Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Situs Makam Aermata

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Arosbaya, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Indonesia

Time :

Situs Makam Aermata – Madura

Situs Makam Aermata – Madura, selain terkenal dengan satenya, wilayah yang satu ini juga terkenal dengan lokasi-lokasi wisata ziarahnya, dan salah satu yang paling banyak di kunjungi para pengunjung adalah lokasi wisata situs makam aermata ini. Pengunjung yang datangpun tidak hanya berasal dari kota-kota yang ada di Pulau Madura ini saja, namun ada juga yang berasal dari luar madura, bahkan sampai ada juga yang datang jauh-jauh dari luar negeri.

Lokasi dan Transportasi

Situs Makam Aermata ini berada di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya berada di perbukitan, tidak terlalu jauh dari pusat kota Bangkalan, mungkin hanya sekitar 1 jam perjalanan, anda sudah bisa sampai ke lokasi Situs Makam Aermata ini.

Anda bisa menyewa kendaraan mobil untuk bisa sampai ke lokasi Situs Makam Aermata ini, harga sewanya juga relatif sama dengan yang ada di tempat lain, kurang lebih sekitar Rp 300.000*) – Rp 400.000*) per harinya, dan itu sudah termasuk bensin juga, dengan begitu anda bisa lebih leluasa untuk pergi kemana saja selama anda sedang berlibur di Pulau Madura ini.

Untuk bisa sampai ke Pulau Madura ini, anda bisa menggunakan jalur laut, dengan cara naik kapal feri dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk menyebrang ke Pelabuhan Kamal, Bangkalan Madura. Tarif untuk naik kapal feri ini juga masih relatif murah, untuk tiket penumpangnya akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000*) per orangnya.

Untuk kendaraan motor akan dikenakan tarif sekitar Rp 6.000*), dan kendaraan mobil pribadi akan dikenakan tarif sebesar Rp 35.000*). Atau anda juga bisa pergi melalui jalur darat dengan menggunakan bus dari Terminal Bungurasih dengan menyeberangi Jembatan Suramandu. Begitu anda sampai di Bangkalan, anda bisa langsung pergi ke desa Arosbaya dengan menggunakan bus ataupun bus mini dari terminal bus di kota bangkalan Madura.

Wisata

Susana yang ada di situs makam aermata ini tegolong cukup tenang, meski memang tidak bisa di pungkiri bahwa banyak para pengemis baik yang tua hingga anak-anak berusaha mencari sedekah di sekitar lokasi situs makam aermata ini. Namun mereka juga terlihat sangat menghormati tempat ini, dan tetap berusaha menjaga ketenangan yang ada di komplek ini.

Tidak ada pungutan biaya untuk bisa memasuki lokasi situs makam aermata ini, alias gratis! namun di depan gerbang situs makam aermata telah disediakan sebuah kotak amal bagi yang ingin bersedekah atau memberi uang sukarela. Dan ada sebuah masjid kecil, atau bisa disebut dengan musholla di area situs makam aermata ini, musholla ini sengaja di bangun sebagai fasilitas untuk pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah sholat.

Makam-makam para raja bangkalan yang berada di situs makam aermata atau juga dikenal dengan nama Pasarenan aermata ini, memiliki berbagai jenis motif atau corak pada masing-masing makam. Dan itu bukan hanya motif atau corak biasa, terdapat sebuah makna penting yang disampaikan oleh masing-masing motif.

Makam yang paling terkenal di situs makam aermata ini adalah Makam Ratu Ibu, yang mana beliau merupakan permaisuri dari Panembahan Cakraningrat I, Raja Bangkalan yang pertama. Wanita yang sering disapa dengan panggilan Kanjung Ratu Ibu ini pernah menjalani pertapaan karena mengharapkan keluarganya bisa menjadi penguasa madura hingga turunan ketujuh.

Saat doanya terkabulkan, beliau menceritakan pertapaannya itu kepada suaminya, suaminya merasa sedih.
Dan Pada akhirnya Kanjeng Ratu ibu juga merasa sedih dan bersalah kepada suaminya, beliau kembali melakukan pertapaan sambil menangis agar dosanya terampuni, air matanya yang terus berjatuhan itu lama kelamaan menjadi sebuah kolam yang tidak akan pernah mengering meski sedang musim kemarau panjang.

Menurut kabar yang beredar air yang ada di kolam aermata ini sangat berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit, tidak hanya itu beberapa pedagang juga percaya kalau dagangannya akan laku keras jika diciprati air dari kolam aermata itu. Bahkan sekarang, bagi anda yang berkunjung ke situs makam aermata ini, bisa membeli air tersebut yang sudah di kemas ke dalam sebuah botol yang berukuran 1,5 liter.

Tips
1. Kalau menurut saya, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi saja, seperti mobil atau motor, karena jika anda naik kendaraan umum, maka bagi anda yang punya rencana untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya akan kerepotan untuk mencari kendaraan, apalagi jika anda yang merupakan wisatawan dari kota lain, tentunya anda belum begitu memahami rute-rute angkutan umum di kota Bangkalan Madura ini.

2. Ajaklah teman-teman anda untuk berkunjung kemari, taman komplek ini di tata begitu rapi sehingga tampak indah, tidak seperti kebnayakn makam pada umumya yang tidak di urus dan di biarkan begitu saja. Disini anda bisa belajar sejarah bersama teman-teman sembari berfoto-foto di situs makam raja-raja bangkalan ini.

3. Ada baiknya jika anda menjaga tiap kata yang anda ucapankan karena komplek makam raja-raja bangkalan ini termasuk makam yang keramat, dan juga jangan berbicara atau tertawa terlalu keras, hormatilah setiap wisatawan yang datang berkunjung atau ingin berziarah.

4. Jangan lupa juga untuk memakai pakaian yang sopan, dan bersih karena lingkungan situs makam aermata ini merupakan lokasi yang disucikan, bagi anda yang mau mengambil gambar juga sebaiknya meminta ijin terlebih dahulu, mengingat makam-makam yang ada disini adalah makam keramat.

5. Nah, Jangan lupa juga untuk membeli cinderamata atau makanan ringan sebagai oleh-oleh, anda bisa pergi ke toko “Nusa Indah” yang ada di Jalan KH Moh Kholil nomor 105 Bangkalan, yang mana toko ini adalah pusat oleh-oleh khas Madura terbesar di Bangkalan, dan anda wajib untuk mencicipi semua makanan khas madura yang dijual disana.

Apakah anda penasaran dengan situs sejarah yang satu ini, apalgai disini anda juga bisa kolam sumber aermata yang melegenda itu. Jadi, bagi anda yang berminat, apalagi yang begitu tergila-gila akan sejarah tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke tempat yang satu ini dan menelitinya, selagi anda sedang berlibur di kota Bangkalan Madura.

Bukankah menarik jika anda bisa mencari tahu secara langsung apa makna sebenarnya yang tersembunyi di balik corak dan motif hiasan yang ada di sekitar makam. Selamat Berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: madura and Situs Makam Aermata.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image