Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Manchester Town Hall

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Albert Square, Manchester M60 2LA, United Kingdom

Time :

MANCHESTER TOWN HALL – MANCHESTER – UK

Mengunjungi kota Manchester tidaklah lengkap apabila belum mengunjungi salah bangunan termegah milik kota ini yaitu Manchester Town Hall. Bangunan ini sangat mudah untuk ditemukan karena menjadi bangunan paling dominan dan paling terlihat di antara bangunan lain di Albert Square, pusat kota Manchester.

Manchester Town Hall adalah bangunan milik pemerintah kota Manchester dan dipergunakan sebagai kantor untuk beberapa departemen pemerintahan. Namun gedung ini terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi oleh masyarakat. Seperti halnya Palace of Westminster di kota London, Manchester Town Hall juga dihiasi oleh sebuah clock tower yang dikenal sebagai Great Abel. Bangunan ini diakui sebagai bangunan dengan arsitektur neo-gothic atau gothic revival yang paling baik di seluruh dunia.

Sebelum berdirinya Manchester Town Hall ini, pusat pemerintahan dan administrasi kota Manchester menempati sebuah bangunan bernama Police Office di daerah King Street. Ketika pemerintahan semakin berkembang maka dibangunlah gedung pemerintahan yang baru di tempat yang tidak jauh dari gedung yang lama.

Gedung baru tersebut selesai dibangun pada tahun 1825 dan dikenal sebagai Town Hall. Gedung ini dirancang dengan arsitektur gaya classical lengkap dengan fasad yang dihiasi dengan pilar-pilar ala portico. Namun ketika kota Manchester semakin berkembang dan semakin kaya, terutama berkat industri tekstilnya, maka muncul penawaran untuk membangun gedung pemerintahan yang lebih megah sebagai landmark kota.

Perencanaan untuk pembangunan balai kota yang baru telah dimulai sejak tahun 1863. Bangunan baru tersebut diharapkan dapat menandingi kemegahan bangunan sejenis di kota lain, dengan lokasi yang strategis, mudah diakses dan dekat dengan tanah terbuka sebagai tempat untuk menikmati kemegahan bangunan. Lokasi yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah area di Albert Square.

Setelah diputuskan area sebagai tempat berdirinya bangunan, maka hal berikutnya adalah menentukan arsitek yang merancang desain bangunan. Sekitar 137 desain rancangan diajukan kepada pemerintah, beberapa diantaranya merupakan karya dari arsitek kenamaan Inggris.

Akhirnya desain yang dipilih adalah rancangan dari Alfred Waterhouse, orang yang juga merancang bangunan Natural History Museum dan Manchester Museum. Desain rancangan dari Waterhouse yang berupa bangunan dengan arsitektur neo-gothic atau gothic-revival dianggap memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih megah dibanding lainnya. Pembangunan gedung ini dilakukan mulai tahun 1868 dan berhasil diselesaikan pada tahun 1877.

Pada pertengahan abad ke 19, banyak bangunan penting di kota Manchester menjadi kotor karena terkena polusi dan asap industri. Hal tersebut menjadi tantangan bagi Waterhouse dalam merancang Manchester Town Hall. Ia kemudian memutuskan untuk memilih mempergunakan batu terracotta pada bagian fasad.

Ia juga mempergunakan warna yang seragam dibandingkan mempergunakan berbagai warna sebagai tema bangunan. Beberapa buah patung yang mewujudkan tokoh-tokoh penting di kota Manchester diletakkan di dekat pintu masuk utama, diantaranya adalah patung Agricola, gubernur bangsa Romawi yang menemukan kota Mamuciam yang merupakan awal dari kota Manchester.

Selain itu juga terdapat patung Thomas Grelley, Lord of the Manor pertama di kota Manchester, serta Humphrey Chetham, pendiri Chetham’s Hospital dan Chetam’s Library. Desain dari Waterhouse ini terbukti sukses, karena saat bagian eksterior bangunan menjadi kotor terkena polusi dapat segera dibersihkan dengan mudah.

Bagian paling mudah diingat dari eksterior gedung ini tentunya adalah clock tower. Menara ini memiliki tinggi mencapai 85 meter dengan jam yang terdapat di dalamnya merupakan karya dari John Taylor Bellfounders. Jam tersebut diberi nama Great Abel, diambil dari nama Abel Heywood, walikota Manchester saat pembangunan Manchester Town Hall.

Alfred Waterhouse membangun Manchester Town Hall dengan desain yang dapat melakoni peran sebagai kantor sehari-hari sekaligus dapat mencukupi peran sebagai tempat seremonial yang megah. Dari pintu masuk utama di Albert Square terdapat dua buah tangga utama yang akan menuju ke ruang Entrance Hall.

Tangga ini dibangun dengan anak tangga yang rendah supaya dapat dilewati dengan mudah oleh wanita-wanita yang mengenakan gaun. Ruangan ini dihiasi dengan interior yang indah dan beberapa buah patung.

Namun koleksi patung yang lebih banyak akan dapat ditemukan di Sculpture Hall, di mana di sana terdapat beberapa buah patung dari tokoh-tokoh yang telah memberikan konstribusi yang besar terhadap kota Manchester, diantaranya adalah Richard Cobden dan John Bright yang memperjuangan adanya “Anti Corn Law”, serta terdapat juga patung dari John Dalton dan James Joule yang merupakan ilmuwan besar Manchester.

Ruangan utama dari Manchester Town Hall yang kerap dipergunakan untuk acara seremonial adalah Great Hall. Ruangan ini dihiasi dengan lantai mosaik dengan pola gambar lebah dan bunga katun yang merupakan simbol dari kota industri Manchester.

Ruangan ini memiliki luas 30×15 meter dengan interior ruangan yang indah. Semakin memperindah ruang ini adalah adanya 12 lukisan dinding dalam ukuran besar yang merupakan karya dari Ford Madox Brown. Lukisan tersebut dikenal sebagai The Manchester Murals, menceritakan tentang sejarah kota Manchester, khususnya tentang sejarah pembangunan kota, perdagangan, industri tekstil dan serta keagamaan.

Manchester Town Hall merupakan salah satu bangunan yang paling megah yang terdapat di kota Manchester, tidak hanya detail eksterior yang menawan namun juga desain interior yang indah. Bangunan ini juga pernah dipergunakan sebagai tempat pengambilan gambar beberapa film terkenal seperti Sherlock Holmes dan The Iron Lady.

Bagi siapapun yang mengunjungi kota Manchester, salah satu tempat yang wajib dijadikan prioritas utama untuk didatangi adalah Manchester Town Hall. Keindahan arsitektur bangunan ini akan memberikan kepuasan yang luar biasa bagi siapapun yang melihatnya.

Tiket Masuk : Gratis

Jam Operasional : Senin – Jumat 09.00 – 17.00

Transportasi Umum
Stasium Metrolink terdekat : St Peter’s Square station

Address : Albert Square, Manchester M60 2LA, United Kingdom
Phone : +44 (0) 161 234 5000

http://www.manchester.gov.uk

Place Tags: manchester, Manchester Town Hall, and uk.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image