Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Bukit Doa Mahawu Tomohon

5 out of 5 stars based on 1 Review

Address : Jln. Lingkar Timur No. 99, Kakaskasen 2, Tomohon , Manado

Time :

Bukit Doa Tomohon

Wisata di kota Tomohon memang banyak, termasuk bukit doa Tomohon ini. Taman yang menceritakan tentang perjalanan Yesus ini menjadi wisata religius di kota bunga Sulawesi Utara ini. Bukit Doa Tomohon merupakan lokasi yang memiliki jalan salib, jalan salib yang dimaksud bukanlah jalan yang berbentuk tanda salib, namun jalan ini menceritakan kisah tentang Yesus (Nabi Isa) sebelum disalib dan di bukit doa ini juga memiliki beberapa lokasi yang menceritakan beberapa kisah tentang Yesus. Selain tempat yang menceritakan tentang Yesus di bukit ini terdapat Ampiteater dan Chapel of Mother Mary, ini adalah tempat ibadah umat Khatolik.

Dan Chapel ini memiliki nama Mary dikarenakan nama pendirinya pertama kali, yaitu Ibu Mary Wewengkang. Chapel ini mempunyai bentuk arsitektur dan dekorasi yang sangat indah, sangat cantik dan unik, pemandangan yang dapat di lihat dari luar chapel ini juga lebih indah, kita dapat melihat Gunung Lokon yang masih aktif menjadi gurung berapi itu.

Jika dilihat dari luar chapel ini bentuk atapnya melengkung seperti setengah tabung, memiliki pintu masuk yang cukup besar di bagian belakangnya serta memiliki beberapa kaca jendela, tidak jauh berbeda dengan bagian depannya yang menghadap gunung Lokon dengan hampir semua bagiannya terbuat dari kaca. Dan chapel ini dikelilingi rumput (seperti rumput jepang atau rumput di lapangan sepakbola) yang sangat hijau. Dengan semua keindahannya inilah dichapel ini banyak pasangan Nasrani menginginkan pemberkatan pernikahan disini ataupun sekedar foto pre-wedding.

Di sisi lain jalan salib atau bisa juga disebut via dolorosa juga mengundang untuk dinikmati, di perjalanan ini dikisahkan tentang kejadian-kejadian sebelum Yesus disalib, ada 14 pemberhentian jalan salib yang biasanya di setiap pemberhentian ada penggambaran, icon atau sesuatu yang mengingatkan tentang hal itu. Dan di jalan salib Bukit Doa Tomohon ini setiap pemberhentian memiliki patung-patung berukuran manusia yang memvisualisasikan kisahnya. Yang pertama Yesus dihukum mati, menggambarkan saat-saat Yesus diadili dan diputuskan untuk dihukum mati dengan cara disalib (cara yang paling buruk pada zaman itu).

Tempat pemberhentian kedua, Yesus memanggul salib, kemudian Yesus jatuh yang pertama – Yesus berjumpa dengan Maria (ibu-Nya) – Yesus dibantu Simon dari Kirene – Wajah Yesus diusap oleh Veronika – Yesus menghibur wanita-wanita yang menangisi-Nya – Yesus jatuh yang ketiga – pakaian Yesus disobek dan ditanggalkan – Yesus disalib – Yesus Wafat – Yesus diturunkan dari salib – Yesus dimakamkan. Sungguh jalan yang penuh penderitaan.

Sedangkan untuk tempat lain kita bisa melihat miniatur makam Yesus, seperti sebuah gua buatan manusia, miniatur Danau Galilea, tempat Yesus melakukan mujizat memberi makan 5000 orang dengan 5 roti dan 2 ikan, dan ada beberapa yang lain. Tak jauh juga tersedia Amphiteater, seperti tempat untuk melakukan sebuah pertunjukan yang memiliki sistem akustik dan tempat duduk seperti tribun yang kapasitasnya mencapai 1500 orang.

Serta ada juga seperti gua kecil sekitar 1,5×1,5 meter yang tentunya tidak dalam, dengan patung bunda Maria didalamnya. Memang lokasi yang pantas untuk dikunjungi apalagi didukung dengan suhunya yang dingin dan tempat doanya di depan goa Maria yang sunyi tetapi asri.

Wisata ini memang cukup ramai, karena bukan saja untuk berekreasi namun banyak juga masyarakat sekitar yang datang untuk berdoa sewaktu-waktu. Terlebih pada masa pra-paskah, lokasi ini akan menjadi sangat ramai karena akan banyak orang Nasrani yang berdatangan untuk berdoa dan melakukan aktivitas paskah. Untuk mengunjungi lokasi wisata ini juga tidak di pungut biaya hanya tersedia kotak di sisi pintu masuk untuk memasukan uang seikhlasnya, tapi jangan salah dengan kotak seikhlasnya seperti ini malah orang cenderung lebih simpati dan memberikan uang yang lebih banyak daripada harus membayar tiket.

Lokasi ini sudah terjangkau oleh transportasi umum, jalan utamanya pun beraspal bagus dan rapi, jadi semakin mudah untuk mengunjunginya. Bagi yang naik bus dapat menemukan bus jurusan Manado – Tomohon di terminal Karombasan, membayar Rp 6.000 dan sampai di terminal Tomohon. Selanjutnya berganti angkot langsung menuju bukit doa dengan Rp 3.000 sampai Rp 4.000, bilang saja sama supirnya turun di bukit doa. Setelah itu harus berjalan kaki sekitar 15 menit untuk sampai tepat di bukit doanya.

Sedangkan yang menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sewaan (rata-rata Rp 250.000 harga sewa per mobil) bisa melalui jalur utama luar kota Manado – Tomohon, setelah sampai di Tomohon pasti sudah sangat banyak petunjuk-petunjuk berbagai tempat wisata. Tinggal mengikuti jalan saja. Di tempat ini belum menerima pembayaran menggunakan kartu debet/kredit, ATM pun juga belum ada disini, jadi lebih baik persiapkan uang tunai yang cukup. Tapi sekitar 3 – 5 kilometer sudah dekat dengan pusat kota Tomohon jadi anda bisa mengambil uang terlebih dahulu disitu.

Disini juga ada alternatif penginapan jika anda tertarik untuk merelaksasikan diri disini menikmati keindahan dan kenyamanan suasana religi yang ada, penginapan ini biasanya digunakan untuk kelompok melakukan retreat, tapi pastinya bisa juga digunakan untuk disewa secara pribadi oleh keluarga, pasangan suami-istri ataupun untuk sendiri. Namun harganya silakan di konfirmasikan sendiri ke pengelolanya, kantornya ada di sekitar situ juga, karena tujuan utama penginapan disini bukan untuk komersil.

Sedangkan untuk retreat penginapan ini bisa memuat hampir 100 orang, biasanya biayanya sekitar Rp 200.000 namun hal ini bisa dikompromisasikan kembali karena menyesuaikan kebutuhan dan banyaknya rombongan, tapi biaya yang ditetapkan dari sini sudah termasuk 3x makan, dan 2x coffee break. Jika anda sedang ke Tomohon, sempatkanlah untuk mampir, dijamin tidak mengecewakan. So, enjoy your traveling .

Place Tags: Bukit Doa, Mahawu Tomohon, and manado.

1 User Review on Bukit Doa Mahawu Tomohon
vallen lives in

saya pasti pergi ke bukit doa ini

Assessment on 03-31-2013

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image