Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Wayang Tradisional Myanmar

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Mandalay, Myanmar

Time :

Wayang Tradisional Myanmar

Wayang tradisional Myanmar di gerakkan dengan menggunakan tali yang diikatkan ke bagian dahi, leher, tulang belakang, siku, lengan, lutut dan tumit. Wayang seperti ini kerap di sebut dengan Marrionete dan sudah sangat terkenal semenjak abad ke 18.

Bahkan lebih terkenal dari pertunjukan-pertunjukan yang di lakonkan oleh manusia. Wayang tradisional Myanmar juga kerap di pertontonkan di istana-istana raja.

Alasan mengapa wayang tradisional ini begitu terkenal dan mempunyai ‘kekuatan’ tersendiri adalah karena keberadaan mereka di dasarkan pada pemikiran logis sederhana orang Asia pada umumnya. Karena mereka terbuat dari kayu, apa yang mereka ‘katakan’ tak bisa di bantah oleh siapapun, bahkan oleh seorang raja.

Orang-orang di belakang layar yang memainkannya pun harus memiliki kemampuan berkomunikasi atas nama wayangnya. Mereka juga harus bisa melakonkan wayang-wayang tersebut hingga persis dengan karakter manusia. Ini berarti para dalang tersebut harus bisa menggerakkan tali-tali yang merupakan alat control wayangnya untuk bergerak, berbicara, menyanyi bahkan menari.

Logika sederhana tersebut berguna dan ampuh untuk mengutarakan pendapat kepada raja. Bahkan untuk hal-hal yang perdana menteri nya pun tak berani campur tangan. Karenanya, di masa lalu tak jarang hal-hal salah yang di terjadi pada sebuah pemerintahan kerajaan bisa di luruskan. Selain itu banyak juga nyawa yang bisa di selamatkan.

Bagi seorang ‘menteri kesenian’ kerajaan, adalah juga merupakan sebuah kehormatan untuk mengundang seorang raja dan permaisurinya menyaksikan sebuah pertunjukan wayang.

Soal busana, pertunjukan kesenian yang di lakonkan oleh manusia juga berbeda dengan pertunjukan wayang tradisional Myanmar. Bagi seorang yang memerankan raja, dirinya tidak di perbolehkan mengenakan kostum kebesaran seorang raja. Satu-satunya cara untuk mengenali bahwa sang aktor tengah memainkan peran raja adalah dengan membawa sebuah pedang di tangannya.

Ini berbeda dengan pertunjukan wayang tradisional. Wayang yang berperan sebagai raja bisa menggunakan pakaian kebesaran raja (regalia). Pakaian khas ini berupa busana berbahan sutra dan berhias emas. Wayang juga di perbolehkan tampil diatas sebuah panggung. Sementara pertunjukan yang di lakonkan oleh manusia hanya boleh di pertontonkan tanpa menggunakan panggung.

Karena perbedaan-perbedaan tersebut, pertunjukan wayang tradisional menjadi pertunjukan ‘kelas atas’, sementara drama-drama yang di lakonkan oleh manusia di kategorikan pertunjukan ‘kelas bawah’. Menariknya, hal ini juga menjadi alasan mengapa di pertunjukan tarian Myanmar tradisional, koreografinya banyak yang meniru gerakan-gerakan wayang.

Tak hanya di lingkungan istana saja, di pelosok-pelosok daerah pertunjukan wayang tradisional Myanmar juga merupakan sebauh media penyampai informasi. Rombongan wayang selalu menggelar pertunjukannya dengan berpindah-pindah tempat.

Baik dari desa yang satu ke desa lainnya maupun dari satu kota ke kota lainnya. Rombongan ini juga menyerap informaso dari semua tempat yang mereka singgahi, termasuk ibukota kerajaan. Setelah informasi terkumpul, dalam pertunjukannya mereka akan mengkomunikasikannya kepada para penonton yang berada di seluruh pelosok negeri.

Bagi rombongan wayang, para dalangnya adalah orang-orang yang memegang peranan penting. Selama dalam perjalanan, mereka juga terus mengembangkan kemampuan mereka. Beberapa diantaranya adalah bernanyi, berpuisi dan melawak.

Pertunjukan juga menjadai sarana bagi penonton untuk mempelajari seni, sejarah dan literatur negera mereka.
Dua peran utama yang hampir selalu ada di dalam pertunjukan wayang adalah raja dan ratu.

Dalam istilah setempat sering dikenal dengan mintha dan minthamee. Keduanya juga selalu mengenakan busana dari sutra dan berhias emas. Untuk rambutnya, mintha dan minthamee menggunakan rambut asli manusia. Uniknya, rambut ini juga selalu di cuci, di sisir dan diberi minyak oleh para dalangnya.

Selain itu wayang-wayang tradisional Myanmar juga memiliki alat kelamin, meskipun tidak dibuat secara detail. Wayang-wayang yang berkarakter antagonis juga selalu di letakkan dan disimpan di tempat penyimpanan yang berbeda dengan wayang-wayang yang berkarakter protagonis. Sebagai contoh, karakter singa tidak akan pernah di satukan penyimpanannya dengan karakter gajah.

Di atas panggungpun kedua karakter ini di letakkan secara terpisah. Setiap rombongan wayang biasanya paling sedikit membawa 28 karakter wayang.

Di masa sekarang, pertunjukan wayang tradisional Myanmar lebih banyak di gunakan untuk menarik perhatian para wisatawan dan pelancong yang berkunjung ke Myanmar. Kesenian ini juga merupakan bagian dari budaya asli Myanmar yang kerap menjadi bahan penelitian pemerhati budaya Internasional. Tak jarang grup wayang tradisional di undang untuk mempertontonkan pertunjukan mereka ke berbagai negara eropa dan amerika.

Tips: bila anda berlibur ke Myanmar dan menggemari pertunjukan kesenian asli daerah anda bisa bertandang ke Mandalay di mana sebuah grup wayang tradisional kerap menggelar pertunjukannya setiap malam. Nama lokasinya adalah ‘Mandalay Marionettes Theater’ (66th Street, Between 26th & 27th Street).

Jam pertunjukan dimulai tiap pukul 20.00 dengan harga tiket per-penonton US $8*. Di gedung pertunjukan yang sederhan namun nyaman tersebut anda juga bisa membeli wayang tradisional Myanmar yang di buat oleh pengrajin lokal.

Bila anda ingin menyaksikan bagaimana wayang-wayang tersebut dibuat atau penasaran dengan cara para dalang melakonkannya, seusai pertunjukan anda juga bisa bertemu dengan para seniman wayang terkenal Myanmar dan menyaksikan sekelumit proses pembuatan wayang tradisional tersebut .

*harga bisa berubah sewaktu-waktu

Place Tags: mandalay and Wayang Tradisional Myanmar.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image