Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Pasar Intan Martapura

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Jln. Ahmad Yani, Martapura, Kalimantan Selatan

Time :

Pasar Intan Martapura

Pasar Cahaya Bumi Selamat atau yang lebih dikenal dengan sebutan pasar intan Martapura adalah tempat perdagangan intan yang diperoleh dari tambang rakyat di Martapura. Martapura adalah ibukota dari Kabupaten Banjar yang masuk dalam provinsi Kalimantan Selatan. Jika anda berangkat dari Bandara Syamsudin Noor, maka pasar intan Martapura dapat dicapai hanya dalam waktu 30 menit. Sementara bila datang dari pusat kota Banjarmasin akan memakan waktu kurang-lebih 1 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Biasanya orang mengasosiasikan intan dengan kemewahan. Oleh karena itu biasanya intan diperdagangkan di pusat perbelanjaan mewah di pusat kota. Tapi yang akan anda temui ini adalah intan yang dijual di pasar biasa. Seperti pasar pada umumnya, pasar intan Martapura dipenuhi dengan kios-kios pedagang yang menjajakan dagangannya. Kios ini sangat kontras dengan nilai barang yang diperdagangkan.

Ketika ingin masuk kedalam kompleks pasar intan Martapura, anda akan disambut dengan sebuah Gapura. Gapura ini ditopang oleh beberapa pilar dengan ukiran yang bisa terlihat pada bagian bawah dan atas pilar. Sementara pada bagian atas gapura terdapat teks bertuliskan ayat Al-Fatihah yang diambil dari Al-Qur’an. Dari kejauhan bisa terlihat ada sebuah menara yang menjulang keluar dari dalam pasar. Bisa terlihat ada beberapa teks berbahasa Arab yang terdapat pada menara tersebut.

Mereka yang baru pertama kali ke pasar intan Martapura mungkin akan mengira kalau itu adalah menara masjid. Tapi tidak ada masjid didalam pasar ini. Menara tersebut adalah bagian dari pasar itu sendiri. Memang penduduk Martapura banyak yang merupakan keturunan Arab. Jadi anda bisa menemukan banyak arsitektur dengan pengaruh Arab di kota Martapura.

Pasar intan Martapura yang terletak di Jl. Ahmad Yani ini mempunyai 87 kios yang tersebar dalam empat blok yang berbeda. Tidak semua pedagang intan membuka toko di pasar intan Martapura. Ada cara dagang yang disebut dengan pembalantikan oleh masyarakat setempat.

Sistem perdagangan ini pada dasarnya seperti dagang asongan. Dimana pedagang menyimpan intan dalam dompet mereka untuk kemudian ditawarkan kepada pengunjung yang datang. Biasanya pedagang yang menjual secara pembalantikan berkumpul pada tempat-tempat tertentu dipasar. Barulah bila ada yang lewat mereka akan memamerkan koleksi intan yang dimiliki.

Fasilitas tempat parkir dari pasar intan Martapura mampu menampung hingga 380 mobil. Pada hari biasa pasar intan Martapura bisa dikunjungi hingga 10.000 orang. Sementara pada hari libur pengunjung bertambah dua kali lipat menjadi 20.000 pengunjung. Sehingga tidak semua kendaraan bisa ditampung di tempat parkir pasar intan Martapura. Namun jangan khawatir, tidak jauh dari pasar terdapat masjid Al-Karomah yang merupakan masjid termegah di Banjarmasin dan mempunyai kapasitas parkir yang luas.

Pada bagian depan pasar intan Martapura terdapat kompleks taman dengan arsitektur yang mendapat pengaruh dari Arab. Mulai dari menara yang bentuknya mirip dengan menara masjid Al-Karomah yang berada tidak jauh dari lokasi pasar. Hingga beberapa gazebo dengan kubah diatasnya. Memang penduduk Martapura banyak yang merupakan keturunan dari Arab. Sehingga anda bisa menemukan banyak arsitektur di kota Martapura yang terpengaruh desain Arab. Termasuk di pasar intan Martapura.

Ketika ingin masuk kedalam pasar intan Martapura, maka anda akan disambut dengan sebuah gapura berwarna krem. Gapura ini ditopang oleh empat pilar yang dihiasi oleh ukiran pada bagian bawah dan atas pilar. Pada bagian atas gapura terdapat 2 ayat yang diambil dari surat Al-Fatihah yang ada di Al-Qur’an. Ayat pertama berisi pujian kepada Allah, sementara ayat yang kedua adalah do’a.

Intan paling terkenal yang pernah ditemukan di Martapura adalah Trisakti. Intan ini ditemukan pada tahu 1965 dan mempunyai dengan ukuran 166,75 karat. Begitu terkenalnya intan ini hingga namanya juga digunakan sebagai nama pelabuhan di Banjarmasin. Nama Trisakti ini diberikan langsung oleh Presiden Indonesia pada waktu itu, Soekarno.

Sebenarnya ada satu intan besar lagi yang ditemukan pada tahun 2008 dan diberi nama Putri Malu. Intan Putri Malu mempunyai ukuran 200 karat yang membuatnya lebih berat dari intan Trisakti. Intan ini berwarna hitam legam dan berbentuk seperti bola mata.

Intan atau yang dikenal juga dengan nama berlian adalah kristal yang terbentuk dari atom karbon. Intan dikenal sebagai material yang mempunyai kualitas fisik unggul, seperti tingkat kekerasan dan konduktifitas panas yang tertinggi dari material yang bisa ditemukan di alam. Properti intan seperti itu membuatnya sering digunakan untuk keperluan industri.

Selain tingkat kekerasan dan konduktifitas panas, intan juga mempunyai karakteristik optik yang luar biasa. Material ini bisa mendispersikan cahaya dengan baik. Karena sifat kekerasannya juga, intan bisa mengandung ketidakmurnian, misalnya terkontaminasi dengan atom boron dan nitrogen. Dalam bentuk paling murni, intan mempunyai sifat transparan dengan tampilan tanpa warna yang jernih.

Apabila mengandung ketidakmurnian, maka intan bisa mempunyai warna seperti biru yang berasal dari atom boron, kuning dari atom nitrogen, coklat yang disebabkan cacat pada struktur kristal intan, hijau yang diakibatkan oleh radiasi, ungu, merah jambu, oranye, dan merah. Sifat intan yang bisa mendispersikan cahaya ditambah dengan ketidakmurniannya, membuat intan menjadi batu permata yang paling populer.

Anda bisa mengecek keaslian dari batu intan yang diperdagangkan. Sebagian besar kios menyediakan alat yang dapat mengecek keaslian intan. Dengan alat ini anda bisa membedakan apakah suatu batu merupakan intan asli atau merupakan batu tiruan.

Sayangnya proses pengasahan intan di Martapura masih dilakukan secara tradisional. Sehingga kualitas asahnya tidak begitu baik. Oleh karena itu orang luar negeri yang mencari intan di Martapura, biasanya membeli dalam bentuk mentah. Intan mentah ini kemudian akan diasah kembali di Eropa dan dijual dengan harga yang sangat tinggi melebihi harga belinya.

Place Tags: martapura, Pasar, and Pasar Intan Martapura.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image