari Kedah.

Untuk menuju ke Gua Cerita ini juga sangat mudah. Akses jalan menuju Gua Cerita terbilang tidak terlalu berbelit – belit, karena lokasinya juga yang banyak diketahui oleh masyarakat sekitar Tanjung Rhu.

Perjalanan menuju Gua ini dapat Anda tempuh dengan menggunakan perahu yang dapat Anda sewa dari Tanjung Rhu. Tentunya untuk menyewa perahu ini, memang ada biaya yang harus dikeluarkan.

Namun berapapun biaya yang Anda keluarkan tentunya sangat sebanding dengan keindahan yang Anda dapatkan ketika berkunjung ke Gua Cerita ini. Terlebih lagi untuk masuk ke wilayah Gua Cerita, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

Saran bagi yang tengah berwisata ke Gua Cerita jangan lupa untuk mempersiapkan kamera untuk mengabadika momen – momen Anda bersama orang – orang terkasih. Lelah berkeliling di dalam gua, Anda bisa bermain atau sekedar duduk dan menikmati suasana laut yang terletak tidak jauh dari pintu masuk gua. Tertarik untuk datang dan mendengar legenda dari Gua Cerita ini?

Place Tags: Goa, gua, Gua Cerita, and langkawi.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image