Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Gua Batu

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : RT 7, Taba Jemekeh, Lubuk Linggau Timur I, Lubuk Linggau, Sumatera Selatan

Time :

Gua Batu – Lubuk Lingga

Gua Batu – Sebuah objek wisata yang terbentuk oleh alam, memang sering mengundang banyak perhatian wisatawan. Apalagi, jika ada cerita dan tantangan sendiri dalam melakukan wisata tersebut. Seperti halnya sebuah gua yang ada di kawasan Lubuk Linggau ini, adalah sebuah lokasi objek wisata alam yang juga menyimpan nilai sejarah legenda serta saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi dari Gua Batu ini berada di RT 7, Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuk Linggau Timur I, Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Gua ini juga lebih dikenal dengan nama Pondok Batu, sehingga apabila anda ingin bertanya lokasi pasti dari Gua ini, anda bisa menyebutkan Pondok Batu pada masyarakat setempat.

Akses menuju Gua Batu juga sudah tergolong baik karena sudah dilakukan pembuatan jalan yang cukup lebar dan bagus untuk menuju kawasan Gua Batu. Anda juga bisa menggunakkan fasilitas kendaraan umum untuk mencapai lokasi gua, apabila anda tidak menggunakkan kendaraan pribadi ataupun tidak menyewa kendaraan.

Angkutan umum yang bisa anda temui di Kota Lubuk Linggau diantaranya adalah angkutan kota (angkot) serta ojek motor. untuk ongkos angkot di kota ini berkisar antara Rp 2.500*) hingga Rp 3.000*) per orang dan sekali jalan. Sedangkan jika anda menggunakkan ojek, maka ongkos yang harus anda keluarkan bergantung dari jarak tempuh serta hasil tawar menawar anda dengan tukang ojek tersebut.

Untuk anda yang belum tahu akses menuju Lubuk Linggau dari ibu kota provinsi yakni Palembang, anda bisa menggunakkan beberapa sarana kendaraan umum berupa bis ataupun travel yang menuju Lubuk Linggau. Anda juga bisa menggunakkan kereta api dari Stasiun Kertapati, Palembang. Jam keberangkatan kereta pagi atau kelas ekonomi sekitar pukul 08:00 WIB, sedangkan kereta malam yang merupakan kelas bisnis dan eksekutif berangkat sekitar pukul 20:00 WIB.

Untuk anda yang membawa kendaraan pribadi juga tidak perlu bingung, jalan darat menuju Lubuk Linggau yang terdekat adalah melalui jalan lintas tengah Sumatera, kemudian di persimpangan jalan antara Sekayu dan Jambi, ambillah yang mengarah ke Sekayu (simpang ke kiri).

Ikuti saja jalan provinsi ini hingga anda melintasi Jalan Babat Toman – Lubuk Linggau, yang akan membawa anda mencapai Kota Lubuk Linggau. Lama perjalanan sekitar 6 – 7 jam perjalanan, sedangkan dengan kereta sekitar 8 jam perjalanan.

Wisata

Gua Batu atau yang juga di kenal dengan Pondok Batu ini merupakan sebuah gua yang menyimpan banyak cerita masa lalu. Menurut legenda dan kisah dari para tetua adat, gua ini sebenarnya merupakan cikal bakal dari munculnya masyarakat Taba Jemekeh. Cerita ini berkaitan dengan kisah Tuan Makdum Mandi Api. Maka dari itu, rata-rata masyarakat sekitar percaya dan menyakraklkan gua batu ini. Namun, walaupun begitu, anda tetap bisa menikmatinya sebagai lokasi wisata.

Kisah lain yang di miliki oleh Gua Batu ini adalah pada masa peperangan melawan penjajahan Belanda. Gua ini dulunya dijadikan sebagai lokasi dari markas pertahanan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan Badan Keamanan Rakyat (BKR). Apalagi pada masa peperangan, konstruksi dari gua ini sangat aman. Namun, ketika pasukan kolonial menyerang hingga ke gua, banyak dari dinding, tangga dan pintu batu dari gua menjadi runtuh.

Bagian dalam gua ini memang cukup gelap dan pada kedalaman dari mulut gua sekitar 40 meter, anda akan melewati pintu gua yang agak menurun. Setelah itu, anda akan menemukan ruangan luas dimana menyimpan banyak benda-benda bersejarah dan benda-benda kuno pada zaman dulu. Di ruangan ini juga dikabarkan ada dua buah terowongan yang bisa menghubungkan anda ke Sungai Kelingi dan yang satunya lagi menghubungkan anda dengan Muara Sungai Kati.

Sayangnya, pintu batu dari lorong ini tertutup dan harus menggunakkan peralatan untuk membuka pintu batu ini dengan cara memotong batu. Dulu, di dalam gua ini juga di temukan makam-makam dari para pejuang yang gugur selama peperangan. Namun, saat ini jasad dari para pejuang tersebut sudah di pindahkan ke Taman Makam Pahlawan yang ada di Kota Palembang.

Tips
1. Jangan lupa bawa alat penerangan serupa senter ataupun head lamp untuk memudahkan anda mengeksplorasi gua batu ini. Sebaiknya pula bawalah alat penerangan tersebut secara perorangan agar lebih leluasa untuk mengarahkan cahaya ke titik yang ingin anda lihat.

2. Bawalah barang bawaan seperlunya sehingga tidak memberatkan anda di perjalanan. Apalagi, untuk mengeksplorasi gua ini tentunya anda harus berjalan kaki. Apabila terlalu banyak membawa barang bawaan tentu saja menghambat gerakan anda sehingga kurang leluasa.

3. Ada baiknya pula anda membawa salah satu penduduk lokal yang mengerti tentang Gua Batu, sehingga tak sekedar mengeksplorasi gua saja, anda juga bisa mendapatkan pengetahuan sejarah baru seputar Gua Batu.

Gua Batu merupakan sebuah karya alam yang terbentuk secara alami serta merupakan salah satu lokasi yang menyimpan nilai-nilai sejarah dan religius. Jadi, isi pula wisata anda di Kota Lubuk Linggau dengan mengunjungi tempat-tempat yang bisa menambah wawasan anda seperti Gua Batu. Rencanakanlah wisata anda dengan baik dan selamt berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: Goa, gua, Gua Batu, and lubuk linggau.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image