Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Museum Nasional Filipina

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Taft Ave, Manila City

Time :

Museum Nasional Filipina

Museum Nasional Filipina didirikan oleh pemerintah Filipina secara garis besar mempunyai beberapa tujuan. Diantaranya adalah sebagai tempat yang digunakan untuk melingkupi artifak dari beragam bidang ilmu pengetahuan. Hal ini bisa dicapai melalui aktifitas dibidang pendidikan, penelitian ilmiah, hingga aktifitas di bidang budaya.

Sebagai institusi pendidikan, Museum Nasional Filipina berfungsi untuk menyebarkan pengetahuan teknis dan juga ilmiah dengan cara yang mudah dipahami. Hal ini dilakukan dengan pemberian kuliah, pameran, wawancara, hingga penerbitan dokumen untuk keperluan para murid di sekolah dan juga masyarakat umum.

Fungsi Museum Nasional Filipina sebagai institusi penelitian ilmiah dilakukan dengan mengadakan program penelitian dasar. Penelitian ini menggabungkan beberapa disiplin ilmu dalam bidang antropologi, arkeologi, botani, geologi, dan juga zoologi.

Agar bisa menyediakan wadah bagi para peneliti, maka Museum Nasional Filipina harus mempunyai koleksi yang mendukung bidang ilmu pengetahuan yang sedang didalami oleh peneliti tersebut. Hasil dari penelitian yang diperoleh diharapkan dapat mempromosikan pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di Filipina.

Sebagai pusat budaya, Museum Nasional Filipina memperoleh peran dalam studi dan pemeliharaan kekayaan artistik, sejarah, dan juga warisan budaya dari Filipina. Untuk menjamin pemeliharaan yang baik terhadap kekayaan budaya, maka para ahli di Museum Nasional Filipina mengemban tugas dalam melakukan rekonstruksi dan membangun kembali masa lalu yang terkandung dalam berbagai koleksi yang dimiliki oleh museum.

Gedung dimana Museum Nasional Filipina menyimpan koleksinya mempunyai sejarah tersendiri. Pada awal abad ke-20, seorang arsitek Amerika bernama Daniel Burnham diberi tugas untuk mendesain perpustakaan umum diluar distrik Intramuros, yaitu distrik yang masih banyak menyimpan berbagai bangunan peninggalan Spanyol. Konstruksi bangunan perpustakaan tersebut dimulai pada tahun 1918. Namun pembangunan sempat terhenti beberapa kali akibat kekurangan dana.

Dalam proses pembangunannya, bangunan yang tadinya direncanakan sebagai perpustakaan umum kemudian diputuskan sebagai gedung parlemen. Untuk keperluan itu, maka diperlukan beberapa revisi dari desain awal bangunan yang tugasnya diserahkan kepada Juan Arellano. Akhirnya gedung tersebut selesai pembangunannya pada tahun 1926 dan telah menghabiskan total biaya 4 juga peso.

Ketika gedung parlemen telah selesai, maka berangsung-angsur ruangnya diisi oleh anggota parlemen. Anggota parlemen Filipina menempati lantai 2, 3, dan ke-4. Sementara lantai dasar digunakan sebagai ruang perpustakaan nasional.
Gedung parlemen ini telah menyaksikan beberapa peristiwa penting yang dialami oleh Filipina.

Seperti peristiwa pengangkatan Manuel L. Quezon sebagai presiden persemakmuran (negara berdaulat yang pernah dijajah Inggris) pada tahun 1945. Pada saat perang dunia ke-2, gedung parlemen tidak luput dari amukan perang. Gedung parlemen ini mengalami kerusakan akibat pengeboman kota Manila pada tahun 1945.

Setahun setelah perang dunia ke-2 berakhir, Gedung parlemen mulai diperbaiki. Pada saat itu pembangunan gedung tersebut diputuskan mengikuti desain awalnya dengan sedikit revisi. Gedung ini selanjutnya ditempati kembali oleh anggota parlemen hingga mereka pindah ke gedung baru pada tahun 1996.

Tapi baru pada tahun 2003, gedung ini direnovasi dan diperkenalkan kembali sebagai Museum Nasional Filipina.
Secara garis besar, koleksi yang dimiliki oleh Museum Nasional Filipina dapat dibagi menjadi 4 kategori. Kategori tersebut adalah seni, arkeologi, etnografi, dan juga sejarah. Berbagai koleksi dengan kategorinya masing-masing tersebar dalam beberapa lantai pada bangunan Museum Nasional Filipina.

Koleksi paling terkenal yang dimiliki oleh Museum Nasional Filipina adalah San Diego. San Diego adalah nama dari kapal yang dahulu pernah digunakan untuk perdagangan antara kota Manila di Filipina dan Acapulco yang berada di Meksiko. Kapal San Diego mengalami karam akibat oleh badai yang menenggelamkan semua awak kapalnya berikut dengan kargo yang diangkutnya.

Kapal ini kemudian ditemukan dengan beragam artifaknya yang masih utuh. Artifak yang pernah diangkut oleh kapal San Diego berisi bermacam perabot yang pernah digunakan pada abad ke-17 yang lalu.

Pada bagian tengah Museum Nasional Filipina di lantai dasar terdapat ruang yang memamerkan karya dari Juan Luna. Juan Luna adalah seorang pelukis, pemahat, dan juga aktifis politik dari masa revolusi Filipina yang terjadi pada abad ke-19. Dia adalah salah satu artis Filipina pertama yang menjadi terkenal.

Salah satu lukisan karya Juan Luna dipajang di Museum Nasional Filipina. Lukisan yang berjudul Spoliarium ini menggambarkan mayat seorang gladiator Roma yang sedang diseret ke tumpukan mayat sementara penonton sedang menyaksikannya. Pada sudut ruang di lukisan tersebut terdapat seorang perempuan yang sedang meratap.

Lukisan ini merupakan representasi dari perbudakan, pengorbanan, dan tragedi. Karya lukis dari Juan Luna yang berjudul Spoliarium ini pernah meraih medali emas pada pameran karya seni Madrid pada tahun 1884.

Ditengah gempuran budaya dan produk komersial dari luar negeri yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat, berdirilah Museum Nasional Filipina. Museum ini mengingatkan masyarakat Filipina mengenai budaya dan juga sejarah yang pernah dialami oleh mereka.

Mulai dari sebelum kedatangan bangsa Spanyol ke Filipina, hingga ke masa setelah perang dunia ke-2. Turis asing yang tanahnya pernah mengalami penjajahan, juga bisa merasakan apa yang dialami oleh rakyat Filipina ketika sedang berkunjung ke Museum Nasional Filipina.

Place Tags: manila, Museum, and Museum Nasional Filipina.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image