Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Pulau Mandangin

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Sampang, Madura, Jawa Timur, Indonesia

Time :

Pulau Mandangin – Madura

Pulau Mandangin – Kecantikan alam yang dimiliki oleh Pulau Madura memang tidak diragukan lagi. Khususnya objek wisata alam bertemakan lautan. Namun, tak hanya laut saja, Madura juga memiliki beberapa pulau kecil yang menyimpan pesona alam yang masih alami dan patut dikunjungi apabila sedang berwisata ke Pulau Madura. Salah satu pulau kecil nan cantik itu adalah Pulau Mandangin.

Lokasi dan Transportasi

Pulau Mandangin berada di sebelah selatan kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Untuk menuju pulau ini, anda harus menggunakan moda transportasi laut berupa perahu motor. Namun, sebelum menyebrang menuju pulau ini, anda harus tiba di Sampang dan kemudian melanjutkan perjalanan anda ke pelabuhan Tanglok untuk menyebrang ke Pulau Mandangin.

Untuk menuju Sampang, anda bisa memulai perjalanan dari Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur dan merupakan kota yang dekat dengan Pulau Madura. Dari Surabaya, anda bisa menuju Jembatan Tol Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura. Bagi anda yang membawa motor, tarif lewat tol adalag Rp 3.000*) sedangkan untuk mobil Rp 30.000*).

Setelah menyebrang, anda telah tiba di Kabupaten Bangkalan, kemudian anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sampang dengan total waktu perjalanan sekitar 3 jam. Selain melalui Jembatan Tol Suramadu, anda juga bisa menyebrang melalui Pelabuhan Tanjung Perak menggunakkan kapal ferry untuk mencapai Pelabuhan Kamal di Bangkalan.

Namun, waktu tempuh menjadi sedikit lebih lama serta tarif ferry yang lebih mahal yakni Rp 50.000*) untuk mobil dan Rp 5.700*) untuk motor, belum termasuk hitungan perorangan yakni Rp 7.000*) per orang.

Bagi anda yang ingin menggunakkan kendaran umum, anda bisa menuju Sampang dengan menggunakkan bis dari terminal Bungurasih. Anda bisa memilih menggunakkan bis AC ataupun bis ekonomi. Tarif bis AC sekitar Rp 25.000*) dan menempuh jalur Jembatan Suramadu, sedangkan bis ekonomi menyebrang menggunakkan kapal ferry dari pelabuhan Tanjung Perak, kecuali apabila anda menggunakkan bis ekonomi malam yang bisa melewati Jembatan Tol Suramadu.

Setelah tiba di Sampang, anda bisa langsung menuju Pelabuhan Tanglok yang berada di sebelah selatan Sampang. Setibanya di pelabuhan, anda bisa menggunakkan perahu tradisional atau berupa kapal motor untuk membawa anda menyebrang menuju Pulau Mandangin. Lama penyebrangan sekitar satu setengah jam perjalanan laut.

Wisata

Pulau Mandangin merupakan sebuah pulau yang memiliki luas sekitar 1,65 kilometer persegi dan memiliki jumlah penduduk yang cukup padat. Dengan luas pulau demikian, jumlah penduduk mencapai 18.000 jiwa, sehingga rumah-rumah tampak berdekatan dan jalan-jalan tidak begitu lebar. Pulau ini juga dikenal dengan nama Pulau Kambing, karena memang kambing-kambing berkeliaran dengan bebas di sekitaran pulau.

Kecantikkan pulau ini terletak dari pantai pasir putihnya yang sangat halus, bentang lautan yang biru, serta penduduknya yang cukup ramah pada para pendatang. Berkeliling pulau ini juga merupakan hal yang menarik, pemandangannya cukup memuaskan bagi para wisatawan penikmat alam.

Di beberapa sisi memang masih tampak gersang, karena memang pulau ini masih kesulitan soal air. Untuk mendapatkan air tawar, penduduk masih mengambil dari luar pulau ataupun menggunakkan sistem tadah hujan. Namun, baru-baru ini sudah dibangun instalasi penyediaan air bersih yang mengubah air laut menjadi air tawar.

Dulunya, menurut cerita yang ada, pulau ini pernah dijadikan tempat pembuangan para penderita penyakit kusta. Maka dari itu, beberapa waktu yang lalu, masih banyak orang yang enggan berwisata ke pulau ini. Padahal, ada banyak pesona alam yang cantik dan bisa anda nikmati di pulau ini. Namun, saat ini sudah mulai banyak wisatawan yang menyambangi keindahan alamnya, serta mendapatkan banyak pengalaman menarik seputar kultur masyarakatnya.

Masyarakat Pulau Mandangin kebanyakkan merupakan pelaut yang handal. Banyak dari mereka, berani melaut hingga jauh dari pulau Jawa, mengikuti keberanian para nenek moyang mereka yang dulunya juga merupakan pelaut.

Tips
1. Selalu bawa sunblock jika anda berwisata ketempat yang berdekatan dengan laut apabila tak ingin kulit anda terbakar matahari. Khususnya bagi anda yang berniat untuk bermain di sekitar kawasan pantainya.

2. Jika anda punya waktu luang, jangan lewatkan suasana senja hingga matahari terbenam di sebelah barat Pulau Mandangin. Suasananya sangat cantik dan mempesona. Namun, jangan sampai kemalaman agar tidak kehabisan kapal terakhir untuk kembali ke Sampang.

3. Bawalah air minum sendiri agar tidak repot mencari warung apabila anda merasa haus. Selain itu, mungkin saja masih banyak kekurangan persediaan air tawar, sehingga air minum masih memiliki rasa asin.

4. Akan lebih menarik mengelilingi pulau jika anda membawa kendaraan seperti sepeda.

5. Akrabkan diri anda dengan masyarakat setempat dan tetap jaga sopan santun sebagai pendatang.

Sayang sekali bukan apabila anda sudah berada di Pulau Madura dan melewatkan pulau yang cantik ini. Keramahan penduduk setempat dan keceriaan anak-anak pulau ini bisa menjadi hiburan tersendiri bagi anda yang memiliki minat wisata pada masyarakatnya. Jadi, rencanakanlah wisata anda menuju pulau Madura dan masukkan Pulau Mandangin sebagai salah satu destinasi wisata anda. Selamat berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: madura, pulau, and Pulau Mandangin.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image