Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Alun – Alun Batu

4 out of 5 stars based on 2 Reviews

Address : kota batu, Malang

Time :

Alun – Alun Batu

Sungguh luar biasa perubahan yang terjadi di Kota Batu, Malang. Sesuai dengan visinya untuk menjadi sebuah kota wisata, sepertinya pemerintah Kota Batu tidak main – main. Setiap potensi daerah yang bisa dimanfaatkan, digali dan dikemas dalam wujud spot wisata menarik. Alun – alun kota pun tidak luput dari pemugaran. Jika dulu Alun – alun Batu tidak banyak beda dengan alun – alun lainnya, kini, Alun – alun Batu bisa Anda masukkan dalam daftar layak kunjung.

Alun – alun ini sangat cantik. Penuh dengan berbagai ornamen serta aktivitas. Tempat ini menjadi sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu di Batu saat anggaran Anda sedang mepet. Terutama bagi anak – anak, banyak permainan seru yang bisa mereka lakukan di area seluas satu hektar ini. Bagi orang dewasa, berfoto – foto pun di lampion cantik pun cukup menyenangkan.

Karena Kota Batu khas dengan buah apelnya, maka tidak heran banyak apel – apel buatan yang menghiasi alun – alun ini. Yang paling menonjol adalah dua buah bangunan raksasa berbentu apel dan stroberi yang ternyata adalah toilet. Cukup unik. Sebuah bianglala berukuran besar pun juga menarik perhatian. Hanya dengan Rp. 3.000 Anda bisa menikmati view Batu dari ketinggian kurang lebih 60 m. Bisa dibilang bahwa bianglala inilah fasilitas favorit pengunjung.

Rp. 3.000 yang Anda keluarkan akan dikompensasi dengan sekali putaran bianglala. Jangan khawatir tidak akan puas, karena bianglala ini berputar sangat pelan. Sepanjang kurang lebih 10 menit Anda akan dibawa melambung ke angkasa. Melihat lampu – lampu dari bangunan sekitar yang seketika menjelma seperti miniatur. Lucunya, tidak hanya anak – anak yang antri untuk naik bianglala ini. Orang dewasa pun tidak segan untuk ikut berdiri menunggu antrian untuk bisa merasakan asyiknya bianglala.

Selain bianglala tersebut, yang unik dari Alun – Alun Batu adalah terdapat empat spot keran air. Bukan keran air biasa, keran air ini merupakan keran yang megucurkan air siap minum. Seperti yang biasa Anda lihat di luar negeri. Air di keran ini dikelola langsung oleh PDAM Kota Batu sehingga dijamin aman. Namun mungkin karena bukan kebiasan orang Indonesia untuk minum langsung dari keran, keran air ini justru lebih sering digunakan sebagai tempat cuci tangan.

Sebuah arena lapang dengan air mancur langsung dari tanah pun tidak kalah menarik. Beberapa spot mengeluarkan air dengan ketinggian kurang lebih sama dengan tinggi orang dewasa. Air mancur ini juga disinari lampu warna – warni. Sekilas melihat, mungkin Anda akan sangat tertarik untuk mengabadikannya dalam foto. Sayangnya, tidak mudah untuk memotret air mancur ini. Naik turunnya kurang bisa diprediksi. Butuh beberapa kali jepret untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Fasilitas lain tidak jauh beda dengan alun – alun lainnya. Jogging track, play ground untuk anak – anak, serta air mancur yang dikelilingi taman. Bedanya, air mancur di alun – alun ini tidak hanya satu. Ada beberapa air mancur di pojok – pojok alun – alun. Bentuknya pun bervariasi, ada yang dihiasi patung apel, maupun berbentuk air mancur biasa.

Sepanjang berkeliling Anda akan ditemani sapi – sapi dan beberapa ekor kelinci serta sayur mayur. Tidak perlu takut bau dan berlari menjauh, karena hewan serta sayur tersebut berbentuk lampion. Yang ada, Anda harus berlari mendekat dan mencari angle terbaik untuk mengabadikan kenangan indah Anda di Batu.

Alun – alun ini juga sangat bersih. Bebas dari sampah bertebaran dan pedagang asongan yang hampir tidak bisa dilepaskan dari alun – alun di Indonesia. Pedagang asongan memang tetap ada, namun berada di luar area alun – alun. Alun – alun Batu juga benar – benar dijaga dari asap rokok. Jika Anda cukup bernyali untuk merokok dalam area alun – alun, maka Anda juga harus bernyali untuk menyiapkan denda sebesar Rp. 500.000. Lumayan mencekik.

Petugas yang menjaga alun – alun pun tidak kenal kompromi. Jangan harap Anda bisa mengajak “damai” dengan menyelipkan beberapa lembar uang tunai, yang ada Anda akan disemprot habis – habisan. Tapi jika Anda tidak bisa menahan hasrat untuk menghisap nikotin, di beberapa tempat di tepi alun – alun disediakan smoking area. Di sanalah Anda legal untuk menghembuskan asap tanpa harus menyiapkan denda yang menguras dompet.

Usai berkeliling dan ingin menghangatkan diri, Anda bisa melangkahkan kaki menuju cafetaria yang berada di seberang alun – alun. Berada di kanan alun – alun jika Anda berada di tempat parkir mobil. Cafetaria ini cukup menyenangkan. Makanan atau pun minuman yang disediakan mungkin tidak jauh berbeda dengan cafetaria lainnya. Yang bikin unik adalah musiknya. Terutama jika Anda penggemar berat Iwan Fals, jangan sampai cafetaria ini terlewat.

Setiap sabtu dan minggu, sekelompok band yang terdiri dari bapak – bapak berusia tiga puluhan siap menghibur Anda. Seperti disebutkan di atas, bagi Anda penggemar Iwan Fals, vokalis kelompok musik ini memiliki suara yang hampir dengan suara Bang Iwan. Tidak sedikit pengunjung cafetaria ini yang datang hanya untuk menunggu penampilan mereka. Tepat di depan panggung, disediakan kotak untuk memasukkan dana apresiasi Anda.

Place Tags: Alun Alun, Batu, and malang.

2 User Reviews on Alun – Alun Batu
muchammad farhan fau lives in

Bagus banget tuh alun2 di kota aku. hehehe……

Assessment on 11-10-2013
2 User Reviews on Alun – Alun Batu
Wisata di Malang lives in

Nice artikel gan, batu memang top markotop …

Assessment on 11-11-2013

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image